Ketika kamu berencana melakukan perjalanan, kamu tidak hanya harus memikirkan tempat rekreasi saja, tetapi kesehatanmu juga harus jadi prioritas nomor satu.

Jangan sampai momen menyenangkan ini malah terganggu akibat kondisi kamu yang kurang sehat. Yuk, ketahui tips- tips mencegah sakit saat traveling berikut ini.

1. Biasakan untuk selalu mencuci tangan

Credit: Hipwee

Cuci tangan merupakan salah satu hal penting yang dapat dengan mudah dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan. Selama traeling kamu akan berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya, menyentuh banyak hal, dan membuat kuman serta bibit penyakit menempel pada tangan kamu.

Cuci tangan dapat membunuh dan mengurangi kotoran yang hinggap pada tangan kamu. Terutama sebelum makan atau minum. Biasakan juga untuk selalu mencuci tangan sesuai langkah yang tepat untuk memaksimalkan kebersihan tangan.

2. Jangan lupa konsumsi vitamin

Credit: Hellosehat

Salah satu cara mencegah sakit saat traveling yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin, terutama vitamin C. karena, tidak sedikit kegiatan yang kamu lakukan saat traveling sehingga kemungkinan kamu bisa terserang berbagai penyakit, terutama saat kondisi badan sedang lelah. Dan dengan rutin mengonsumsi vitamin, diharapkan daya tahan tubuh kamu bisa lebih terjaga.

3. Tidur yang cukup

Credit: IDNTimes

Meskipun sedang jalan- jalan, penting bagi kamu untuk tetap mematuhi aturan tidur yang baik. Walaupun terkadang beberapa situasi bisa bikin jadwal tidur kamu berantakan. Mulai dari jadwal perjalanan yang padat, hotel atau tempat penginapan yang kurang nyaman, atau tidak bisa tidur karena tubuh terlalu lelah.

Namun, pastikan kamu tetap mendapat kesempatan tidur yang cukup. Jika tidak, hal ini akan memengaruhi kondisi kesehatan.

4. Hati-hati dalam memilih makanan dan minuman

Credit: Liputan6

Berjalan- jalan mengunjungi beberapa tempat, memberi kesempatan kamu untuk menemukan makanan baru yang menarik hati. Tetapi ada baiknya kamu tetap memilah kembali makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Sebaiknya kamu mencari tahu kandungan makanan atau minuman yang kamu temui dan sesuaikan dengan kondisi tubuhmu. Terlebih jika kamu memiliki alergi terhadap suatu jenis bahan makanan atau minuman.

5. Minum air putih yang cukup

Credit: Topmedia

Minum air putih yang cukup adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh kamu saat traveling. Faktor perbedaan cuaca dan tingkat aktivitas kamu selama traveling juga perlu menjadi pertimbangan banyaknya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bila kamu lebih banyak jalan kaki, bergerak, dan beraktivitas saat liburan, sebaiknya perbanyak konsumsi cairan, lebih dari biasanya.

6. Selalu sediakan obat-obatan

Credit: Jawapos

Selalu sedia obat- obatan selama traveling tidak boleh dilupakan. Dengan selalu menyediakan peralatan P3K beserta obat-obat yang kamu butuhkan, akan meminimalisir kemungkinan kamu jatuh sakit saat traveling.

 

Featured Image - Tempo.co