Anak Cenderung Rentan Terserang Penyakit, Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatannya

Anak Cenderung Rentan Terserang Penyakit, Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatannya

font size A Ǎ

Di masa pandemi – setiap orang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, agar sistem imunitas tetap optimal dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Anjuran ini juga berlaku bagi anak- anak, mengingat imunitas tubuhnya yang cenderung masih lemah.

Berdasarkan jurnal dalam US National Library of Medicine – anak-anak yang berusia di bawah dua tahun memiliki risiko mengalami enam infeksi setiap tahun, orang dewasa 2-3 infeksi, dan lanjut usia sekitar satu per tahun.

Dengan demikian, orangtua mesti memastikan bahwa keluarga dapat membiasakan diri untuk hidup lebih sehat. Sudah pasti, kamu tidak ingin ada anggota keluarga, termasuk anak-anak yang jatuh sakit kan?

Agar lebih mudah, setidaknya ada enam tips yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membantu kesehatan si kecil agar ia tidak mudah jatuh sakit. Apa saja?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

6 Tips Jaga Kesehatan Anak

Bantu Tetap Sehat Selama Pandemi

Anak Cenderung Rentan Terserang Penyakit, Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatannya

Anak Cenderung Rentan Terserang Penyakit, Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatannya / Credit: todaysparent.com

Beraktivitas Fisik

Yang pertama, biasakan untuk mengajak anak melakukan aktivitas fisik secara rutin. Kurangnya olahraga – merupakan salah satu penyebab utama obesitas dan penyakit terhadap anak-anak.

Kamu bisa ajak anak olahraga di luar rumah, ketika cuaca sedang cerah. Atau, dilakukan di dalam rumah juga tidak masalah kok!

 

Cuci Tangan

Rutin cuci tangan dengan bersih – juga jadi cara efektif untuk menjaga kesehatan si kecil. Mengingat, anak kerap menyentuh mulut dan wajah, sehingga mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun merupakan hal penting.

Mengajari anak rutin cuci tangan dapat membantu anak menjaga kesehatannya dengan baik.

 

Anak Cenderung Rentan Terserang Penyakit, Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatannya

Anak Cenderung Rentan Terserang Penyakit, Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatannya / Credit: solsociety.swiss

Tidur yang Cukup

Selanjutnya, kamu mesti memastikan anak mendapat waktu istirahat yang cukup. Hal ini juga termasuk salah satu kunci utama untuk memelihara sistem imunitas tubuh, lho.

Idealnya, anak-anak memerlukan antara 9-14 jam waktu tidur dalam sehari – tetapi ini bisa disesuaikan dengan usia anak, ya. Hindari anak kurang tidur – karena justru dapat melemahkan kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko sakit pada anak.

 

Hindari Anak Dari Stres

Cara satu ini juga penting – hindari anak dari stres. Pasalnya, hormon stres yang meningkat dapat menyebabkan melemahnya imunitas tubuh.

Berikan anak-anak waktu istirahat dan membiarkannya melakukan kegiatan atau permainan yang disukai. Hal tersebut dapat membantu menurunkan kadar stres, sehingga si kecil pun terhindar dari risiko berbagai macam penyakit.

 

Anak Cenderung Rentan Terserang Penyakit, Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatannya

Anak Cenderung Rentan Terserang Penyakit, Ketahui 5 Cara Menjaga Kesehatannya / Credit: kompas.com

Makanan Sehat

Yang satu ini tak boleh dilupakan – menyediakan makanan sehat dan kaya nutrisi, seperti buah dan sayur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Berikan anak makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, karbohidrat, protein, dan serat – yang dapat bantu penuhi nutrisi hariannya. Lalu, hindari memberi anak makanan yang tinggi gula, pengawet, dan lemak ya!

 

Beri Multivitamin

Ingin lebih optimal? Pastikan kamu memberikan multivitamin tambahan untuk si kecil. Disarankan memberikan multivitamin dalam bentuk sirup, yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup anak.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Dari penjelasan di atas, cukup jelas ya berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak. Selalu penuhi kebutuhan nutrisi dan terapkan pola hidup yang sehat – sehingga imunitas pun terjaga. Ingat, imunitas yang kuat merupakan kunci utama di masa pandemi.

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - parenting.orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!