Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak

font size A Ǎ

Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa minat gemar membaca di Indonesia masih terbilang rendah. Hal ini pun terbukti dari laporan UNESCO – yang menyebutkan bahwa hanya satu dari 1.000 orang di Indonesia dengan minat baca serius. Artinya – Indonesia masih darurat membaca!

Padahal, gemar membaca sangat bermanfaat untuk perkembangan kecerdasan, kepribadian, dan kesehatan – terutama pada anak-anak. Sejumlah manfaat baik dari membaca, bisa diperoleh secara maksimal jika anak dibiasakan membaca sejak kecil, lho.

Hal tersebut pun sudah dibuktikan dari sebuah studi yang dipublikasikan di Science Daily – studi tersebut menyebutkan bahwa membiasakan gemar membaca sejak balita dapat meningkatkan kemampuan membaca dan akademis anak – ketika mulai bersekolah, nantinya.

 

 

 

Gemar Membaca Dapat Berdampak Baik

Bagi Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak / Credit: momjunction.com

Lebih lanjut mengenai studi tersebut – dikatakan anak yang gemar membaca cerita dapat memahami pikiran orang dan dapat menempatkan dirinya sebagai tokoh dalam cerita tersebut. Dalam kata lain –gemar membaca dapat mengasah empati si kecil sejak dini.

Selain itu, gemar membaca cerita juga memberikan anak kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai macam orang, budaya, tempat, dan situasi – yang bermanfaat untuk membuka pikiran anak.

Yang tak kalah menarik – anak-anak yang memiliki gemar membaca juga memiliki kemampuan matematika yang lebih baik. Ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Stavanger di Norwega. Hal tersebut disebabkan, karena anak-anak yang gemar membaca memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami teori dan konsep.

Lalu, bagaimana dengan anak yang kurang gemar membaca? Dari hasil studi yang sama – ditunjukkan bahwa anak-anak tersebut cenderung memiliki kesehatan fisik dan mental yang lebih buruk. Kosakata yang sempit – membuat anak jadi lebih sulit memahami berbagai hal.

Jadi, sudah jelas bahwa gemar membaca memiliki berbagai manfaat baik bagi kecerdasan anak.

 

Gemar Membaca

Juga Memiliki Manfaat Lainnya

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak / Credit: chop.edu

Fungsi lainnya – membaca juga dapat dijadikan sebagai sarana hiburan yang sehat bagi anak, ketimbang ketika ia bermain gadget.

Seperti yang diketahui, gadget dapat menghasilkan cahaya biru yang berbahaya bagi mata manusia dan menyebabkan stimulasi visual secara berlebihan. Kebiasaan menatap layar gadget di malam hari pun bisa mengganggu pola tidur, termasuk pada anak.

Oleh karena itu, orangtua perlu melarang anak membawa gadget ke dalam kamar tidurnya. Sebagai alternatif, ajak anak membaca dongeng bersama sebelum tidur – dengan begitu anak dapat menumbuhkan minat gemar membacanya.

 

 

 

Tips Meningkatkan Gemar Membaca

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak / Credit: theatlantic.com

Jika kini si kecil belum memiliki minat membaca – tenang, perlahan kamu bisa meningkatkannya dengan berbagai cara berikut ini:

  • Menjadi contoh bagi anak. Pastikan ia melihatmu sedang membaca buku dan anak pun bisa menirunya.
  • Penuhi rumah dengan berbagai buku bacaan menarik.
  • Ajukan pertanyaan, misalnya karakter apa yang jadi kesukaannya dan hal apa yang akan dilakukan anak ketika ia menghadapi situasi seperti dalam buku cerita.
  • Jadikan buku sebagai kado.
  • Membacakan buku untuk anak.

 

Meningkatkan Gemar Membaca

Dapat Dibantu Dengan Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak

Kebiasaan Gemar Membaca, Memiliki Dampak Baik Untuk Kecerdasan Hingga Kesehatan Anak / Credit: parentmap.com

Tahukah kamu bahwa kedua hal tersebut saling berkaitan? Ya, nutrisi yang terpenuhi dengan baik dapat membantu fungsi otak anak dan meningkatkan konsentrasi – hal ini tentu berkaitan dengan cara ia memahami cerita dan meningkatkan minat bacanya.

Kamu disarankan memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan:

  • Menyajikan makanan bergizi seimbang – yang kaya akan sejumlah vitamin serta mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3 dan omega 6.
  • Berikan anak camilan yang sehat, seperti buah dan camilan rendah kalori
  • Perhatikan asupan cairan anak, jangan sampai ia mengalami dehidrasi
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan perkembangannya

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup - yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Rutin memberi anak Enervon-C Plus Sirup dapat membantu tumbuh kembangnya secara keseluruhan, mulai dari kesehatan hingga kecerdasan anak. Tentu, setiap orangtua menginginkan anaknya tumbuh optimal, bukan?

 

 

 

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa meningkatkan gemar membaca anak sangatlah penting. Kebiasaan membaca dapat berpengaruh pada kepribadian, kecerdasan, hingga kesehatan anak.

 

Featured Image - romper.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!