Selama pandemi Covid-19 berbagai hal yang ada di kehidupan kamu – sedikit banyak pasti mengalami perubahan. Tak terkecuali, pola tidur yang ikut berubah dan justru jadi berantakan. Bagaimana tidak? Berada di rumah saja membuatmu kerap begadang dan kurang tidur. Belum lagi, berbagai urusan pekerjaan yang mesti diselesaikan hingga larut malam.

Kalau sudah begini, kamu pun tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Padahal, idealnya setiap orang disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam. Jika kurang dari itu, kamu pun berisiko terkena berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja kemungkinan yang bisa terjadi ketika kamu tidur kurang dari 7 jam per hari? Berikut ini ulasannya.

 

 

 

5 Masalah yang Mungkin Timbul

Ketika Kamu Kurang Tidur

Kurang Tidur Sejak Pandemi? Hati-Hati 5 Masalah Ini Mungkin Bisa Muncul / Credit: herworld.com

Daya Tahan Tubuh Menurun

Pertama, daya tahan tubuh menurun jika kamu tidak mendapat cukup tidur. Ketika kamu beristirahat di malam hari, tubuh akan membentuk sel-sel baru, termasuk imunitas. Kalau kamu kurang tidur – sudah pasti tubuh tidak bisa melakukan peran tersebut, ya.

Tidur yang buruk dapat mengurangi produksi dan pelepasan sitokin – sebagai protein yang berperan untuk membantu sistem kekebalan tubuh dalam merespon ancaman. Dalam kata lain – kurang tidur bisa mengakibatkan kamu lebih mudah terserang penyakit.

 

Obesitas

Kurang tidur juga memiliki kaitan dengan risiko obesitas. Ketika tidak mendapat istirahat yang cukup, tubuh akan mengurangi pelepasan leptin – hormon untuk membantu menekan nafsu makan dan mendorong tubuh menggunakan energi.

Ketika leptin ditekan, maka hormon gherlin – yang dapat meningkatkan nafsu makan akan meningkat. Dengan begitu, ancaman obesitas makin meningkat!

 

Kurang Tidur Sejak Pandemi? Hati-Hati 5 Masalah Ini Mungkin Bisa Muncul / Credit: diabetes.co.uk

Diabetes

Penyakit yang satu ini kerap menyerang orang dengan pola hidup yang tidak sehat, termasuk kurang tidur. Hal tersebut pun sudah dibuktikan melalui studi yang diterbitkan dalam Oman Medical Journal – studi menemukan bahwa adanya hubungan antara kurang tidur dan diabetes tipe dua.

Hasil menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur berisiko mengalami diabetes tipe dua – hingga dua kali lipat dibanding orang yang cukup tidur.

Ketika tidur, tubuh akan mengatur glukosa dan metabolisme. Sehingga, kurangnya waktu tidur dapat mengakibatkan lonjakan korsitol yang dapat membuat sel lebih rentan terhadap insulin.

 

Penyakit Jantung

Nyatanya, kurang tidur bisa ikut membahayakan kesehatan jantung. Tidak cukupnya waktu istirahat – bisa menyebabkan penumpukan plak pada arteri. Tak hanya itu, kurang tidur pun dapat mengakibatkan tekanan darah melonjak tinggi.

 

Penurunan Sistem Kognitif

Dalam jangka pendek, kurang tidur bisa membuat kamu kurang fokus, sulit menerima informasi, dan mendapatkan ide-ide baru. Bahkan, kurang tidur pun dapat menyebabkan suasana hari berantakan, lebih sensitif, dan mudah cemas.

 

Dari penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa tidur memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh – secara keseluruhan ini pun berpengaruh pada daya tahan tubuh kamu. Mendapat istirahat yang cukup berperan penting dalam menjaga imunitas, lho.

 

Peran Istirahat yang Cukup Untuk Bantu Jaga Imunitas

Kurang Tidur Sejak Pandemi? Hati-Hati 5 Masalah Ini Mungkin Bisa Muncul / Credit: blackdoginstitute.org.au

Fakta mengenai tidur cukup untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Salah satunya yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Medicine.

Hasilnya – peneliti membuktikan bahwa tidur mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi penyakit. Dari penelitian ini, diketahui bahwa istirahat yang cukup bisa memperbaiki kinerja sel imun, khususnya limfosit T – yang berperan dalam melawan infeksi.

Antibodi memiliki peran dalam menyerang berbagai virus penyebab penyakit, termasuk virus corona. Jadi, tidur yang cukup dapat menghindari kamu dari infeksi virus berbahaya dan menjaga tubuh tetap sehat.

 

Menjaga Daya Tahan Tubuh Juga Dapat Dilakukan Dengan Cara Ini….

Kurang Tidur Sejak Pandemi? Hati-Hati 5 Masalah Ini Mungkin Bisa Muncul / Credit: healthyprotips.net

Tidur yang cukup memang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tapi, cara ini saja belum tentu cukup, lho. Agar hasil semakin maksimal, kamu perlu melakukan berbagai cara lainnya. Apa saja?

Kamu sangat disarankan menerapkan pola hidup sehat – meliputi mengonsumsi makanan sehat bergizi, cukupi kebutuhan cairan tubuh, olahraga yang rutin, dan mengelola stres dengan baik.

Ingin lebih maksimal? Kamu dianjurkan minum multivitamin, seperti Enervon-C setiap harinya!

Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan yang baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal – khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah energi, ya!

 

 

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa mendapat tidur yang cukup penting dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan begitu, kamu pun tak rentan terserang berbagai macam penyakit. Di kondisi seperti ini, kesehatan merupakan hal yang paling berharga.

 

Featured Image - healthline.com

Source - cnnindonesia.com