Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya

font size A Ǎ

Anak yang belajar di rumah secara online selama pandemi virus corona – merupakan tantangan tersendiri baik bagi orangtua maupun sang anak yang menjalaninya. Dalam hal ini, orangtua mesti bisa mendampingi anak ketika proses belajar, menjadi tempat bertanya, dan terlibat dalam pengerjaan tugas sekolah si kecil.

Sementara, anak memiliki peran untuk tetap belajar secara serius, meskipun tidak menjalani metode belajar tatap muka seperti di sekolah. Tetap serius dan fokus ketika belajar online – memanglah bukan hal mudah. Anak kerap kali merasa bosan dan akhirnya malah bermain sendiri.

Lalu, bagaimana agar si kecil bisa berkonsentrasi selama sekolah online? Cara apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak?

Berikut ini ulasannya.

 

 

 

7 Tips Bantu Anak Tetap Konsentrasi Ketika Belajar Online

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya / Credit: akseleran.co.id

Ciptakan Rutinitas

Anak dapat berkembang dengan rutinitas yang dilakukan secara konsisten – termasuk dalam jadwal belajar. Orangtua perlu memperketat atau melonggarkan jadwal anak. Hal ini bisa disesuaikan dengan sistem pembelajaran yang ditetapkan sekolah, ya.

 

Tentukan Lokasi Belajar

Ketika di sekolah, anak pasti sudah memahami bahwa ia sudah harus masuk ke dalam ‘mode belajar’. Tetapi, ini kerap dilupakan saat belajar di rumah – anak cenderung lebih suka bermain dan justru tidak ingin belajar.

Untuk itu, orangtua bisa menciptakan suasana  serupa dengan menggunakan satu ruangan di rumah untuk belajar. Tak harus ruangan – kamu pun dapat memanfaatkan salah satu sudut sebagai tempat belajar si kecil.

 

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya / Credit: cnbc.com

Kurangi Gangguan

Sebisa mungkin kurangi gangguan yang mungkin dapat terjadi – seperti usahakan menjauhkan anak dari gadget, tidak menyalakan televisi, musik, atau menghindari aktivitas yang menimbulkan suara berisik. Intinya, jauhkan distraksi ketika anak sedang belajar.

 

Waktu Untuk Istirahat

Sama seperti di sekolah, belajar di rumah juga membutuhkan waktu dan tempat untuk beristirahat. Memberi anak break secara berkala – dapat bantu meningkatkan konsentrasi anak, serta meningkatkan fungsi otaknya.

Di momen istirahat, biarkan anak untuk bersantai, berinteraksi dengan orang sekitar, menonton video di YouTube, atau menonton kartun kesukaannya. Yang penting, tetapkan waktu istirahat secara jelas.

 

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya / Credit: study.com

Pasang Timer

Orangtua bisa menghadirkan suasana sekolah – semudah menyediakan alarm atau timer yang menjadi penanda anak harus mulai dan sudah selesai belajar. Selain itu, alarm  juga bisa digunakan sebagai tanda waktu istirahat.

 

Sampaikan Rasa Bosan atau Susah Fokus

Agar proses belajar semakin lancar, ajari anak untuk menyampaikan apa yang ia rasakan – termasuk ketika anak sulit fokus. Setelah itu, berikan solusi terbaik dan diskusikan kembali dengan si kecil.

 

Beri Camilan Sehat dan Air

Camilan dan air dapat memberi efek yang menenangkan bagi si kecil – usahakan beri ia camilan yang renyah dan sehat, ya. Hindari menyediakan camilan tinggi gula agar anak tidak mengalami kenaikan gula darah mendadak. Apalagi, asupan tinggi gula dapat membuat si kecil cepat ngantuk dan makin sulit fokus.

 

 

 

Biar Anak Makin Semangat Belajar, Terapkan Pula Cara Ini….

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya

Bantu Anak Tetap Konsentrasi Belajar Di Rumah, Ini 7 Tipsnya / Credit: popmama.com

Agar si kecil semakin semangat belajar dan tetap fokus – orangtua dapat menerapkan tips mudah berikut ini:

  • Selalu beri anak dukungan
  • Komunikasikan berbagai hal dengan anak. Tanyakan apakah ia mengalami kesulitan
  • Berikan reward pada anak ketika ia berhasil mencapai targetnya
  • Berikan contoh yang baik
  • Ciptakan suasana belajar yang nyaman selama di rumah
  • Beri anak makanan sehat untuk meningkatkan konsentrasi belajar

Berkaitan dengan makanan sehat yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak – orangtua dapat memberikan buah beri, cokelat hitam, bayam, wortel, ikan, gandum, sayur buncis, dan pisang. Deretan makanan ini kaya akan nutrisi yang dapat membantu anak dalam berkonsentrasi.

Selain itu, agar proses belajarnya makin maksimal, kamu dapat berikan multivitamin anak dalam bentuk sirup, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Dari penjelasan di atas, menerapkan berbagai tips tersebut untuk mendukung proses belajar anak selama di rumah – penting dilakukan. Sehingga, si kecil tetap dapat berkonsentrasi dan memahami berbagai pelajaran yang disampaikan.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!