Sering Boros Habis Gajian? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya

Sering Boros Habis Gajian? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya

font size A Ǎ

Siapa di sini yang sering merasa sulit untuk mengatur keuangan – terlebih soal gaji bulanan? Sepertinya, masalah ini kerap dialami oleh banyak pekerja ya. Banyak masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Bahkan, tak jarang lho sebagian orang yang sudah kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Apakah kamu mengalami hal serupa?

Hal ini kerap kali terjadi, utamanya karena kamu belum bisa mengelola dan mengatur keuangan dengan baik! Wah, masalah ini mesti segera diatasi. Pasalnya, kalau tidak kamu akan kesulitan di masa mendatang.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Setidaknya, ada tujuh tips mengatur keuangan, terutama gaji bulanan agar bisa digunakan lebih bijak. Penasaran apa saja tips tersebut? Simak ulasannya berikut ini ya.

 

 

 

7 Tips Bijak

Mengatur Keuangan Setelah Gajian

Sering Boros Habis Gajian? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya

Sering Boros Habis Gajian? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya / Credit: taxslayer.com

Anggaran Bulanan

Yang pertama, kamu mesti merencanakan anggaran bulanan. Buatlah daftar pengeluaran bulanan menjadi dua bagian, yaitu untuk kebutuhan primer – makan, ongkos, tagihan listrik, dan cicilan yang perlu dibayar. Dan, kebutuhan tersier – kebutuhan shopping dan lain sebagainya.

 

Bayar Tagihan

Membayar seluruh tagihan penting – merupakan hal pertama yang wajib kamu lakukan setelah menerima gaji bulanan, sehingga kebutuhan sehari-harimu tidak terganggu nantinya.

Dengan membayarkan cicilan dan tagihan terlebih dahulu pun dapat membuatmu lebih tenang, serta memudahkanmu mengatur budget bulanan untuk berbagai hal lainnya.

 

Sering Boros Habis Gajian? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya

Sering Boros Habis Gajian? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya / Credit: beautynesia.id

Menabung

Yang ini tak boleh dilewatkan! Kamu mesti menyisihkan uang gaji bulanan untuk tabungan ya. Cobalah menyisihkan uang untuk tabungan sebelum kamu menggunakannya. Cara ini penting untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting.

 

Laporan Keuangan

Setiap setelah berbelanja, selalu simpan struk belanjaan dan catat semua pengeluaran harian kamu. Ini bisa membantumu mengetahui untuk apa uang tersebut digunakan, serta kamu bisa menganalisa barang apa saja yang sebenarnya tak terlalu penting dibeli di bulan mendatang.

 

Sering Boros Habis Gajian? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya

Sering Boros Habis Gajian? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya / Credit: industrywired.com

Dua Atau Lebih Rekening Bank

Biar lebih mudah – kamu bisa membuka dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk menerima gaji. Kemudian, rekening bank lainnya digunakan khusus untuk menabung.

Lalu, buatlah jumlah minimal berapa nominal uang yang mesti kamu tabung setiap bulannya. Dan, lakukan hal tersebut seperti kewajiban yang harus kamu penuhi setiap bulannya.

 

Investasi

Setelah menyisihkan dana untuk tabungan dan keperluan sehari-hari – jika kamu masih memiliki uang lebih, sebaiknya gunakan untuk berinvestasi. Ini bisa berupa asuransi, reksa dana, maupun membeli emas dengan nilai jual tinggi.

Cara ini membuat uang kamu tak hanya ‘diam di tempat’ saja, tetapi bisa menguntungkan di masa mendatang, lho.

 

Buat Perbandingan

Yang terakhir – buatlah perbandingan antara pengeluaran dan anggaran. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah pengeluaran sudah sesuai dengan anggaran, atau justru malah over budget.

Jika pengeluaran masih melebihi anggaran – coba revisi kembali anggaran yang sudah kamu buat ya. Bandingkan dengan catatan pengeluaran kamu, sehingga kamu bisa mengetahui secara pasti berbagai kebutuhan yang memerlukan dana cukup besar.

 

 

 

Mulai sekarang, coba deh terapkan berbagai tips di atas dalam mengatur keuangan – ingat, kamu mesti bijak dalam menggunakan gaji bulananmu ya. Dengan lebih bijak dalam menggunakan uang yang kamu miliki – artinya, kamu sudah menghargai usaha dan kerja keras yang kamu dilakukan, lho!

 

Featured Image  - thebalance.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!