Apakah kamu dan keluarga termasuk pecinta olahraga? Kegiatan sehat satu ini cocok sekali untuk dilakukan bersama di akhir pekan! Sejatinya, ada berbagai jenis olahraga yang dapat kamu pilih, tapi olahraga kardio – merupakan jenis kegiatan fisik yang paling mudah dilakukan, nih.

Olahraga kardio bermanfaat untuk membantu memompa jantung dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh – sehingga jantung dan paru menjadi lebih kuat. Lalu rutin olahraga kardio juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Jadi, kardio tak sekedar untuk menurunkan berat badan saja, ya!

Singkatnya, olahraga kardio merupakan aktivitas fisik yang mudah dilakukan di rumah, serta dapat memberi sejumlah dampak baik untuk kesehatan tubuh. Namun, kira-kira jenis kardio apa saja yang bisa dilakukan di rumah?

Berikut ini lima rekomendasinya, siapa tahu cocok untuk kamu!

 

 

5 Rekomendasi Olahraga Kardio

Cocok Dilakukan Di Akhir Pekan

Lompat Tali

Berolahraga Di Akhir Pekan, Yuk Coba 5 Olahraga Kardio Ini. Mudah Dilakukan, Lho! / Credit: beyondwords.life

Kamu pasti sudah tahu kalau lompat tali – merupakan olahraga kardio murah dan ampuh untuk membakar lemak! Selain itu, kamu bisa melakukannya di mana saja, termasuk di rumah. Bahkan, dalam waktu 20 menit, kamu bisa membakar hingga 220 kalori, lho.

Kamu dapat meningkatkan intensitas lompat tali – dengan menaikkan waktu penggunaan dan ditambah variasi olahraga lainnya.

 

Jumping Jacks

Berolahraga Di Akhir Pekan, Yuk Coba 5 Olahraga Kardio Ini. Mudah Dilakukan, Lho! / Credit: verywellfit.com

Selanjutnya, kamu dapat lakukan jumping jacks. Jenis kardio ini sudah terkenal akan manfaatnya dalam membakar kalori. Agar lebih maksimal – kombinasikan jumping jacks ke dalam beberapa latihan lain, seperti burpee, lompat tali, dan lompat jongkok.

Tenang, kamu tak memerlukan peralatan apapun kok kalau ingin melakukan jumping jacks. Mudah bukan?

 

Jogging Di Tempat

Berolahraga Di Akhir Pekan, Yuk Coba 5 Olahraga Kardio Ini. Mudah Dilakukan, Lho! / Credit: mistar.id

Ingin jogging tapi malas ke luar rumah? Jogging di tempat bisa jadi solusi yang tepat! Olahraga satu ini juga dapat memberikan banyak manfaat – sama seperti ketika berlari di luar rumah atau menggunakan treadmill.

Biar nggak bosan, kamu dapat menggabungkan jogging di tempat dengan latihan lainnya, seperti lompat tali dan latihan kekuatan tubuh. Agar maksimal, lakukan jogging di tempat selama 20-30 menit ya.

 

Burpee

Berolahraga Di Akhir Pekan, Yuk Coba 5 Olahraga Kardio Ini. Mudah Dilakukan, Lho! / Credit: 8fit.com

Burpee merupakan latihan kardio dengan intensitas sedang, serta dapat membakar banyak kalori. Burpee termasuk jenis olahraga yang baik, bahkan dapat membakar hingga 100 kalori dalam waktu 10 menit saja.

Kamu dapat melakukan burpee dengan squat di lantai, melompat dari kaki kemudian posisi plank, lombat ke depan dan belakang, serta berdiri lalu duduk. Cukup mudah ya?

 

Squat Jumps

Berolahraga Di Akhir Pekan, Yuk Coba 5 Olahraga Kardio Ini. Mudah Dilakukan, Lho! / Credit: lesmills.com

Olahraga squat jumps – merupakan jenis kardio yang mudah dilakukan dan berfungsi untuk melatih kekuatan otot, terlebih bagian kaki. Squat dilakukan dengan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka sedikit lebar. Kemudian, letakkan tangan di belakang kepala – lompatlah sedikit dengan mendarat pada posisi setengah jongkok, hingga lutut menekuk.

Kamu dapat lakukan squat jumps dengan prisoner squat jump dengan tangan di belakang kepala, atau froggy jumps – yaitu menambah sentuhan tangan ke tanah ketika jongkok!

 

 

 

Nah, itu dia kelima olahraga kardio yang bisa kamu lakukan di rumah ketika akhir pekan. Yang perlu diperhatikan – pastikan kamu memiliki sepatu olahraga yang mendukung ketika melakukan aktivitas fisik tersebut, ya. Sehingga, kamu bisa melakukan olahraga dengan nyaman.

Kira-kira, kamu ingin melakukan olahraga kardio yang mana dulu, nih?

 

Featured Image - news.gympass.com