Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak

font size A Ǎ

Di zaman sekarang, teknologi sudah semakin canggih – hal ini pun berperan baik bagi kehidupan, salah satunya mempermudah berbagai aspek. Ini sisi positifnya, ya. Sayangnya, teknologi dapat mendorong banyak masyarakat menjadi kecanduan gadget, termasuk pada anak- anak.

Apalagi, jika anak sedang rewel – tak bisa dipungkiri, banyak orangtua yang memberikannya gadget agar bisa tenang. Padahal, kebiasaan ini justru menimbulkan masalah kecanduan gadget dan berdampak pada perkembangan si kecil, lho!

Kalau kamu memberikan anak gadget untuk sekedar menonton kartun atau mendengarkan lagu anak- anak, ini boleh saja dan masih tergolong aman, kok. Yang berbahaya adalah penggunaan gadget secara berlebihan.

Lalu, apa saja dampak pada perkembangan anak yang ditimbulkan akibat kecanduan gadget? Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Dampak Buruk Kecanduan Gadget

Terhadap Perkembangan Anak

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak / Credit: canberratimes.com.au

Terlambat Bicara

Nyatanya kecanduan gadget dapat mengakibatkan anak terlambat bicara. Atau, mungkin mengalami masalah dalam bicara. Ketika sering bermain gadget anak jadi jarang berbicara dengan orang di sekitarnya. Padahal, ini bisa meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara, lho.

Jadi, jangan heran ketika si kecil kecanduan gadget – ia cenderung memilih untuk diam dan malas diajak berbicara.

 

Sulit Bersosialisasi

Terlalu lama menatap layar gadget dapat membuat anak malas bertemu banyak orang. Akhirnya – si kecil jadi lebih sulit untuk bersosialisasi dengan orang- orang yang ada di sekitarnya. Jangan biarkan hal ini terjadi ya, Parents!

 

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak / Credit: id.pinterest.com

Sulit Fokus Belajar

Ketika kecanduan gadgetanak cenderung malas belajar. Selain itu, ingatannya pun lebih mudah lupa, karena sehari- hari ia hanya tertuju pada konten yang biasa dilihat menggunakan gadget.

Misalnya, kamu sering memberikan anak film kartun dengan bahasa yang kurang jelas atau tidak dalam bentuk kata – nantinya, si kecil jadi lebih terbiasa mengucapkan bahasa tersebut daripada bahasa sehari- hari.

 

Otot Tubuh Anak Jadi Lemah

Jika si kecil lebih sering bermain gadget, ia pun menjadi lebih malas untuk bergerak. Jika dibiarkan terus menerus – otot tubuh anak pun bisa melemah akibat kurang dilatih. Pasalnya, ketika kecanduan gadget, anak merasa ia tidak perlu beranjak dari tempat tidur maupun sofa.

 

 

 

Kecanduan Gadget Pada Anak Bisa Diatasi Dengan….

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak / Credit: thejournal.ie

Jika si kecil sudah terlanjur mengalami kecanduan gadget, sebagai orangtua – kamu bisa menerapkan deretan tips jitu berikut ini:

  • Beri anak jadwal penggunaan gadget. Misalnya, batasi penggunaannya tidak lebih dari satu sampai dua jam.
  • Hindari memberikan anak akses penuh pada gadget. Setelah selesai menggunakan gadget, minta anak mengembalikannya padamu.
  • Tetapkan wilayah bebas gadget. Seperti, anak tidak boleh bermain gadget ketika di ruang makan, kamar tidur, atau ruang keluarga.
  • Beri pemahaman mengenai bahaya pengunaan gadget secara berlebihan.
  • Ajak anak melakukan berbagai aktivitas lain agar perhatiannya bisa teralihkan.

 

 

 

Tetap Dukung Perkembangan Anak, Parents Lakukan Hal Ini Ya!

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak

Kecanduan Gadget, Bisa Timbulkan Dampak Buruk Pada Perkembangan Anak / Credit: health.detik.com

Setelah mengatasi masalah kecanduan gadget pada anak, kamu mesti melakukan sejumlah hal lainnya agar perkembangan si kecil tetap optimal. Kamu disarankan untuk melakukan hal- hal berikut ini:

  • Beri anak stimulasi agar perkembangannya dapat optimal. Ini bisa dilakukan dengan mengajak anak melakukan sejumlah kegiatan untuk bantu tumbuh kembangnya.
  • Memerhatikan asupan cairan anak. Hindari si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah.
  • Pastikan si kecil mengonsumsi makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan perkembangannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil. Yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Nah, sudah cukup kelas ya mengenai dampak kecanduan gadget pada perkembangan anak. Untuk mengatasinya, kamu bisa lho menerapkan sejumlah tips di atas agar anak dapat tumbuh secara maksimal!

 

Featured Image - dailymail.co.uk


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!