Seseorang yang Orang Tanpa Gejala (OTG).

Namun, sebenarnya bagaimana bisa ada pasien yang tak alami gejala apapun?

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat – ada alasan kenapa pasien yang terinfeksi Covid-19 memiliki kemungkinan tidak menunjukkan gejala alias menjadi OTG. Salah satunya – mungkin virus tersebut tidak membuat pasien sakit sama sekali.

 

 

 

Lebih Lanjut Mengenai Penelitian Tersebut

Alasan Mengapa Ada Orang Tanpa Gejala Dalam Kasus Covid-19 / Credit: specialty.mims.com

Berkaitan dengan OTG – penelitian tersebut juga menyebutkan, bahwa Covid-19 bisa mempengaruhi sel tertentu di dalam tubuh, sehingga rasa sakit menghilang dan akhirnya membuat pasien tidak bergejala. Meski demikian, pasien tetap bisa menyebarkan virus dalam pada orang lain.

Beberapa pasien Covid-19 yang tidak bergejala – bisa menyebabkan penekanan rasa sakit, terutama pada tahap awal infeksi. Kondisi ini membuat pasien merasa tidak mengalami perubahan, tapi tanpa disadari pasien tetap bisa menularkan virus – terlebih di awal infeksi.

Hal tersebut juga didukung oleh pendapat dari CDC Amerika Serikat – yang mengatakan bahwa penularan lebih sering terjadi ketika gejala belum muncul. Bahkan, presentasi risiko penularannya lebih besar, yaitu 40 persen.

 

Mengapa Pasien Tidak Merasa Sakit?

Alasan Mengapa Ada Orang Tanpa Gejala Dalam Kasus Covid-19 / Credit: swachhindia.ndtv.com

Salah satu alasannya, yaitu cara spike protein virus corona berinteraksi dengan sel reseptor rasa sakit pada tubuh, sehingga pasien pun tidak mengalami gejala sama sekali. Diketahui, virus corona dapat masuk ke dalam tubuh dengan cara menempel pada reseptor ACE 2 dan neuropilin-1.

Hingga saat ini, hal tersebut masih terus dipelajari oleh para peneliti.

Berkaitan dengan protein dan sel reseptor – keduanya terlibat dalam peredaan nyeri dalam tubuh. ketika virus menempel pada reseptor, maka akan terjadi penurunan fungsi faktor pertumbuhan endotel vaksular-A – yang terlibat dalam fungsi saraf dan penerima sakit. Dengan begitu, pasien jadi tidak mengalami gejala apa pun.

 

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - detik.com