Selama pandemi, apakah kamu masih harus alami momen mengantre? Mulai dari ketika harus belanja bulanan di pusat perbelanjaan, mengambil uang di mesin ATM, atau dalam antrean masuk ke sarana transportasi umum. Ini mesti kamu waspadai – pasalnya, berada di dalam antrean dapat meningkatkan risiko penularan virus corona.

Ketika mengantre mungkin saja kamu mengabaikan physical distancing atau terlalu lama di dalam ruangan dengan ventilasi udara yang buruk.

Tapi, kamu tak perlu terlalu khawatir ya. Karena, hingga saat ini masih belum ditemukan kasus penularan ketika mengantre. Kendati demikian, bukan berarti kamu mengabaikan langkah pencegahan, termasuk protokol kesehatan, lho.

Ada berbagai langkah pencegahan yang mesti kamu lakukan, agar risko penularan ketika mengantre bisa diminimalisir. Apa saja langkah tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Langkah Tepat Cegah Penularan Virus Ketika Mengantre

Terpaksa Mengantre Di Tengah Pandemi? Ini 4 Tips Untuk Turunkan Risiko Penularan / Credit: hipwee.com

Hindari Berbicara

Yang pertama, kamu perlu menghindari berbicara, terutama dalam suara yang keras. Ingat, penularan utama Covid-19 terjadi melalui tetesan pernapasan atau droplet – yang mungkin bisa menyebar di udara dan terpecah menjadi partikel lebih kecil.

Jadi, lebih baik kamu menahan obrolan terlebih dahulu ya. Usahakan tidak berbicara kalau bukan hal yang penting. Tapi, jika terpaksa – bicaralah dengan pelan sembari mengantri, terutama jika di dalam ruangan tertutup.

 

Pakai Face Shield dan Masker

Selain melindungi hidung dan mulut memakai masker – lindungi pula bagian wajah kamu dengan menggunakan face shield. Pasalnya, perlindungan ekstra sangat diperlukan, apalagi kalau kamu mengantre di dalam ruangan.

 

Terpaksa Mengantre Di Tengah Pandemi? Ini 4 Tips Untuk Turunkan Risiko Penularan / Credit: kabar24.bisnis.com

Hindari Sentuhan Tangan

Perlu diingat, hindari melakukan sentuhan tangan – seperti sembarangan memegang berbagai benda yang ada di tempat umum. Karena, bisa saja benda yang kamu sentuh sudah terkontaminasi virus. Setelah itu, kamu memegang area wajah dan akhirnya virus bisa masuk ke dalam tubuh.

Selalu bawa hand sanitizer berbasis alkohol – jika sekiranya kamu mesti menyentuh berbagai benda, seperti ketika belanja di supermarket.

 

Ambil Tindakan

Ada orang yang berdiri terlalu dekat dengan kamu? Segera ambil tindakan! Meski sudah ada sticker jarak, tetapi masih ada orang yang abai akan hal tersebut. Justru, ia tetap bergerak lebih dekat ke antrean di depannya.

Jika kamu mengalami kondisi seperti itu, kamu dapat menegur orang tersebut dengan sopan. Dan, minta ia untuk sedikit menjauh. Kamu dianjurkan untuk menjaga jarak minimal 1,5 meter – jika bisa lebih jauh lagi, maka semakin baik.

 

 

 

Selama pandemi, bepergian ke luar rumah sangat tidak dianjurkan – kecuali jika ada keperluan penting dan mendesak. Jika harus beraktivitas di luar rumah, pastikan kamu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

 

Featured Image - liputan6.com

Source - cnnindonesia.com