Salah satu tantangan yang dihadapi orang tua di pagi hari adalah mengajak anak untuk bangun. Sebagian orang tua mampu melakukannya dengan mudah, sisanya sering merasa kesulitan. Agar bisa membangunkan anak dengan mudah tanpa marah, orang tua perlu mengatur strategi khusus. Apa sajakah itu? Berikut adalah 5 cara membangunkan anak tanpa marah. Sila dicek ya!

1. Mengamati Pola Tidur Anak dan Pahami Kebiasaannya Jelang Tidur

Pola tidur dianggap berhubungan erat dengan mudah atu sulitnya seseorang bangun di pagi hari. Tidur Jika ingin membangunkan anak secara mudah, para orang tua sebaiknya mengenal kebiasaan dan pola tidur anak terlebih dahulu. Biasanya, anak sulit bangun di pagi hari lantaran tidak mendapat waktu tidur cukup.

Selain itu, kesulitan bangun di pagi hari juga bisa disebabkan oleh faktor tidur tidak nyenyak. Dengan demikian, para orang tua perlu memastikan anak-anaknya tidur secara tepat waktu di malam hari. Hal ini ditujukan agar mereka bisa bangun sesuai waktu yang ditentukan di pagi hari. Oke?

2. Mengajarkan Anak tentang Arti Konsekuensi dan Rasa Tanggung Jawab

Sebagai orang tua, kamu perlu memberi penjelasan tentang arti tanggung jawab kepada anak. Ajari mereka bagaimana cara menjadi orang yang berkomitmen terhadap tanggung jawab sejak dini. Pasalnya, anak akan lebih mudah diarahkan ketika mereka masih kecil dibanding ketika sudah menginjak usia remaja.

Orang tua sebaiknya tak ragu memberi penjelasan selengkap-lengkapnya tentang tentang pola tidur kepada anak. Ajak anak untuk memahami kaitan antara tidur larut malam dengan bangun di pagi hari. Jelaskan juga soal konsekuensi bangun siang kepada mereka, seperti terlambat ke sekolah atau mendapat hukuman dari guru. Usai menjelaskan semuanya, kamu bisa memberi kesempatan kepada anak untuk berlatih bangun sendiri.

3. Membangunkan Si Kecil dengan Cara Lembut

Cobalah untuk selalu membangunkan anak dengan cara lembut agar mereka tidak terkejut. Contohnya seperti memanggil anak dengan suara halus serta mengusap kepala atau bagian tubuhnya secara lembut. Meski trik ini tak selalu mendapat hasil memuaskan, kamu patut bersabar untuk anak.

Goncangkanlah tubuh anak dengan pelan tanpa harus berteriak atau marah. Mereka tentu tidak suka dibangunkan dengan cara kasar atau bentakan di pagi hari. Sadar atau tidak sadar, sikap kasar akan membentuk pola pikir anak bahwa bangun pagi adalah momen “berperang” dengan orangtua. Mereka pun akan malas beranjak dari tempat tidur. Jadi, upayakan selalu cara lembut ya.

4. Menggunakan Beker

Jika tidak ingin bersusah payah membangunkan si kecil secara langsung, kamu bisa menaruh beker di dekat mereka. Pasanglah beker bersama anak, lalu jelaskan bahwa bunyi beker di pagi hari menandakan waktu bangun telah datang. Dengan begitu, anak-anak akan belajar untuk mandiri.

5. Memastikan Anak Tidur Secara Nyenyak

Dengan mendapat waktu tidur cukup, anak berkesempatan tidur lebih nyenyak serta dapat dibangunkan secara mudah di pagi hari. Salah satu penyebab anak sulit bangun di pagi hari adalah tidak nyenyak tidur serta tidak mendapat tidur cukup. Oleh sebab itu, ajak anak untuk tidur tepat waktu di malam hari agar mereka sanggup bangun pagi dengan lebih mudah.

Demikian 5 cara untuk membangunkan anak lebih mudah di pagi hari tanpa marah. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang sering kesulitan membangunkan anak di pagi hari. Selamat mencoba cara-cara di atas ya!

Source

Feature Image - thepragmaticparent.com