Siapa di sini yang sedang gemar berkebun? Kalau kamu salah satu di antaranya – kamu perlu mengetahui informasi yang satu ini, nih! Mengenai media tanam hidroponik yang efektif dan terbaik. Kamu pasti tahu kalau tanaman hidroponik memiliki keunggulan tersendiri – salah satunya, hemat penggunaan air. Kok bisa?

Dilansir dari Popmama, dalam metode tanam hidroponik – tanaman hanya mengambil air yang diperlukan saja. Ini karena semua yang dibutuhkan oleh tanaman sudah tersedia dan dipelihara dalam satu sistem.

Selain itu, banyak tanaman yang bisa diproduksi dua kali lebih cepat dengan menggunakan sistem hidrponik – ini jika dikelola dengan baik, ya.

Terlihat menarik bukan? Jika kamu tertarik menggunakan sistem media tanam yang satu ini – berikut 5 jenisnya yang perlu kamu ketahui!

Simak ulasannya berikut ini.

 

 

5 Jenis Media Tanam Hidroponik

Arang Sekam

Buat Kamu yang Hobi Berkebun, Wajib Ketahui 5 Media Tanam Hidroponik Paling Efektif / Credit: paktanidigital.com

Di dunia pertanian, arang sekam memiliki banyak manfaat. Media yang satu ini juga kerap digunakan untuk pembuatan kompos dan penggemburan tanah – sehingga, akar tanaman lebih mudah menyerap unsur hara.

Arang sekam – juga media tanam yang populer di kalangan pengguna hidroponik, lho. Mengingat banyaknya kelebihan yang dimiliki, termasuk adanya kandungan komponen kimiawi – mulai dari protein kasar, kadar air, abu, karbon, oksigen, karbohidrat, dan hidrogen.

 

Cocopeat

Buat Kamu yang Hobi Berkebun, Wajib Ketahui 5 Media Tanam Hidroponik Paling Efektif / Credit: lazada.co.id

Kemudian, ada pula cocopeat yang menjadi media tanam hidroponik – ramah lingkungan dan punya banyak manfaat, nih. Cocopeat – merupakan sabut kelapa yang merupakan media tanam organic dengan daya tampung air tinggi.

Cocopeat dapat menyimpan hingga 73 persen air, sehingga intensitas penyiraman dapat dilakukan lebih jarang. Tentu saja, hal ini baik bagi tanaman yang dirawat dengan sistem hidroponik.

 

Hidrogel

Buat Kamu yang Hobi Berkebun, Wajib Ketahui 5 Media Tanam Hidroponik Paling Efektif / Credit: bibitbunga.com

Tak bisa dipungkiri, sudah banyak penelitian yang mengarah pada bidang teknologi pertanian, salah satunya hidrogel. Fungsinya, dapat menyerap air maupun nutrisi untuk tanaman – kemudian, dilepaskan secara perlahan sesuai kebutuhan tanaman.

 

Pasir

Buat Kamu yang Hobi Berkebun, Wajib Ketahui 5 Media Tanam Hidroponik Paling Efektif / Credit: pertanianku.com

Media tanam pasir – juga kerap kali digunakan, lho. Bobot pasir yang cukup berat dapat memudahkan batang tanaman lebih tegak dan mampu menopang tanaman dengan baik. Selain itu, pasir dapat memudahkan sistem aerasi dan drainase tanaman. Mengapa demikian?

Karena pasir memiliki pori-pori yang cukup banyak, sehingga lebih cepat basah dan kering – dengan begitu, akan tercipta sirkulasi udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

 

Rockwool

Buat Kamu yang Hobi Berkebun, Wajib Ketahui 5 Media Tanam Hidroponik Paling Efektif / Credit: ravanelca.blogspot.com

Rockwool – berfungsi untuk menyerap banyak pupuk cair dan udara yang dapat membantu pertumbuhan akar tanaman. Rockwool sendiri sudah banyak digunakan dalam metode tanam hidroponik.

Salah satu asalannya, karena rockwool mampu menampung air hingga 14 kali dari kapasitas tampung tanah, sehingga pupuk dapat terserap dengan baik oleh tanaman.

 

Wah, itu dia kelima media tanam yang cocok digunakan bagi tanaman hidroponik. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu media tanam tersebut?

 

 

 

Featured Image - sandiegouniontribune.com