Menjaga daya tahan tubuh untuk tetap prima selama beraktivitas harus dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan karbohidrat dan protein saja tidak cukup, suplemen yang kaya akan vitamin dan mineral seperti suplemen vitamin C pun menjadi salah satu kunci agar tubuh tetap sehat.

Credit: Alodokter

Seperti diketahui, sistem daya tahan manusia memiliki kemampuan untuk terus beregenerasi dan menyempurnakan diri. Seperti sistem sel, sistem imun yang telah tua akan mati dan berganti dengan yang baru dengan generasi yang lebih kuat. Kondisi daya tahan tubuh sendiri dipengaruhi tiga faktor utama diantaranya kualitas gen, usia dan juga jenis kelamin. Sistem pertahanan tubuh mencapai kualitas terbaiknya pada usia produktif, sementara pada usia senja akan mengalami  penurunan dan penuaan.

Selain menjaga pola makan dan memiliki gaya hidup sehat, mengonsumsi banyak air mineral juga menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Minum banyak air mineral dapat membantu meningkatkan sel dan sistem imun tubuh dari serangan penyakit.

Credit: Cosmopolitan

Namun saat ini, masih banyak orang yang secara umum mengalami dehidrasi dan perlu minum jauh lebih banyak. Orang dewasa wajib mengonsumsi 8 gelas air mineral setiap hari. Dan bagi kamu yang tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia, wajib minum 12 gelas per hari. Karena secara tidak sadar orang yang tinggal di daerah tropis akan lebih sering terkena panas dan berkeringat, sehingga minum 12 gelas per hari dapat membantu agar tubuh tetap terhidrasi dan menjaga daya tahan tubuh.

Jika tubuh tidak mendapatkan cukup asupan cairan per hari, maka kamu akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi memiliki efek besar dalam mengganggu sistem daya tahan tubuh dan mampu menyebabkan flu, lemas, dan kurang fokus akan aktivitas yang dilakukan. Mengonsumsi air juga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan karena 70 persen komposisi tubuh manusia terdiri dari air.

Credit: Suara

Selain itu, ada baiknya kamu perlu menghindari minum kopi atau alkohol. Meskipun kafein yang terkandung dalam kopi mempunyai banyak manfaat, ternyata minuman ini tidak baik untuk sistem kekebalan tubuh. Kopi dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah, meningkatkan kolesterol dan menekan sistem kekebalan tubuh. Sementara, alkohol juga membawa efek buruk karena dapat mempengaruhi pertahanan tubuh 20 menit setelah diminum.

 

Featured Image - Kompas Lifestyle