Parents, Ingin Ajak Anak Belajar Produktif? Ketahui 5 Cara Atur Waktunya!

Parents, Ingin Ajak Anak Belajar Produktif? Ketahui 5 Cara Atur Waktunya!

font size A Ǎ

Sejak awal pandemi virus corona berlangsung, sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk melakukan aktivitasnya di rumah. Tentu, hal ini dilakukan agar physical distancing – sebagai langkah pencegahan penularan virus dapat diterapkan.

Berada di rumah saja mungkin membuat kamu jadi kurang produktif – ini pun turut terjadi pada anak-anak, lho. Untuk itu, peran orangtua sangat dibutukan untuk membantu anak belajar mengatur waktu dan tetap produktif. Dengan demikian, si kecil pun semakin mudah untuk mencapai tujuannya.

Membantu si kecil tetap produktif selama di rumah saja dapat membuatnya tetap aktif dan belajar mengenai berbagai hal penting lainnya. Manfaat yang paling terasa – anak jadi tak mudah bosan, lho!

Apakah kamu ingin membantu anak belajar untuk mengatur waktunya agar lebih produktif? Parents, kamu bisa ikuti sejumlah tips berikut ini ya!

 

 

 

5 Tips Ajak Anak Belajar Atur Waktu Biar Lebih Produktif

Parents, Ingin Ajak Anak Belajar Produktif? Ketahui 5 Cara Atur Waktunya!

Parents, Ingin Ajak Anak Belajar Produktif? Ketahui 5 Cara Atur Waktunya! / Credit: 1health.id

Diskusikan Rencana

Pertama, kamu mesti mendiskusikan dengan anak kegiatan apa saja yang sekiranya ingin dilakukan di minggu selanjutnya. Ini termasuk jadwal anak untuk menyelesaikan tugas hariannya dari sekolah, ya.

Jangan lupa, bantu si kecil untuk mengatur waktunya. Misal, memahami berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Dan, catat waktu yang diperkirakan tersebut, serta lakukan tugas sesuai skala prioritas.

 

Buat Jadwal Lengkap

Setiap malam, kamu dapat ajak si kecil untuk memperbarui tugas yang mesti ia selesaikan di hari berikutnya. Tuliskan berbagai hal yang harus dia lakukan dan atur tugas sesuai urutan kepentingan. Pastikan anak mengerjakan tugas yang paling penting dahulu, ya.

 

Parents, Ingin Ajak Anak Belajar Produktif? Ketahui 5 Cara Atur Waktunya!

Parents, Ingin Ajak Anak Belajar Produktif? Ketahui 5 Cara Atur Waktunya! / Credit: stikesbanyuwangi.ac.id

Ciptakan Suasana Nyaman

Suasana yang nyaman dapat memengaruhi mood dan konsentrasi anak, lho – secara tidak langsung hal ini turut memengaruhi tingkat produktivitas si kecil. Jadi, orangtua disarankan untuk menciptakan suasana yang nyaman.

Buat ruang belajar anak terasa nyaman, mulai dari mengatur pencahayaan yang tepat agar anak bisa belajar dengan baik. Lalu, minta anak untuk duduk di kursi yang nyaman dan singkirkan gadget ketika anak belajar.

 

Tetap Beri Istirahat

Meminta anak belajar untuk produktif – bukan berarti ia tak mendapat waktu istirahat, ya. Agar lebih spesifik, kamu bisa menerapkan startegi anak belajar dengan efisien dan produktif. Yaitu:

  • Atur timer untuk belajar selama 25 menit tanpa gangguan
  • Biarkan anak beristirahat sejenak, selama lima menit dan biarkan ia melakukan hal lainnya
  • Ulangi kedua poin tersebut sekitar 2-4 kali. Dan setelah itu, biarkan anak beristirahat lebih lama sekitar 15 menit.

 

Parents, Ingin Ajak Anak Belajar Produktif? Ketahui 5 Cara Atur Waktunya!

Parents, Ingin Ajak Anak Belajar Produktif? Ketahui 5 Cara Atur Waktunya! / Credit: id.theasianparent.com

Pastikan Tidurnya Cukup

Beberapa anak mungkin menganggap bahwa belajar di rumah seperti liburan, sehingga anak lebih sering tidur larut. Kamu mesti memastikan anak tidak menjalani kebiasaan ini, ya! Minta si kecil untuk tidur yang cukup agar kesehatan tubuh terjaga dan bisa fokus belajar di esok hari.

 

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Memenuhi kebutuhan nutrisi dalam membantu anak belajar produktif – juga penting dilakukan! Nutrisi yang terpenuhi dengan baik dapat membantu fungsi otak anak, meningkatkan konsentrasi, dan membuatnya tetap bersemangat.

Kamu disarankan memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan:

  • Menyajikan makanan bergizi seimbang – yang kaya akan sejumlah vitamin serta mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3 dan omega 6.
  • Berikan anak camilan yang sehat, seperti buah dan camilan rendah kalori
  • Perhatikan asupan cairan anak, jangan sampai ia mengalami dehidrasi
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan perkembangannya

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup - yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Mudahnya – dengan rutin memberi anak Enervon-C Plus Sirup tumbuh kembangnya dapat berjalan secara optimal. Tentu hal ini turut memengaruhi produktivitas anak dalam menjalani kegiatannya, kan?

 

 

 

Dari penjelasan di atas, mengajak anak belajar untuk produktif baik sangat disarankan, ya. Agar optimal, imbangi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil, sehingga ia dapat tumbuh dengan baik!

 

Featured Image - parentstory.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!