Bosan dan lelah selama di kantor bisa membuat kamu menjadi stress serta tidak produktif. Terlalu sering menatap layar monitor sambal duduk terlalu lama juga bisa menggerogoti kesehatan tubuh kamu.

Untuk mengatasi stress kerja dan meningkatkan produktivitas, kamu bisa coba untuk melakukan enam hal ini:

1. Jangan biasakan lembur

Credit: Hipwee

Situasi kantor kadang memaksa kamu untuk kerja lembur, namun sebaiknya jangan terbiasa pulang kantor terlalu malam.  Sudah banyak penelitian medis yang mengaitkan kebiasaan lembur dengan risiko stroke dan penyakit jantung, bahkan kanker payudara pada wanita.

Mulailah tegas pada diri sendiri untuk membuat batas maksimal berapa lama kamu harus bekerja. Usahakan untuk selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar kamu tidak harus lembur. Dengan begitu, kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat. Dan esoknya badan serta pikiran pun akan lebih segar untuk bekerja kembali.

2. Hias meja dengan aksesoris serba hijau atau pernik-pernik lucu

Credit: Jawapos

Lingkungan yang dominan berwarna hijau akan memberikan efek yang menyehatkan bagi mata dan pikiranmu. Warna hijau sering dihubungkan dengan alam dan lingkungan yang sehat. Selain itu, hijau juga melambangkan harmoni, keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian.

Ketika kamu sedang suntuk dan stress kerja, kamu bisa melipir sejenak ke jendela untuk memandangi rindangnya pohon- pohon penghias jalan. Kalau tidak ada, kamu bisa menghias meja kerjamu dengan pernak pernik dan aksesoris bernuansa hijau, misalnya pot tanaman mini, seperti kaktur atau bamboo mini.

Selain membuat mata dan pikiran segar, udara kantor yang sumpek dan pengap pun bisa diatasi dengan tanaman hias dalam ruangan.

3. Banyak bergerak

Credit: Topmedia

Meski pekerjaan menuntut kamu untuk duduk diam dan menatap layar computer, jangan jadikan hal ini alasan untuk kamu malas bergerak. Setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, luangkanlah waktu untuk jalan- jalan sejenak. Entah untuk pergi ke toilet, isi ulang air minum atau lakukanlah peregangan sederhana di kantor. Perubahan kecil ini bisa membuat pikiran kamu jadi lebih segar dan tubuh lebih bugar selama bekerja di kantor.

4. Gunakan wewangian aromaterapi

Credit: Hipwee

Minyak esensial dengan wewangian tertentu bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Contohnya seperti minyak aromaterapi lavender atau melati. Namun, hindari menggunakan wewangian aromaterapi dengan wangi yang menusuk. Hal ini dapat mengganggu indera penciuman serta membuat kamu makin tidak fokus bekerja.

5. Berinteraksi seru dengan teman kerja

Credit: Hipwee

Agar kamu semakin betah di kantor, buatlah suasana kerja jadi lebih menyenangkan dengan teman- teman kerja kamu. Misalnya, adakan arisan makanan setiap hari Jumat sore atau pergi hangout bersama. Selain menjalin relasi antar karyawan yang lebih kuat,  produktivitas kerja pun akan meningkat jika mood setiap orang di kantor juga selalu baik.

 

Featured Image - Liputan 6