5 Ciri Pemimpin yang Memiliki Integritas. Masih Jarang Diketahui, Lho

5 Ciri Pemimpin yang Memiliki Integritas. Masih Jarang Diketahui, Lho

font size A Ǎ

Sikap integritas – merupakan hal penting yang sebaiknya dimiliki oleh para pekerja, tak terkecuali seorang pemimpin dalam perusahaan. Tapi sayangnya, menemukan orang dengan integritas tinggi sangatlah sulit. Bak mencari jarum dalam tumpukan jerami.

Padahal, integritas dapat membantu seseorang dalam dunia kerja – seperti dalam pengambilan keputusan dan melakukan apapun dari pemahaman prinsip kebenaran. Intinya, orang dengan integritas akan berkomitmen pada hal yang benar.

Sikap ini sangat diperlukan oleh seorang pemimpin, mengingat semua karyawan di perusahaan akan memperhatikan kewibawaan dalam memimpin dan menjalani bisnis tersebut. Lalu, apakah kamu sudah menjadi pemimpin yang berintegritas tinggi? Atau sudahkah atasanmu memiliki integritas?

Lebih lanjut mengenai integritas – berikut ini lima ciri- ciri pemimpin yang memiliki integritas. Mesti kamu perhatikan, ya!

 

 

 

5 Ciri Pemimpin Dengan Integritas Tinggi

5 Ciri Pemimpin yang Memiliki Integritas. Masih Jarang Diketahui, Lho

5 Ciri Pemimpin yang Memiliki Integritas. Masih Jarang Diketahui, Lho / Credit: bmocgroup.com

Berhati-Hati Dalam Berucap

Mungkin kamu sudah tahu – ucapan yang buruk dapat melukai hati orang lain, bahkan rasa sakitnya pun dapat melebihi luka secara fisik. Jadi, semua orang – termasuk pemimpin sangat disarankan menjaga perkataannya. Jangan sampai keluar kalimat negatif yang ditujukan bagi orang sekitar atau diri sendiri.

Kalau kamu sudah bisa menjaga ucapanmu, selamat kamu berhasil memenuhi salah satu ciri orang dengan integritas tinggi!

 

Memegang Setiap Perkataan

Apa yang kamu katakan, maka tepati dan lakukanlah. Hindari mengatakan suatu hal yang sebenarnya tidak ingin dikerjakan. Seorang pemimpin – mesti bisa memegang setiap perkatannya, lho. Untuk itu, berpikirlah sebelum bicara, apalagi mengenai janji pada orang lain.

 

5 Ciri Pemimpin yang Memiliki Integritas. Masih Jarang Diketahui, Lho

5 Ciri Pemimpin yang Memiliki Integritas. Masih Jarang Diketahui, Lho / Credit: medium.com

Bekerja Dengan Jujur

Meski terlihat sulit, mengingat banyaknya godaan yang kerap muncul – tetapi kejujuran dalam bekerja harus dipegang teguh. Ini juga berlaku bagi para pemimpin perusahaan, ya.

Pemimpin dengan integritas tinggi pasti akan menjaga kejujuran dalam bekerja. Jujur terhadap pikidan dan perasahaan – kedua poin ini nantinya akan memengaruhi tindakan selanjutnya. Hindari menggunakan alasan apapun untuk menutupi kebenaran. Ingat, kesalahan tak bisa ditutupi selamanya, lho.

 

Patuh Pada Aturan

Menjadi pemimpin berintegritas – juga mesti patuh pada aturan yang ada. Memiliki perusahaan atau bisnis sendiri, bukan berarti bisa melanggar sejumlah aturan, lho. Jadikan dirimu sebagai teladan di lingkungan kerja.

 

5 Ciri Pemimpin yang Memiliki Integritas. Masih Jarang Diketahui, Lho

5 Ciri Pemimpin yang Memiliki Integritas. Masih Jarang Diketahui, Lho / Credit: accenture.com

Mau Bertanggung Jawab

Menjadi pemimpin yang bertanggung jawab memang tugas yang cukup berat. Tapi, mau tidak mau, seorang pemimpin harus bisa menanggung sejumlah risiko yang mungkin terjadi. Sekalipun ada masalah yang dihadapi – kamu mesti menghadapinya dengan solusi baik, bukan malah menyalahkan orang lain.

 

Itulah kelima ciri pemimpin yang memiliki integritas tinggi. Percayalah, ketika kamu memiliki integritas, kamu dapat menjalani pekerjaan dan kehidupan dengan baik. Jaga terus integritas, sehingga orang di sekitarmu bisa menaruh kepercayaan dan kamu mendapat berbagai kebaikan dalam hidup.

 

 

 

Featured Image - digest.bps.org.uk


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!