4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu!

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu!

font size A Ǎ

Orangtua mana yang tidak ingin menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki kreativitas tinggi? Setiap orangtua pasti mendambakan hal ini, ya. Kreativitas – merupakan cara berpikir, pemecahan masalah, dan penerapan pengetahuan pada si kecil.

Perkembangan kreativitas bisa dipantau sejak awal kehidupan anak - dilihat dari bagaimana si kecil merespons terhadap berbagai perbedaan, warna, suara, dan gerakan yang ada di sekitarnya.

Sama seperti kecerdasan anak, kreativitas pun dapat diasah, mulai dari mengajak si kecil melakukan berbagai kegiatan yang dapat bantu untuk meningkatkannya, hingga memberi anak makanan bernutrisi tinggi.

Tapi, terlepas dari berbagai upaya untuk meningkatkan kreativitas anak. Ada deretan hal yang mesti dihindari orangtua – pasalnya, sejumlah hal ini bisa menghambat, bahkan membunuh kreativitas si kecil, lho!

Lalu, apa saja sejumlah faktor yang dapat menghambat kreativitas anak? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Hal yang Bisa Menghambat Kreativitas Anak

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu!

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu! / Credit: parents.com

Hadiah

Tahukah kamu bahwa mengiming-imingi hadiah pada anak ternyata dapat menghambat kreativitasnya? Ya, hadiah memang dapat membuat si kecil lebih berusaha untuk melakukan suatu hal. Tapi, ini membuat si kecil tidak ingin berusaha lebih besar lagi – dari usaha yang ia lakukan dalam mendapatkan hadiah.

Memberikan hadiah boleh saja, asal tidak berlebihan. Hindari selalu mengiming-imingi hadiah pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh si kecil.

 

Membayangi Anak

Selalu berada di sisi anak, tanpa disadari juga dapat mengurangi kreativitasnya. Si kecil jadi terbiasa diawasi, dijaga, dan dinasehati – agar terhindar dari kesalahan dan kegagalan yang mungkin terjadi.

Hal ini membuat anak takut untuk mencoba hal baru. Bahkan, membayangi anak terus menerus – membuat ia tak bisa belajar dari kesalahan dan kegagalan yang merupakan proses dari keberhasilan.

 

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu!

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu! / Credit: 30seconds.com

Membatasi Pilihan

Tidak membiarkan anak memilih apa yang ia sukai juga dapat menghambat kreativitasnya. Padahal, memberikan banyak pilihan pada si kecil – membantu ia berpikir di luar batasan yang diberikan. Bahasa mudahnya – anak bisa berpikir out of box.

Jadi, nggak heran kalau anak yang memiliki kreativitas tinggi cenderung memiliki banyak alternatif dalam penyelesaian masalah dan antusias dalam mengikuti rasa ingin tahunya.

 

Terlalu Banyak Memberi Kegiatan

Aktivitas anak yang terlalu sibuk – seperti mengikuti berbagai kursus – juga dapat menghambat kreativitas anak. Sebaiknya, berikan anak waktu tanpa kegiatan apa pun, yang dapat membantu perkembangan imajinasinya dan memberi ide kreatif.

Yang penting diingat – kreativitas anak berkembang ketika ia merasa senang dengan aktivitas yang dijalani. Jadi, biarkan anak untuk bereksplorasi, membuat berbagai kesalahan, mengambil risiko, mencoba hal baru, dan biarkan ia mengeksplorasi ide yang dimiliki.

 

 

 

Tips Meningkatkan Kreativitas Anak

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu!

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu! / Credit: aussiemumsnyc.com

Menghindari sejumlah hal di atas memang penting agar kreativitas anak tidak terhambat – tapi, kamu mesti melakukan sejumlah cara lainnya agar perkembangan kreativitas anak semakin baik, di antaranya:

  • Beri anak tempat khusus untuk menuangkan kreativitasnya. Misal, memberikan kertas gambar dan biarkan anak berekspresi.
  • Mengajak anak melakukan sejumlah kegiatan, seperti mewarnai, menyusun balok, atau bermain puzzle.
  • Batasi penggunaan gadget, agar proses perkembangan kreativitas anak tidak terhambat.
  • Biarkan anak memilih sendiri minat dan biarkan ia bereksplorasi. Hindari memaksa anak untuk melakukan hal yang tidak ia sukai, ya.
  • Bimbing anak dalam menikmati kegiatannya.

 

 

 

Cukupi Kebutuhan Nutrisi, Juga Dapat Dukung Pertumbuhan dan Kreativitas Anak

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu!

4 Hal yang Dapat Menghambat Kreativitas Si Kecil. Orangtua Mesti Tahu! / Credit: phillyvoice.com

Meningkatkan kreativitas anak pun perlu didukung dengan memberikan si kecil nutrisi lengkap dan sesuai kebutuhannya – ini dilakukan proses pertumbuhan si kecil maksimal.

Kamu disarankan memberikan si kecil variasi makanan penuh nutrisi dan bergizi seimbang, terutama yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, selenium, serta omega 3 dan omega 6. Lalu, berikan pula camilan yang sehat dan bernutrisi seperti sayur dan buah. Serta cukupi kebutuhan cairan tubuh anak.

Agar makin optimal, kamu bisa berikan si kecil tambahan suplemen khusus anak. Biasanya, si kecil lebih suka yang berbentuk sirup, seperti Enervon-C Plus Sirup Anak - yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, dari penjelasan di atas, orangtua memang perlu menghindari keempat hal tersebut, sehingga kreativitas anak tidak terhambat. Dan, kamu pun disarankan menjalani sejumlah tips yang baik untuk meningkatkan kreativitas si kecil, ya!

 

Featured Image - 30seconds.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!