6 Tips Presentasi Online yang Dapat Kamu Terapkan Agar Sukses dan Lancar

6 Tips Presentasi Online yang Dapat Kamu Terapkan Agar Sukses dan Lancar

font size A Ǎ

Apakah kamu masih menjalani work from home? Jika iya, berbagai meeting hingga presentasi online merupakan dua hal yang paling tak bisa dihindari. Ya, seperti yang sudah diketahui, sejak awal pandemi, sebagian besar urusan pekerjaan mesti diselesaikan di rumah, termasuk kedua kegiatan tersebut.

Berkaitan dengan meeting dan presentasi online – mungkin terlihat simple dan sepele. Meski demikian, hal ini justru dapat membuat pekerja merasa canggung, lho. Tak jarang pula, pekerja yang mesti presentasi online, merasa kikuk dan bingung.

Lalu, bagaimana caranya agar tidak merasa bingung ketika menjalani presentasi secara online? Tenang! Berikut ini deretan tips presentasi yang bisa kamu terapkan.

Simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

6 Tips Presentasi Online

Biar Lancar dan Sukses!

6 Tips Presentasi Online yang Dapat Kamu Terapkan Agar Sukses dan Lancar

6 Tips Presentasi Online yang Dapat Kamu Terapkan Agar Sukses dan Lancar / Credit: bramwellpartners.com.au

Tepat Waktu

Tips presentasi online pertama, yaitu pastikan kamu dan seluruh peserta dapat datang tepat waktu. Cara ini juga dapat membantu presentasi berjalan lebih lancar dan tidak membuang-buang waktu untuk menunggu seluruh peserta.

Ingat, agar lebih lancar, jadwalkan meeting terlebih dahulu pada fitur kalender online dan sesuaikan dengan jam lowong yang dimiliki peserta meeting, ya.

 

Slide Simple dan Jelas

Kemudian, pastikan kamu membuat slide presentasi yang simple, jelas, dan mudah dimengerti. Hindari memasukkan terlalu banyak teks – hal ini dapat membingungkan peserta meeting, karena dianggap terlalu sulit dibaca.

Sebaiknya, manfaatkan slide presentasi sebagai pengingat singkat mengenai topik yang akan kamu bahas.

 

6 Tips Presentasi Online yang Dapat Kamu Terapkan Agar Sukses dan Lancar

6 Tips Presentasi Online yang Dapat Kamu Terapkan Agar Sukses dan Lancar / Credit: gravityforms.com

Terlihat Oleh Peserta Meeting

Nah, tips presentasi ini tak boleh dilewatkan ya! Memang seringkali dianggap sepele, padahal ini sangat penting lho. Selalu pastikan kamu terlihat oleh semua peserta meeting. Mengapa demikian?

Pasalnya, kalau peserta tidak dapat melihatmu dengan jelas, maka kemungkinan besar mereka tak dapat memahami presentasi yang kamu sampaikan. Jadi, check kembali webcam-mu sebelum memulai presentasi.

 

Lantangkan Suara

Manusia lebih sering berkomunikasi dengan gestur tubuh dan mimik wajah. Tapi yang perlu kamu ketahui, presentasi akan dilaksanakan secara online – jadi, tak jarang komunikasi menjadi terhambat.

Untuk itu, kamu perlu menyampaikan materi presentasi dengan suara lantang – sehingga peserta tetap mendengarkan. Sebelumnya, kamu bisa berlatih terlebih dahulu, seperti merekam diri sendiri atau berlatih di depan kaca.

 

6 Tips Presentasi Online yang Dapat Kamu Terapkan Agar Sukses dan Lancar

6 Tips Presentasi Online yang Dapat Kamu Terapkan Agar Sukses dan Lancar / Credit: businessinsider.com

Presentasi Interaktif

Salah satu tips presentasi agar menarik perhatian, yaitu dengan membentuk interaksi dengan para peserta. Caranya, menambahkan komponen visual yang ditempatkan dengan baik, serta beri elemen interaksi pada slide presentasi.

Selain itu, kamu bisa membuka sesi tanya jawab atau kuis – agar peserta menjadi lebih tertarik.

 

Gunakan Tools

Tips presentasi online terakhir – manfaatkan tools terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, kamu bisa menambahkan elemen pendukung seperti infografis, mind map, gambar, dan animasi.

 

 

 

Wah, itu dia keenam tips presentasi online yang dapat kamu terapkan. Yang terpenting – kamu mesti menyiapkan semua kepentingan presentasi dengan baik, ya. Sehingga, presentasi dapat dibawakan dengan maksimal dan peserta pun memahami materi yang disampaikan!

 

Featured Image - zdnet.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!