6 Pola Makan Sehat Untuk Tingkatkan Sistem Imunitas Selama Pandemi

6 Pola Makan Sehat Untuk Tingkatkan Sistem Imunitas Selama Pandemi

font size A Ǎ

Selama pandemi, berbagai upaya untuk menjaga sistem imunitas agar tetap kuat. Ya, seperti yang sudah diketahui, sistem imunitas memiliki peran dalam melawan berbagai virus, bakteri, dan kuman berbahaya yang masuk ke dalam tubuh – ini termasuk virus corona.

Ketika sistem imunitas sudah kuat, maka risiko terinfeksi virus pun dapat diminimalisir. Jadi, melakukan berbagai upaya pencegahan dengan menerapkan gaya hidup sehat merupakan hal penting yang perlu diterapkan semua orang.

Menjaga sistem imunitas agar tetap kuat – juga berkaitan dengan pola makan sehat. Mengonsumsi makanan tidak sehat, tidak memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral, dan kelebihan berat badan – termasuk faktor yang dapat melemahkan sistem imunitas tubuh.

Lalu, bagaimana kalau sistem imunitas sudah rentan? Maka kemungkinan terinfeksi berbagai virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit pun akan meningkat. Jadi, apa yang bisa dilakukan?

Kamu juga perlu menerapkan kunci pola makan sehat agar sistem imunitas meningkat dan terjaga dengan baik. Dalam penerapannya, berikut ini 6 tips pola makan sehat untuk jaga daya tahan tubuh.

 

 

 

6 Pola Makan Sehat Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas

6 Pola Makan Sehat Untuk Tingkatkan Sistem Imunitas Selama Pandemi

6 Pola Makan Sehat Untuk Tingkatkan Sistem Imunitas Selama Pandemi / Credit: heart.org

Makan Secukupnya

Sistem imunitas terbentuk dari berbagai sel dan protein – yang berperan dalam melawan infeksi dari patogen asing. Untuk membentuk komponen sistem imunitas tersebut, tubuh membutuhkan energi – yang bisa kamu peroleh dari sumber makanan sehat.

Selain untuk pembentukan komponen imunitas, makanan sehat bergizi juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

Tetapi yang perlu kamu ingat – hindari makan secara berlebihan. Pasalnya, hal tersebut bisa menyebabkan kelebihan berat badan, yang akhirnya juga dapat melemahkan sistem imunitas tubuh.

 

Batasi Konsumsi Lemak

Yang terpenting, kamu juga mesti memperhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi. Sebaiknya, hindari jenis makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti keju, margarin, gorengan – kamu pasti sudah tahu ya kalau makanan tersebut bukan sumber energi yang baik.

Dengan membatasi konsumsi lemak tidak sehat, sistem imunitas tubuh pun akan semakin kuat.

 

6 Pola Makan Sehat Untuk Tingkatkan Sistem Imunitas Selama Pandemi

6 Pola Makan Sehat Untuk Tingkatkan Sistem Imunitas Selama Pandemi / Credit: healthifyme.com

Makanan Tinggi Nutrisi

Nutrisi yang dimaksud adalah vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan zinc – deretan nutrisi tersebut merupakan vitamin dan mineral terpenting dalam menjaga sistem imunitas. Lalu, deretan makanan apa saja yang mengandung nutrisi tersebut?

  • Vitamin C: jambu biji, stroberi, kiwi, mangga, brokoli, bayam, kubis, dan kale.
  • Vitamin D: ikan salmon, ikan tuna, dan susu rendah lemak.
  • Vitamin E: minyak sayur, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan bayam.
  • Zinc: daging, kerang, tiram, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

Tidak hanya dari makanan saja, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dengan minum suplemen secara rutin. Kamu direkomendaiskan mengonsumsi Enervon-C setiap harinya. Mengapa mesti Enervon-C?

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan zinc – kamu disarankan minum Enervon Active. Yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

 

Buah dan Sayur

Pola makan sehat berikutnya – perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung sejumlah nutrisi untuk menunjang fungsi dan kerja sistem imunitas tubuh.

Sayuran, terutama yang berdaun hijau mengandung sejumlah nutrisi esensial untuk sistem imunitas, seperti vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Sementara untuk buah – terlebih bewarna cerah dan terang kaya akan akan antioksidan.

 

6 Pola Makan Sehat Untuk Tingkatkan Sistem Imunitas Selama Pandemi

6 Pola Makan Sehat Untuk Tingkatkan Sistem Imunitas Selama Pandemi / Credit: idealnutrition.com.au

Makanan Tinggi Protein

Tahukah kamu bahwa protein juga mampu menjaga sistem imunitas tubuh? Untuk itu, mengonsumsi makanan tinggi protein sangat dianjurkan.

Protein – membantu tubuh membentuk antibodi yang berperan dalam melawan infeksi bakteri dan virus. Jadi, ketika nanti virus menyerang, tubuhmu bisa melawan zat asing tersebut dengan cepat.

 

Sumber Serat

Yang terakhir, jangan lupakan serat! Kandungan ini berperan untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem imunitas, bahkan mampu menjaga suasana hati kamu. Serat dapat membuat respon imun terhadap virus menjadi lebih kuat.

 

 

 

Intinya, menjaga pola makan tetap sehat dapat membantu menjaga sistem imunitas kamu. Imbangi dengan gaya hidup sehat lainnya – seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan cairan tubuh, dan kelola stres dengan baik.

Memiliki sistem imunitas yang kuat adalah kunci utama agar terhindar dari berbagai macam penyakit!

 

Featured Image - linisehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!