Kulit bayi memang terkenal dengan teksturnya yang halus dan lembut, dan hal ini menjadi alasan kenapa orangtua harus cermat dalam memilih produk perawatan yang tepat untuk si kecil.

Minyak zaitun sudah terkenal bermanfaat baik untuk merawat kulit dan rambut. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi minyak zaitun juga dipercaya aman untuk dijadikan perawatan kulit si kecil. Daripada menggunakan produk yang banyak mengandung bahan kimia, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk merawat kulit bayimu.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit bayi:

1. Sebagai minyak pijat

Credit: Jawapos

Jika kamu terbiasa untuk memijat si kecil setelah memandikannya, menggunakan minyak zaitun bisa jadi salah satu pilihan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E serta asam oleat yang dapat membantu memperbaiki tulang dan otot sekaligus menjaga kulit bayi agar tetap kencang.

Pijat si kecil secara perlahan mulai dari badan, wajah, tangan, dan berakhir di bagian kaki. Selain bisa memanjakannya melalui kegiatan ini, juga akan memperkuat ikatanmu dengan si kecil.

2. Melembapkan kulit

Credit: Hipwee

Tugas utama kulit adalah sebagai penghalang paling luar dari debu dan kotoran yang berusaha masuk ke dalam tubuh. Itulah sebabnya jika tidak dirawat dengan baik maka kulit bayi akan mudah rusak dan kehilangan kelembapannya. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembab alami bagi kulit bayi karena dapat membantu menjaga tekstur alami kulit si kecil.

3. Merawat kulit kering

Credit: Liputan6

Meski memiliki tekstur kulit yang halus dan lembut, tetapi pergantian suhu dan cuaca ekstrem juga bisa mengubah kulit bayi dengan cepat. Bahkan, dapat membuat kulit si kecil beresiko lebih mudah kering daripada kulit orang dewasa.

Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi hal ini kamu dapat membalurkan minyak zaitun ke area kulit bayi yang kering. Efek hidrasi dan kelembapan yang dihasilkan oleh minyak zaitun mampu menjaga kulit bayi tetap halus.

4. Mengatasi kulit yang bermasalah

Credit: Klikdokter

Kulit punya lapisan terluar bernama epidermis yang harus bekerja keras untuk menjaga struktur kulit dan organ di bawahnya. Namun, sayangnya lapisan epidermis yang ada pada kulit bayi masih sangat tipis sehingga membuatnya cukup sensitif dan mudah bermasalah. Salah satu yang umum terjadi adalah muncul eksim atau ruam popok pada bayi yang disebabkan karena kulit sensitive atau terlalu sering terkena gesekan popok.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencampurkan dua sendok minyak zaitun dan satu sendok air yang kemudian di usapkan perlahan ke bagian kulit bayi yang sedang bermasalah.

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum memberikan minyak zaitun pada bayi

Credit: Detikfood

Meski memiliki banyak manfaat, kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memberikan minyak zaitun pada kulit si kecil. Karena, struktur kulit bayi dan orang dewasa tidaklah sama, begitu pula struktur kulit bayi yang satu dengan lainnya.

Dengan kata lain, ada bayi yang cocok menggunakan minyak zaitun, tetapi ada juga yang tidak dan malah mengalami iritasi. Kondisi ini biasanya terjadi ketika si kecil memiliki alergi terhadap kandungan minyak zaitun.

Jika kamu masih merasa ragu, hindari mengoleskan minyak zaitun dalam jumlah banyak ke tubuh si kecil. Sebagai gantinya, teteskan sedikit minyak zaitun dan oleskan di salah satu bagian tubuh bayi yang tidak mengalami luka, lalu tunggu apakah muncul tanda-tanda alergi.

 

Featured Image - Hello Sehat