Memasuki musim peralihan alias pancaroba – tak jarang membuat kamu rentan terserang penyakit, mulai dari flu, diare, bahkan hingga Covid-19 yang tengah mewabah sekarang ini. Bagaimana tidak? Pasalnya, perubahan iklim drastis kerap kali membuat imunitas tubuhmu menurun.

Untuk itu memperhatikan pola hidup dan makan. Penting diingat – bahwa memastikan kebersihan diri dan sekitar juga perlu dilakukan, terlebih soal makanan yang dikonsumsi.

Mudahnya – jika sistem imunitas tubuh sudah baik, maka kemungkinan kamu sakit pun dapat diminimalisir. Agar imunitas tetap terjaga, setidaknya ada empat tips sehat yang perlu kamu lakukan secara rutin?

Apa saja tips sehat tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Tips Sehat

Jaga Imunitas Selama Pancaroba

4 Tips Sehat yang Efektif Jaga Kekebalan Tubuh Selama Musim Pancaroba!  / Credit: blog.myfitnesspal.com

Makanan Bergizi

Tips sehat pertama, kamu perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya, makan lah dalam porsi yang cukup – tak perlu terlalu sedikit atau justru kebanyakan. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan protein. Hindari pula makanan yang belum diketahui jelas mengenai kebersihannya.

 

Olahraga Cukup

Melakukan olahraga secara rutin – juga dapat bantu menjaga sistem imunitas tubuh. Kamu disarankan berolahraga ringan paling tidak dua sampai tiga kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit-1 jam. Pilih jenis olahraga yang mudah dilakukan sehari-hari untuk memelihara kekebalan tubuh.

 

4 Tips Sehat yang Efektif Jaga Kekebalan Tubuh Selama Musim Pancaroba!  / Credit: startsleeping.org

Pola Tidur Baik

Kamu pasti sudah tahu bahwa istirahat yang cukup juga turut berperan dalam sistem imunitas tubuh – untuk itu, tips sehat yang satu ini penting dijalani! Pastikan kamu tidur 7-8 jam dalam semalam. Hal ini bertujuan ini menjaga tubuh dari kelelahan.

Ketika tubuh lelah, apalagi ditambah gizi yang tidak mencukupi dan perubahan iklim yang drastis – kondisi tersebut dapat menyebabkan imunitas lemah, dan akhirnya kamu mudah jatuh sakit.

 

Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dapat mencegah dehidrasi – kondisi ini juga dapat menyebabkan menurunnya imunitas tubuh dan gampang terkena penyakit. Usahakan untuk minum air putih paling tidak dua liter setiap hari.

 

 

 

Imunitas Kuat,

Dapat Dicapai Dengan Penuhi Kebutuhan Vitamin C

4 Tips Sehat yang Efektif Jaga Kekebalan Tubuh Selama Musim Pancaroba!  / Credit: economictimes.indiatimes.com

Yang perlu kamu ketahui – daya tahan tubuh merupakan perlindungan utama bagi tubuh agar tak mudah jatuh sakit. Untuk itu, menjaganya tetap optimal merupakan hal yang penting dilakukan. Selain dari deretan langkah di atas, yang tidak boleh dilupakan adalah memenuhi kebutuhan vitamin – terutama vitamin C yang berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin – dua jenis vitamin yang penting dipenuhi, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks – berperan efektif untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama selama musim hujan di tengah pandemi.

Bagaimana cara penuhinya? Mudahnya, kamu dapat mengonsumsi multivitamin. Direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari. Mengapa demikian?

Kombinasi kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar kamu tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

Kamu dapat konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – dengan rasa yang lebih menyegarkan.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, menerapkan deretan tips sehat tersebut memang penting ya – agar imunitas semakin terjaga meski saat musim pancaroba. Ingat, daya tahan tubuh yang kuat adalah kunci!

 

Featured Image - alameenelectrical.com.au