Life Hacks: Masakanmu Terlalu Asin? Tak Usah Panik, Segera Lakukan Hal Ini

Life Hacks: Masakanmu Terlalu Asin? Tak Usah Panik, Segera Lakukan Hal Ini

TAGS : weekend masakan
font size A Ǎ

Garam merupakan bumbu dapur yang pasti selalu digunakan di setiap masakan. Bagaimana tidak? Bumbu dapur yang satu ini – dapat membuat masakan terasa lebih gurih, sekaligus memperkuat cita rasa masakan tersebut.

Tapi, menggunakan garam tak boleh asal, lho! Karena pengaruhnya yang kuat, kamu mesti memiliki takaran garam pada setiap masakan. Kalau tidak, makanan justru terasa hambar, atau bahkan keasinan. Jika kurang asin – kamu masih bisa mengakalinya dengan menambahkan kembali garam. Lalu, bagaimana kalau keasinan?

Tenang, jangan khawatir dan panik dahulu. Ternyata, ada beberapa trik yang bisa kamu coba lakukan untuk mengoreksi rasa asin pada masakan. Untuk detail lebih lanjut – simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

5 Tips Ampuh

Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin

Life Hacks: Masakanmu Terlalu Asin? Tak Usah Panik, Segera Lakukan Hal Ini

Life Hacks: Masakanmu Terlalu Asin? Tak Usah Panik, Segera Lakukan Hal Ini / Credit: vnifood.com

Tambahkan Air

Dalam hal ini – kamu bisa menambahkan air pada masakan yang berkuah ya. Cukup tambahkan sedikit air atau kaldu tanpa garam ke dalam masakan kamu. Trik ini dapat membantu mengurangi rasa asin yang berlebih, lho.

Yang perlu diketahui, jangan sampai masakan kamu mendidih ya. Karena, rasa asinnya justu dapat kembali terasa.

 

Tambahkan Krim

Kalau trik yang satu ini, bisa kamu terapkan pada masakan bertekstur kental. Kamu dapat menambahkan bahan makanan berbasis krim, seperti susu dan yogurt – yang dapat menteralkan rasa asin pada masakan.

Selain itu, sour cream, plain yogurt, dan keju bersodium rendah – juga bisa jadi pilihan tepat untuk mengurangi rasa asin dari pemakaian garam berlebih, lho!

 

Life Hacks: Masakanmu Terlalu Asin? Tak Usah Panik, Segera Lakukan Hal Ini

Life Hacks: Masakanmu Terlalu Asin? Tak Usah Panik, Segera Lakukan Hal Ini / Credit: thekitchn.com

Tambahkan Beragam Bahan

Tahukah kamu bahwa menambahkan bahan makanan lain, seperti potongan kentang dan wortel – dapat membantu mengurangi rasa asin pada masakan? Ya, ini karena jenis makanan tersebut dapat menyerap kandungan garam berlebih pada masakan kamu.

Atau, kamu juga dapat menambahkan bahan makanan lain sebagai pendamping – seperti potongan alpukat untuk isian taco yang terlalu asin. Atau, nasi sebagai pendamping masakan.

 

Tambahkan Gula

Rasa manis pada gula dapat bantu menyeimbangkan rasa asin pada masakan kamu, nih. Tinggal tambahkan sedikit gula atau bahan manis lainnya, seperti madu pada masakan kamu. Atau, kalau ingin rasa yang lebih netral – bisa gunakan brown sugar ya.

 

Life Hacks: Masakanmu Terlalu Asin? Tak Usah Panik, Segera Lakukan Hal Ini

Life Hacks: Masakanmu Terlalu Asin? Tak Usah Panik, Segera Lakukan Hal Ini / Credit: food-hacks.wonderhowto.com

Tambahkan Rasa Asam

Eits.. rasa asam juga bisa bantu atasi masakan kamu yang keasinan, lho. Air jeruk lemon, air jeruk nipis, atau air cuka – dapat mengoreksi rasa asin akibat menaruh terlalu banyak garam. Tapi, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakannya ya. Pasalnya, rasa asam juga merupakan cita rasa yang bisa mendominasi masakan.

 

 

 

Jadi, kini kamu tak perlu lagi khawatir ya kalau masakan kamu keasinan – tinggal terapkan salah satu cara di atas dan voila! Masalah keasinan pun bisa segera di atasi. Selamat mencobanya!

 

Featured Image - esmmweighless.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!