Belum lama ini, sejumlah negara di Eropa kembali mengalami peningkatan drastis kasus positif virus corona. Kondisi tersebut – kerap disebut sebagai gelombang kedua Covid-19. Untuk itu, sejumlah negara tersebut akhirnya memutuskan kembali menerapkan lockdown.

Meskipun sempat sukses dalam menghadapi Covid-19 di gelombang pertama – salah satunya negara Inggris, yang akhirnya memilih untuk menerapkan kembali lockdown selama 4 minggu, rencananya hingga 2 Desember mendatang.

Dilansir dari Detik, selain Inggris, berikut ini deretan negara yang kembali menjalani lockdown – akibat meningkatnya angka positif Covid-19.

 

 

 

5 Negara Eropa yang Kembali Lockdown

Angka Positif Covid-19 Melonjak, 5 Negara di Eropa Ini Kembali Lockdown! / Credit: aa.com.tr

Austria

Yang pertama, Austria kembali menetapkan lockdown – sebagai tindakan atas kasus positif Covid-19 yang sedang tidak terkendali. Pemerintah Rusia, rencananya akan menerapkan beberapa tindakan lainnya, seperti menutup gym, bioskop, dan teater. Serta hanya menyediakan layanan take away – untuk tempat makan.

 

Inggris

Inggris juga turut menerapkan kembali lockdown. Berdasarkan laporan worldometers, kini Inggris berada di peringkat 9 tertinggi di dunia – yang mencatat lonjakan kasus Covid-19. Menurut penjelasan dari Perdana Menteri Inggris, lockdown akan diterapkan hingga 2 Desember 2020.

Kali ini, aturan lockdown pun berbeda – restoran, gym, dan toko non-esensial harus tutup selama empat minggu. Tetapi, untuk sekolah dan universitas tetap buka.

 

Angka Positif Covid-19 Melonjak, 5 Negara di Eropa Ini Kembali Lockdown! / Credit: apnews.com

Prancis

Negara Prancis juga kembali lockdown – keputusan tersebut didasari oleh bahaya gelombang besar Covid-19 yang disebut mengintai Prancis, terlebih memasuki musim dingin. 

 

Jerman

Kasus Covid-19 juga kembali melonjak di Jerman – yang akhirnya membuat pemerintah setempat memutuskan untuk lockdown kedua kalinya. Selama penerapan lockdown, Jerman akan menutup restoran, cafe, dan teater – hingga 30 November mendatang.

Diketahu, bahwa Jerman sudah berada diperingkat ke-15 dengan total kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Dari laporan worldometer, sudah ada lebih dari 500 ribu kasus virus corona yang terjadi.

 

Angka Positif Covid-19 Melonjak, 5 Negara di Eropa Ini Kembali Lockdown! / Credit: axios.com

Belgia

Menyusul keempat negara di atas, Belgia juga kembali memberlakukan lockdown, tetapi hanya secara parsial. Artinya, beberapa toko terpaksa tutup dan aktivitas apapun yang memungkinkan banyak kontak dekat – dilarang dilakukan.

Seperti salon, gym, kolam renang, serta fasilitas budaya dan rekreasi – yang terpaksa ditutup. Menurut CDC Eropa, hal ini dilakukan mengingat Belgia merupakan salah satu negara yang terkena dampak buruk dari Covid-19.

 

 

 

Featured Image - cnbc.com

Source - detik.com