Indonesia merupakan negara dengan beragam sumber kekayaan yang tak ada habisnya. Kekayaan ini – berupa sumber daya alam yang melimpah, hingga sumber daya manusia dengan beragam keahlian yang unik.

Indonesia pun terkenal sebagai negara dengan hasil karya kerajinan tangan yang cantik nan eksotis. Tentu saja, hal ini tak lepas dari peran sejumlah tangan para perajin seni. Bahkan, hasil kerajinan tangan Indonesia sudah berhasil memasuki pasar Eropa, lho. Tidak tanggung-tanggung, ya?

Mengenai kerajinan tangan Indonesia – tak hanya Eropa, tapi kerajinan tangan ini sudah semakin laku di pasar internasional. Namun, kira- kira kerajinan tangan apa saja yang dimaksud?

Berikut ini ulasannya.

 

 

 

5 Kerajinan Tangan Khas Indonesia

Digemari Oleh Pasar Internasional

Anyaman Rotan

Laku Keras! Ini Lho 5 Kerajinan Tangan yang Digemari Oleh Pasar Internasional / Credit: bsd.city

Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rotan terbanyak – jadi, nggak heran kalau masyarakat Indonesia terbiasa menjadikan rotan sebagai peralatan yang kerap digunakan sehari- hari. Mulai dari piring, tempat tisu, tas, kursi, hingga lemari.

Nyatanya, hasil kerajinan tangan ini dilirik oleh para turis yang berlibur ke Indonesia. Bahkan, beberapa perajin anyaman rotan juga banyak yang mendapat pesanan dari luar negeri, lho.

 

Kain Tenun

Laku Keras! Ini Lho 5 Kerajinan Tangan yang Digemari Oleh Pasar Internasional / Credit: medium.com

Kain tenun – merupakan kain cantik yang memiliki nilai seni tinggi. Proses pembuatan kain tenun pun tak mudah dan membutuhkan ketelitian ekstra! Jadi, wajar saja ya kalau nilai jual kain tenun cukup tinggi.

Meski demikian, kain tenun sangat diminati di pasar internasional – kain tenun dipandang sebagai sebuah karya seni luar biasa, bukan sekedar kain saja.

 

Kain Batik Tulis

Laku Keras! Ini Lho 5 Kerajinan Tangan yang Digemari Oleh Pasar Internasional / Credit: sayaajarkan.com

Kain batik tulis memang beda dari kain batik lainnya – bagaimana tidak? Cara pembuatannya sangat rumit dan dilakukan secara manual, bukan menggunakan mesin. Yang lebih membanggakan, batik tulis merupakan kerajinan tangan Indonesia yang sudah masuk dalam UNESCO, lho.

Tak tanggung-tanggung, berbagai masyarakat mancanegara pun sangat tertarik dengan kain batik tulis buatan Indonesia!

 

Ukiran Kayu

Laku Keras! Ini Lho 5 Kerajinan Tangan yang Digemari Oleh Pasar Internasional / Credit: indonesia.go.id

Indonesia juga terkenal akan berbagai produk ukiran kayu – kualitasnya tak perlu dipertanyakan, mengingat banyaknya macam pohon besar dan kuat yang dapat dijadikan sebagai ukuran kayu cantik.

Kerajinan tangan khas Indonesia ini juga memiliki cirinya sendiri, lho. Beda dari berbagai negara lainnya. Karena, kayu dari pepohonan Indonesia punya kualitas yang bagus, serta para pengrajin ukiran kayu yang mampu membuat ukiran secara detail dan realistis.

 

Wayang Kulit

Laku Keras! Ini Lho 5 Kerajinan Tangan yang Digemari Oleh Pasar Internasional / Credit: antarafoto.com

Yang tak kalah menarik, sudah pasti wayang kulit juga diminati oleh pasar internasional! Wayang kulit biasanya digunakan dalam sebuah pertunjukkan – yang mengandung kisah moral dan filosofi hidup. Jadi, bukan sekedar ‘pajangan’ biasa, nih.

Jadi, nggak heran kalau wayang kulit memiliki nilai seni yang tinggi dan diminati oleh para wisatawan.

 

Wah, sudah cukup jelas ya mengenai berbagai kerajinan tangan khas Indonesia yang kerap digemari pasar internasional. Sungguh membanggakan, ya?

 

 

 

Featured Image - headtopics.com