Zinc Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Peroleh Dari 5 Sumber Terbaiknya

Zinc Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Peroleh Dari 5 Sumber Terbaiknya

font size A Ǎ

Virus corona – menjadi momok yang mengkhawatirkan berbagai lapisan masyarakat. Tak heran, jika kini sebagian besar orang semakin gencar dalam menjaga kesehatan, dengan tujuan agar kekebalan tubuh tetap optimal. Kamu pun pasti mengetahui, bahwa virus lebih mudah menyerang individu dengan imunitas tubuh yang lemah.

Agar memiliki kekebalan tubuh optimal – bisa didapatkan dengan menjalani pola hidup sehat, diimbangi memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Untuk vitamin – rutin mengonsumsi vitamin C dan vitamin B kompleks, baik dalam bentuk makanan maupun suplemen sangat dianjurkan. Kedua kandungan tersebut bisa memelihara kekebalan tubuh.

Lalu, yang tidak boleh dilupakan yaitu mineral – terlebih zinc, yang turut berkontribusi dalam meningkatkan imunitas tubuh.

 

 

 

Peran Zinc Dalam Menjaga Kekebalan Tubuh

Zinc Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Peroleh Dari 5 Sumber Terbaiknya

Zinc Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Peroleh Dari 5 Sumber Terbaiknya / Credit: changeyourenergy.com

European Journal of Immunology menyebutkan bahwa tubuh manusia membutuhkan zinc untuk mengaktifkan sel T, yang merupakan kelompok sel darah putih dan memiliki peran penting pada imunitas tubuh.

Sel T dapat membantu tubuh dengan mengendalikan dan mengatur respon imun dan menyerang sel yang terinfeksi dan kanker. Selain itu, sel T akan melakukan regenerasi untuk meningkatkan kekebalan, setiap kali terpapar oleh zat asing atau patogen berbahaya.

Berdasarkan penelitian yang tertulis dalam American Journal of Clinical Nutrition, seseorang yang kekurangan zinc berisiko lebih rentan terhadap patogen.

 

 

 

5 Sumber Terbaik Zinc

Zinc Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Peroleh Dari 5 Sumber Terbaiknya

Zinc Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Peroleh Dari 5 Sumber Terbaiknya / Credit: saga.co.uk

Setelah mengetahui peran zinc dalam menjaga kekebalan tubuh – kamu perlu memenuhi asupan hariannya, yang bisa diperoleh dari kelima sumber terbaik zinc, yaitu:

Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang, seperti kacang tanah, kacang mete, dan almond – bisa memberi asupan zinc untuk tubuh. Makanan ini bisa dijadikan sebagai camilan di antara jam makan besar kamu ya.

 

Kerang

Seafood, terutama kerang ternyata merupakan sumber zinc yang cukup tinggi. Dilansir dari CNN Indonesia, sekitar 84 gram kerang mengandung lebih dari 600 persen kebutuhan harian zinc.

Tapi tidak hanya kerang, seafood jenis hewan bercangkang, seperti udang juga memiliki kandungan zinc yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

Daging Merah

Daging merah juga menjadi salah satu sumber zinc terbaik – ini termasuk daging sapi hingga domba ya. Agar manfaatnya semakin optimal, sebaiknya kamu konsumsi daging segar dan hindari daging olahan.

 

Daging Ayam

Sejumlah produk ungags, termasuk daging ayam juga memiliki kandungan zinc yang cukup tinggi. Dalam 128 gram daging ayam tanpa kulit – terdapat 2,13 mg zinc atau 19 persen dari kebutuhan zinc harian tubuhmu.

Selain daging ayam, telur pun bisa dijadikan sebagai salah satu sumber zinc yang bisa dikonsumsi ya.

 

Jamur

Bagi kamu yang tidak mengonsumsi daging dan produk olahannya – bisa konsumsi jamur sebagai sumber zinc. Konsumsi jamur dapat memberi asupan riboflavin sebagai sumber antioksidan – yang juga baik menjaga daya tahan tubuh.

 

 

 

Sumber Zinc Terbaik Lainnya

Zinc Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Peroleh Dari 5 Sumber Terbaiknya

Credit: badgut.org

Meski zinc bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi kelima sumber makanan di atas, agar lebih mudah – kamu kamu dapat memenuhi kebutuhan zinc dengan minum multivitamin, seperti Enervon Active setiap hari.

Enervon Active mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, yaitu non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Dari sejumlah vitamin dan mineral tersebut, bisa membantu tubuh memperoleh daya tahan tubuh yang baik, sekaligus mengoptimalkan proses metabolisme. Dalam hal metabolisme – ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi sumber energi tubuh.

 

Selama pandemi, menjaga daya tahan tubuh tetap optimal wajib dilakukan. Untuk itu, disarankan rutin mengonsumsi zinc, sekaligus menerapkan pola hidup sehat yang lainnya ya! Ingat, imunitas yang kuat adalah kunci utamanya.

 

Featured Image - news-medical.net

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!