Seperti yang kamu ketahui, nyaris seluruh negara di dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Seluruh dunia pun sedang berupaya untuk menekan angka positif Covid-19 – sehingga pandemi segera bisa diatasi dan berakhir.

Tak hanya di berbagai negara lain, tetapi pemerintah Indonesia pun sedang berupaya untuk mengurangi angka penyebaran dan penularan Covid-19. Setidaknya, ada enam strategi yang hingga kini sedang dijalani oleh pemerintah.

Lalu, seperti apa strategi tersebut?

 

 

 

6 Strategi Atasi Covid-19

Yang Dijalani Pemerintah Indonesia

Deretan Strategi Pemerintah Untuk Tekan Angka Kasus Covid-19 / Credit: mediaindonesia.com

Kapasitas Rumah Sakit

Yang pertama, pemerintah Indonesia terus meningkatkan dan mengembangkan kapasitas rumah sakit. Ini termasuk menambah ruang isolasi yang ada di rumah sakit rujukan Covid-19. Dengan begitu, masalah kekurangan tempat tidur dapat diminimalisir.

Mengingat, kini sudah hampir seluruh kapasitas tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 – terisi penuh oleh para pasien.

 

Fasilitas Isolasi Mandiri

Berikutnya, pemerintah juga menyiapkan fasilitas isolasi mandiri di Wisma Atlet dan sejumlah hotel – fasilitas ini diperuntukkan bagi orang tanpa gejala (OTG). Dengan meningkatnya angka positif Covid-19, maka jumlah tempat untuk isolasi pasien pun mesti ditingkatkan.

 

Deretan Strategi Pemerintah Untuk Tekan Angka Kasus Covid-19 / Credit: liputan6.com

Pemisahan Kelompok Pasien

Untuk menekan angka kematian, pemerintah menerapkan metode pemisahan kelompok pasien, yaitu pasien umum dengan pasien yang memiliki komorbid. Cara ini diambil untuk mengurangi penularan penyakit lainnya yang juga membahayakan.

 

Kebijakan Ketat

Pemerintah juga turut mengimbau penerapan perlindungan terhadap kelompok rentan dengan penyusunan kebijakan ketat, misalnya work from home (WFH). Bagi masyarakat yang bisa bekerja dari rumah – sebaiknya terapkan hal ini. Hindari bepergian ke luar rumah, kecuali untuk urusan mendesak.

Sementara, untuk masyarakat yang mesti beraktivitas di luar rumah – tetap terapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin.

 

Deretan Strategi Pemerintah Untuk Tekan Angka Kasus Covid-19 / Credit: mediaindonesia.com

Pertolongan Lebih Cepat

Pasien Covid-19 harus segera mendapat pertolongan medis – tak perlu menggunggu pasien mengalami kondisi gejala berat hingga kritis. Kini pemerintah sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk merawat pasien Covid-19 – jadi, bagi masyarakat yang memiliki gejala, segera kunjungi rumah sakit terdekat.

Hindari menunggu gejala menjadi parah – tetap lakukan tindakan preventif untuk diri sendiri dan keluarga.

 

Standarisasi Perawatan

Pemerintah juga telah melakukan standarisasi perawatan rumah sakit rujukan Covid-19. Strategi ini meliputi – penanganan rumah sakit terhadap pasien Covid-19, serta prosedur yang perlu dilakukan agar virus tidak menyebar dalam satu rumah sakit.

Tentu saja, cara ini diperlukan pemantauan ekstra agar semua pihak yang terlibat dalam penanganan tetap aman.

 

 

 

Selama pandemi berlangsung, masyarakat sangat dianjurkan menerapkan langkah pencegahan – seperti menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Tujuannya, agar angka penularan bisa ditekan dan pandemi dapat berakhir.

 

Featured Image - mediaindonesia.com

Source - popmama.com