Sejak pandemi berlangsung, anak-anak mesti melakukan belajar online di rumah. Kondisi ini, tentu sering membuat para orangtua kewalahan. Mulai dari masalah sulit berkonsentrasi.

Mau tidak mau, orangtua mesti memutar otak untuk mencari cara agar si kecil tetap semangat belajar dan fokus ketika belajar online. Dari sekian banyaknya cara – apakah kamu sudah mencoba menerapkan mindfulness pada anak?

Metode mindfulness – ternyata dapat membantu anak lebih bebas stres dan kembali fokus selama proses pembelajaran, lho. Tapi, bagaimana cara menerapkan metode yang satu ini?

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

Serba-Serbi Metode Mindfulness

Dapat Bantu Anak Fokus dan Semangat Belajar

Mindfulness: Metode Jitu Untuk Buat Anak Makin Fokus dan Semangat Belajar / Credit: atlantaparent.com

Apa Itu Mindfulness?

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai tips menerapkan mindfulness – kamu perlu mengetahui terlebih dahulu metode ini. Mindfulness merupakan kesadaran penuh ketika tubuh melakukan sesuatu – ini dapat mengajarkan seseorang untuk berhenti sejenak dan fokus terhadap hal yang ada dihadapanmu.

Anak-anak perlu tetap fokus dan semangat belajar, terlebih selama sekolah online. Untuk itu, mindfulness dianggap cukup efektif untuk meningkatkan konsentrasi, sekaligus mengembalikan semangat belajar si kecil.

 

Bagaimana Cara Ajak Anak Menerapkan Mindfulness?

Di era serba teknologi – membuat anak lebih mudah fokus terhadap gadget dibanding pada pembelajaran yang diberikan. Untuk mengembalikan fokus dan semangat belajarnya, metode mindfulness bisa diterapkan sejak dini, lho.

Mudahnya – kamu bisa meminta anak untuk duduk diam dan praktik bernapas bersama. Biar lebih seru, minta ia berbaring di atas karpet dan taruh boneka ringan di atas perutnya. Kemudian, ajak anak untuk mengamati boneka tersebut.  Saat anak bernapas, boneka pasti ikut naik, sementara ketika anak membuang napas – boneka ikut turun.

Secara tidak langsung, cara tersebut bisa membuat anak lebih fokus terhadap suatu hal dan menjadikannya lebih rileks.

 

 

Mindfulness: Metode Jitu Untuk Buat Anak Makin Fokus dan Semangat Belajar / Credit: activekids.com

Menerapkan Mindfulness Selama Pandemi, Apa yang Bisa Dilakukan?

Selama pandemi, anak mesti belajar sendiri di rumah. Untuk itu, metode mindfulness cocok diterapkan di masa ini, lho. Kembalikan fokus anak – terlebih sebelum ia memulai belajar online dengan meminta ia menyiapkan segala perlengkapan belajarnya. Kemudian, ajak si kecil berlatih napas agar lebih rileks.

Pastikan anak tetap fokus dan tetap semangat belajar ya. Jika ia mulai kehilangan konsentrasi, kamu bisa mengajaknya untuk melakukan cara di atas, yaitu berlatih bernapas.

 

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak,

Juga Penting Dalam Tingkatkan Semangat Belajar

Mindfulness: Metode Jitu Untuk Buat Anak Makin Fokus dan Semangat Belajar / Credit: childrens.com

Dalam menerapkan metode mindfulness – ada hal yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Hal ini dapat membuat semangat belajarnya meningkat, sehingga ia pun lebih produktif. Hal ini tentu berkaitan dengan peran nutrisi yang dapat membantu fungsi otak anak serta meningkatkan konsentrasi!

Kamu disarankan memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan:

  • Menyajikan makanan bergizi seimbang – yang kaya akan sejumlah vitamin serta mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3 dan omega 6.
  • Berikan anak camilan yang sehat, seperti buah dan camilan rendah kalori
  • Perhatikan asupan cairan anak, jangan sampai ia mengalami dehidrasi
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan perkembangannya

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup - yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Mudahnya – dengan rutin memberi anak Enervon-C Plus Sirup tumbuh kembangnya dapat berjalan secara optimal. Tentu hal ini turut memengaruhi produktivitas anak dalam menjalani kegiatannya, kan?

 

 

 

Apakah kamu tertarik untuk menerapkan metode mindfulness untuk bantu tingkatkan konsentrasi belajar anak? Ingat, agar optimal – imbangi dengan deretan hal positif lainnya ya, sehingga si kecil makin semangat, meski belajar di rumah saja!

 

Featured Image - verywellfamily.com