Ketahui Deretan Hal Mengenai Jam Tidur yang Baik Untuk Tingkatkan Imunitas

Ketahui Deretan Hal Mengenai Jam Tidur yang Baik Untuk Tingkatkan Imunitas

font size A Ǎ

Siapa di sini yang seringkali begadang? Wah, sepertinya kamu perlu mengurangi kebiasaan yang satu ini, deh! Mengapa demikian? Faktanya, memiliki jam tidur yang baik dan cukup – dapat membantu memelihara hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Poin ini penting ya, mengingat imunitas merupakan alat perlindungan utama bagi tubuh, terlebih selama masa pandemi.

Jadi, jangan heran kalau jam tidurmu masih belum tercukupi – maka kamu lebih rentan sakit, mudah lelah, produktivitas menurun, merasa stres, hingga berujung pada depresi. Tentu saja kamu tidak ingin merasakan hal tersebut, kan?

Untuk itu, memiliki jam tidur yang baik serta berkualitas – sangatlah penting, lho. Tapi, sebelumnya ada sejumlah hal mengenai waktu tidur yang mesti kamu ketahui, nih. Apa saja?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Hal yang Perlu Diketahui

Mengenai Jam Tidur yang Baik

Ketahui Deretan Hal Mengenai Jam Tidur yang Baik Untuk Tingkatkan Imunitas

Ketahui Deretan Hal Mengenai Jam Tidur yang Baik Untuk Tingkatkan Imunitas / Credit: huffpost.com

10 Malam-6 Pagi, Waktu Tidur Ideal

Tahukah kamu kalau jam tidur yang baik dan ideal untuk manusia dimulai dari 10 malam hingga 6 pagi? Ya, hal tersebut pun sudah disetujui oleh beberapa ahli. Jika kamu tidur pada waktu tersebut – tidur menjadi lebih nyenyak.

Memiliki jam tidur yang baik – juga membantumu tidak mudah lelah dan mudah mengantuk di siang hari.

 

Tidur Lewat Dari Jam 12, Kurang Baik Untuk Kesehatan

Kalau kamu gemar begadang dan tidur lewat dari jam 12 – kebiasaan ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Ketika kamu tidur terlalu malam, maka keesokan harinya kamu bangun lebih siang – hal ini dapat meningkatkan risiko depresi, seasonal affective disorder, dan depresi, lho.

 

Ketahui Deretan Hal Mengenai Jam Tidur yang Baik Untuk Tingkatkan Imunitas

Ketahui Deretan Hal Mengenai Jam Tidur yang Baik Untuk Tingkatkan Imunitas / Credit: osfhealthcare.org

Tidur Selama 7-8 Jam, Dapat Kurangi Risiko Kesehatan

Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Namun, jam tidur yang baik – bisa bervariasi setiap orang, ya. Setidaknya, kamu perlu tidur 7 jam untuk meningkatkan imunitas dan terhindar dari berbagai risiko kesehatan, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Agar mendapat istirahat yang cukup dan berkualitas, pastikan kamu menciptakan suasana tidur yang kondusif dan nyaman. Misalnya, gunakan lampu tidur yang redup, nyalakan pendingin udara, jauhkan gadget dari jangkauan, dan bisa pula memutar musik yang menenangkan.

Disarankan pula – untuk tidak mengonsumsi kafein sebelum tidur. Dan, rutin olahraga minimal 30 menit sehari, untuk meningkatkan kualitas tidur.

 

Perbaiki Jika Waktu Tidur Berantakan

Padatnya aktivitas dapat menggangu jadwal tidurmu, bahkan mengurangi waktu beristirahat. Kalau kamu mengalami kondisi ini – kamu mesti menyiasatinya dengan meluangkan waktu tidur siang singkat di jam kerja.

Kamu tak perlu takut akan tidur terlalu cepat – yang penting adalah durasi tidur dan istirahat secara reguler. Setelah aktivitasmu sudah tak terlalu padat, barulah benahi kembali waktu tidur tersebut.

 

 

 

Selain Miliki Jam Tidur yang Baik,

Terapkan Cara Ini Untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Ketahui Deretan Hal Mengenai Jam Tidur yang Baik Untuk Tingkatkan Imunitas

Ketahui Deretan Hal Mengenai Jam Tidur yang Baik Untuk Tingkatkan Imunitas / Credit: deythere.com

Memiliki jam tidur yang baik – memang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Ini pun erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh. Tetapi, istirahat yang cukup saja belum lah cukup untuk mengoptimalkan kesehatan kamu, lho.

Sebaiknya, kamu imbangi dengan sejumlah gaya hidup sehat lainnya – seperti mengonsumsi mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, olahraga secara rutin, dan kelola stres dengan baik.

Ingin lebih maksimal? Kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin, seperti Enervon-C setiap hari.

Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan yang baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal – khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah energi, ya!

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet – yang ini mengandung Vitamin C 500 mg, ya. Atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – agar performa daya tahan tubuhmu makin maksimal!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas, sudah jelas ya bahwa memiliki jam tidur yang baik penting untuk kesehatan kamu. Dan imbangi pula dengan pola hidup sehat lainnya – agar manfaat baiknya dapat dirasakan secara maksimal!

 

Featured Image - wakefitco.medium.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!