5 Jenis Makanan Sehat Bergizi yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba

5 Jenis Makanan Sehat Bergizi yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba

font size A Ǎ

Tetap memastikan daya tahan tubuh dalam kondisi prima merupakan poin terpenting dalam menghindari tubuh terpapar virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit. Ya, seperti yang sudah diketahui – seseorang dengan imunitas yang cenderung lemah, lebih mudah terinfeksi virus, termasuk virus corona yang menyerang masyarakat belakangan waktu terakhir.

Belum lagi, sekarang sudah memasuki musim pancaroba. Selama musim ini, berbagai penyakit lebih mudah menyerang, termasuk flu, pilek, dan batuk. Untuk itu, menerapkan deretan langkah untuk menjaga imunitas sangat dianjurkan.

Untuk mencapai daya tahan tubuh yang optimal bisa dilakukan dengan berbagai cara – tapi, yang paling esensial adalah menjaga asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi – yang berperan dalam membangun perisai pelindung tubuh.

Dari sekian banyaknya jenis makanan sehat bergizi, tetapi ada lima jenis makanan yang lebih dianggap efektif dalam menjaga kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu, apa saja makanan sehat bergizi tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Jenis Makanan Sehat Bergizi

Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba

5 Jenis Makanan Sehat Bergizi yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba

5 Jenis Makanan Sehat Bergizi yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba / Credit: mylavenderblues.com

Mengandung Vitamin C

Sudah tidak asing lagi – bahwa vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C berperan untuk merangsang pembentukan antibodi, yang berpengaruh dalam meningkatkan sistem kekebalan. Antibodi – berfungsi untuk mengikat racun berbahaya dalam tubuh dan membunuhnya.

Memenuhi kebutuhan vitamin C per hari penting dilakukan, terlebih vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi buah jeruk, jambu biji, kiwi, stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Dan juga sayur brokoli, bayam, kubis, dan kale. Deretan sumber vitamin C ini bisa kamu konsumsi secara rutin, ya.

Selain dari buah dan sayur, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen setiap harinya. Kamu direkomendasikan minum Enervon-C dua kali sehari. Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dan dapat memberi sensasi yang menyegarkan.

 

Mengandung Vitamin A

Berikutnya, makanan sehat bergizi kaya akan vitamin A – yang berperan dalam menjaga permukaan kulit dan jaringan di mulut, sistem pernapasan, serta memelihara kesehatan lambung dan usus dari berbagai infeksi.

Vitamin A bisa kamu temukan pada wortel, bayam, kangkung, kuning telur, hati ayam, dan minyak ikan.

 

5 Jenis Makanan Sehat Bergizi yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba

5 Jenis Makanan Sehat Bergizi yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba / Credit: verywellfit.com

Mengandung Vitamin E

Vitamin E sudah terkenal sebagai antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas – manfaat ini tentu berpengaruh pada fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin E juga membantu tubuh dalam melawan infeksi penyebab penyakit.

Asupan vitamin E bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi, seperti kacang almond, sayuran hijau, dan minyak zaitun.

 

Mengandung Protein

Jenis makanan sehat bergizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu – sebaiknya juga mengandung protein tinggi.

Protein – merupakan pondasi dari mekanisme pertahanan tubuh, karena sel dan antibodi terbentuk dari protein. Untuk memenuhi kebutuhannya, kamu dianjurkan mengonsumsi sumber protein berkualitas, seperti telur, susu, ikan, daging, biji- bijian, dan kacang- kacangan.

 

5 Jenis Makanan Sehat Bergizi yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba

5 Jenis Makanan Sehat Bergizi yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Pancaroba / Credit: medicalnewstoday.com

Mengandung Zinc

Zinc – merupakan mineral yang bertugas dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu proses pemulihan luka dan mencegah terjadinya infeksi.

Zinc dapat mengoptimalkan penyerapan vitamin C, sehingga perlindungan terhadap kekebalan tubuh semakin maksimal. Oleh karena itu, kamu disarankan mengonsumsi makanan atau suplemen zinc dan vitamin C secara bersamaan, ya.

Untuk sumber makanan yang kaya akan zinc, dapat ditemukan pada daging tanpa lemak, seafood, susu, dan berbagai produk gandum.

Agar perlindungan semakin optimal, kamu disarankan minum multivitamin yang mengandung vitamin C dan zinc – seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh, yaitu Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuhmu dan memberi energi agar kamu tak mudah lelah ketika beraktivitas!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, mengonsumsi sejumlah makanan sehat bergizi tersebut memang penting dilakukan, agar daya tahan tubuhmu tetap terjaga dan terhindar dari serangan virus penyebab penyakit!

 

Featured Image - id.pinterest.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!