4 Penyakit yang Rentan Menyerang Di Musim Pancaroba. Wajib Diwaspadai

4 Penyakit yang Rentan Menyerang Di Musim Pancaroba. Wajib Diwaspadai

font size A Ǎ

Memasuki musim pancaroba – Indonesia kerap mengalami situasi cuaca yang tak menentu. Meski demikian, curah hujan, justru lebih tinggi di musim ini dibanding bulan-bulan sebelumnya. Sebenarnya, hal ini merupakan hal yang wajar, tetapi yang membedakan – di tahun ini masyarakat mesti menghadapi musim pancaroba di tengah pandemi.

Hati-hati, selama musim pancaroba imunitas tubuh bisa melemah – hal ini dapat membuatmu lebih rentan terpapar berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19.

Untuk itu, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat penting dilakukan. Misalnya, dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur – terlebih, yang kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Kombinasi keduanya dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh. Tapi ingat – agar hasilnya optimal, kamu mesti memenuhi kebutuhan kedua vitamin tersebut tiap hari ya.

Menerapkan sejumlah langkah yang dapat memelihara daya tahan tubuh, memang dapat menghindarimu dari berbagai macam penyakit. Lebih spesifik – setidaknya ada empat macam penyakit yang kerap mengintai di musim pancaroba, lho. Wajib kamu ketahui!

Apa saja penyakit tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Penyakit

Kerap Menyerang Di Musim Pancaroba

4 Penyakit yang Rentan Menyerang Di Musim Pancaroba. Wajib Diwaspadai

4 Penyakit yang Rentan Menyerang Di Musim Pancaroba. Wajib Diwaspadai / Credit: australiascience.tv

Influenza

Kamu pasti sudah tahu ya, kalau influenza memang sering menyerang di kala musim pancaroba. Peralihan musim dan cuaca yang tak menentu – menjadikan banyak orang yang rentan terinfeksi virus influenza.

Influenza menyerang bagian saluran pernapasan, terutama hidung dan tenggorokan – penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak dan lansia. Influenza – dapat sembuh sendiri, tapi hindari membiarkannya terlalu lama, karena bisa menjadi infeksi saluran pernapasan.

 

Masalah Pencernaan

Gangguan pencernaan – juga kerap dialami selama musim pancaroba, salah satunya adalah diare. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tetapi paling sering dipengaruhi oleh kondisi kebersihan lingkungan, terlebih soal air.

Kondisi air yang buruk membuat seseorang lebih rentan terhadap diare – ini tak boleh disepelekan, karena diare bisa menyebabkan dehidrasi berat.

 

4 Penyakit yang Rentan Menyerang Di Musim Pancaroba. Wajib Diwaspadai

4 Penyakit yang Rentan Menyerang Di Musim Pancaroba. Wajib Diwaspadai / Credit: paceyemd.com

Sakit Mata

Ternyata, sakit mata juga sering terjadi di masa musim pancaroba. Hal ini disebabkan oleh bakteri dari lingkungan luar maupun orang terdekat – serta bisa menyebabkan mata menjadi merah, gatal, berair, dan bisa mengganggu penglihatan.

Penularan sakit mata juga termasuk tinggi, terutama melalui kontak langsung dari tangan yang tidak bersih.

 

Demam Berdarah

Penyakit satu ini – mesti diperhatikan secara khusus. DBD sering muncul selama musim pancaroba – penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus.

Demam tinggi secara tiba-tiba, lemas, mual, muntah, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, serta mudah memar – merupakan deretan gejala demam berdarah yang mesti diperhatikan.

Deretan penyakit tersebut memang terdengar mengkhawatirkan – tetapi, kamu bisa mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Seperti apa hal tersebut?

 

 

 

Pola Hidup Sehat dan Bersih

Penting Diterapkan Selama Musim Pancaroba

4 Penyakit yang Rentan Menyerang Di Musim Pancaroba. Wajib Diwaspadai

4 Penyakit yang Rentan Menyerang Di Musim Pancaroba. Wajib Diwaspadai  / Credit: ilovelife.co.id

Mudahnya – pola hidup sehat dan bersih tersebut bisa menjaga kesehatan kamu, termasuk memelihara sistem kekebalan tubuh. Pola hidup sehat dan bersih dapat diterapkan dengan menerapkan sejumlah hal berikut:

  • Pastikan makanan yang kamu konsumsi bersih dan sehat. Kalau bisa, masak di rumah. Tetapi jika terpaksa membeli, pastikan restoran yang kamu pilih sudah terjamin kebersihannya.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.
  • Lakukan olahraga secara rutin. Kamu bisa lakukan olahraga indoor, atau outdoor. Tapi, pastikan cuacanya mendukung, ya.
  • Istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur 7-8 jam dalam semalam.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin setiap hari.

Kebutuhan vitamin – dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan, termasuk buah dan sayur yang sudah disebutkan di atas. Diutamakan, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, ya. Karena, vitamin C kaya antioksidan yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Mudahnya – kamu bisa penuhi kebutuhan vitamin C dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari. Kombinasi kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dapat bantu jaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C 1000 mg – dapat bantu jaga daya tahan tubuh kamu tetap optimal, sekaligus memberi rasa segar, lho!

 

 

 

Selama musim pancaroba, menjaga kesehatan penting dilakukan – terapkan selalu pola hidup sehat dan bersih agar kamu dan keluarga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

 

Featured Image - blog.houseofdiagnostics.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!