3 Tips Jitu Dalam Penuhi Nutrisi Anak Agar Ia Makin Semangat Belajar

3 Tips Jitu Dalam Penuhi Nutrisi Anak Agar Ia Makin Semangat Belajar

font size A Ǎ

Semangat belajar – orangtua mana sih yang tidak ingin anaknya memiliki semangat tinggi ketika mengikuti pelajaran? Setiap orangtua pasti akan senang jika anaknya semangat belajar. Tetapi, hal ini tidak bisa dibebankan oleh si kecil saja, lho. Orangtua juga mesti melakukan upaya untuk membantu anak makin semangat belajar.

Salah satu caranya – memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil setiap hari. Nutrisi seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak untuk menerima segala pelajaran yang diberikan. Dalam kata lain – nutrisi merupakan hal penting agar si kecil dapat semangat belajar.

Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak? Parents, kamu tak perlu khawatir – karena hal tersebut bisa dilakukan dengan tiga tips mudah dan efektif berikut ini.

 

 

 

3 Tips Mudah Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Bantu Ia Makin Semangat Belajar

3 Tips Jitu Dalam Penuhi Nutrisi Anak Agar Ia Makin Semangat Belajar

3 Tips Jitu Dalam Penuhi Nutrisi Anak Agar Ia Makin Semangat Belajar / Credit: familydoctor.org

Variasi Makanan

Di usia 3-6 tahun – kebiasaan makan yang baik mesti diterapkan pada anak. Pada usia ini pula, pola makan anak mulai terbentuk dan terbawa hingga dewasa. Anak perlu mengonsumsi nutrisi seimbang dan kandungan penting lainnya – yang berperan dalam metabolisme.

Komponen nutrisi penting yang dibutuhkan anak – karbohidrat, serat, protein, zat besi, lemak, dan vitamin berupa vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D, serta omega-3 dan omega-6. Deretan nutrisi tersebut penting untuk perkembangan otak si kecil.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi – orangtua perlu memberikan variasi makanan pada si kecil. Cara ini juga dianjurkan agar anak tak mudah bosan dengan makannya.

Jika nutrisi si kecil sudah bisa terpenuhi, maka secara tak langsung semangat belajarnya pun ikut meningkat.

 

Ketahui Kandungan yang Tepat

Mengetahui kandungan makanan yang tepat untuk anak – juga berperan dalam pertumbuhannya. Seperti lemak – nutrisi ini penting sebagai sumber energi untuk anak yang aktif. Tapi, hindari memberi makanan tinggi lemak secara berlebihan, ya.

Memahami kandungan yang tepat untuk penuhi kebutuhan nutrisi penting agar tubuhnya tetap sehat dan pertumbuhannya tidak terganggu.

 

3 Tips Jitu Dalam Penuhi Nutrisi Anak Agar Ia Makin Semangat Belajar

3 Tips Jitu Dalam Penuhi Nutrisi Anak Agar Ia Makin Semangat Belajar / Credit: id.theasianparent.com

Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam

Ketiga waktu makan tersebut tak boleh dilewatkan – agar kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi. Ketika ia mulai sibuk dengan kegiatan belajarnya, anak seringkali lupa untuk sarapan atau makan malam. Padahal, kedua jam makan tersebut penting sebagai sumber energi anak, lho.

Memiliki energi, tentu dapat mempengaruhi tingkat semangat belajar anak, bukan? Semakin terpenuhi nutrisinya, semakin banyak pula energi yang ia miliki – maka semakin pun semakin semangat belajar.

Ingat – sarapan dan makan malam tidak bisa digantikan dengan makan siang saja. Untuk ketiga waktu makan tersebut, pastikan anak mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi seimbang.

 

 

 

Optimalkan Dengan Deretan Langkah Ini

3 Tips Jitu Dalam Penuhi Nutrisi Anak Agar Ia Makin Semangat Belajar

3 Tips Jitu Dalam Penuhi Nutrisi Anak Agar Ia Makin Semangat Belajar / Credit: littleguidedetroit.com

Selain ketiga tips mudah di atas, orangtua juga perlu melakukan sejumlah hal lainnya untuk penuhi kebutuhan nutrisi anak – sehingga, ia pun makin semangat belajar. Apa saja hal tersebut?

  • Memperhatikan asupan cairan anak. Jangan biarkan si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan anak camilan sehat, seperti buah dan camilan rendah lemak.
  • Ajak ia melakukan aktivitas fisik agar badan tetap bugar.
  • Berikan multivitamin khusus anak untuk optimalkan pertumbuhannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Dari penjelasan di atas, menerapkan ketiga tips tersebut penting untuk memenuhi nutrisi anak – yang juga berperan dalam semangat belajarnya. Parents, mulai sekarang kamu bisa ikuti ketiga tips di atas, lho!

 

Featured Image - study.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!