Jangan Disepelekan. Kenali Sejumlah Gejala Tipes dan Segera Obati!

Jangan Disepelekan. Kenali Sejumlah Gejala Tipes dan Segera Obati!

font size A Ǎ

Memasuki musim peralihan – atau kerap disebut pancaroba – berbagai macam penyakit, salah satunya gejala tipes pun mulai mengancam. Gejala tipes merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri Salmonella Typhi. Gejala tipes – memiliki kaitan erat dengan faktor kebersihan lingkungan dan sanitasi.

Penyakit satu ini memang kerap kali terjadi, meski demikian gejala tipes termasuk sulit dideteksi secara dini. Pasalnya, gejala tipes terjadi secara bertahap dalam waktu 8-14 hari setelah terinfeksi bakteri Salmonella Thypi.

Lalu, apa saja indikasi dari gejala tipes yang mesti diperhatikan dan diwaspadai?

 

 

 

Gejala Tipes yang Perlu Kamu Kenali

Jangan Disepelekan. Kenali Sejumlah Gejala Tipes dan Segera Obati!

Jangan Disepelekan. Kenali Sejumlah Gejala Tipes dan Segera Obati! / Credit: vicks.com

Mengenai indikasi gejala tipes, ada berbagai gejala yang mesti kamu perhatikan, di antaranya:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada sendi
  • Sakit tenggorokan
  • Sembelit
  • Napsu makan menurun
  • Nyeri perut
  • Perut terasa kemung
  • Mual dan muntah
  • Lemas dan lelah
  • Batuk

Ketika kamu atau anggota keluarga ada yang merasakan deretan gejala tersebut – ada baiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Lalu, pasien gejala tipes juga perlu mengimbangi pengobatan dokter dengan istirahat total dan tidak beraktivitas dahulu.

Yang perlu diketahui – pasien gejala tipes perlu menerapkan pola makan yang tepat selama masa penyembuhan, yaitu:

  • Menghindari makanan berserat tinggi, susu dan produk olahannya, daging berserat kasar, makanan berlemak, makanan yang terlalu manis atau asam, serta olahan makanan berbumbu tajam.
  • Dianjurkan, mengonsumsi makanan bersifat lunak dan pastikan menu masakan tidak disajikan terlalu panas atau dingin – hal ini bertujuan agar pencernaan tidak terasa sakit.
  • Makan lebih sering dalam porsi lebih kecil.

 

 

 

Cara Tepat Cegah Gejala Tipes

Jangan Disepelekan. Kenali Sejumlah Gejala Tipes dan Segera Obati!

Jangan Disepelekan. Kenali Sejumlah Gejala Tipes dan Segera Obati! / Credit: wartaekonomi.co.id

Kamu pasti setuju bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati – ungkapan ini juga berlaku bagi penyakit tipes yang kerap mengintai selama musim pancaroba. Kamu disarankan melakukan langkah pencegahan, seperti:

Cuci Tangan

Selalu cuci tangan terlebih dahulu, terutama sebelum menyiapkan dan menyantap makanan, sesudah makan, serta setelah menggunakan kamar mandi. Gunakan air mengalir dan sabun – untuk bersihkan tangan secara maksimal.

 

Konsumsi Air Matang

Gejala tipes memiliki kaitan erat dengan masalah pencernaan, untuk itu kamu perlu memastikan bahwa air yang dikonsumsi sudah matang. Selain itu, minum air dari wadah yang sudah dicuci bersih.

Jika kamu ingin minum dengan es batu – pastikan es batu tersebut dibuat dari air matang ya.

 

Jangan Disepelekan. Kenali Sejumlah Gejala Tipes dan Segera Obati!

Jangan Disepelekan. Kenali Sejumlah Gejala Tipes dan Segera Obati! / Credit: newsroom.unsw.edu.au

Kebersihan Makanan

Soal higienitas makanan – juga tak boleh dilewatkan. Hindari konsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya. Misalnya, kurangi membeli makanan di pinggir jalan – yang lebih rentan terpapar bakteri dan kuman.

Lalu, pastikan juga makanan yang kamu konsumsi sudah dimasak dengan baik. Jika harus mengonsumsi hidangan mental, seperti sayur dan buah, cuci terlebih dahulu ya hingga bersih.

 

Kebersihan Lingkungan

Menjaga lingkungan tetap bersih juga dapat mencegah gejala tipes, lho. Jadi, selalu bersihkan rumah, termasuk benda-benda yang ada di sekeliling kamu secara rutin. Pasalnya, benda di sekitarmu tidak menutup kemungkinan sudah terkontaminasi bakteri, termasuk yang menyebabkan tipes.

 

Vaksinasi

Yang terakhir, gejala tipes bisa dicegah dengan mendapat vaksinasi. Pemberian vaksin tifoid – dapat diulang setidaknya 3 tahun sekali.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? sudah cukup jelas ya mengenai indikasi gejala tipes dan bagaimana cara mencegahnya. Ingat, jaga selalu kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!