Ciri Demam, Batuk, dan Sesak Napas yang Dialami Oleh Pasien Covid-19

Ciri Demam, Batuk, dan Sesak Napas yang Dialami Oleh Pasien Covid-19

font size A Ǎ

Setiap pasien yang terinfeksi virus corona – memiliki kemungkinan mengalami gejala yang berbeda. Ada yang ringan, sedang, hingga parah. Tetapi, terlepas dari tingkat keparahan gejala yang dialami oleh pasien Covid-19, setidaknya ada tiga gejala umum yang kemungkinan dirasakan, yaitu:

  • Demam
  • Kelelahan
  • Batuk kering

Selain ketiga gejala tersebut – pasien Covid-19 juga kemungkinan mengalami sesak napas, nyeri, sakit tenggorokan, diare, mual, pilek, dan hilangnya kemampuan mencium serta merasakan sesuatu. Deretan gejala ini – bisa muncul dalam rentang waktu dua sampai 14 hari sejak pasien terinfeksi virus corona.

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang merasa bingung – apakah gejala yang dirasakan tersebut, benar akibat Covid-19, atau hanya sakit biasa. Untuk itu, mencermati sejumlah gejala dan membedakannya dengan penyebab lainnya – penting dilakukan.

Setidaknya, ada tiga gejala Covid-19, yaitu demam, batuk, dan sesak napas yang memiliki ciri-ciri tersendiri. Apa saja ciri-ciri tersebut?

 

 

 

Gejala Demam, Batuk, dan Sesak Napas

Pada Pasien Covid-19

Ciri Demam, Batuk, dan Sesak Napas yang Dialami Oleh Pasien Covid-19

Ciri Demam, Batuk, dan Sesak Napas yang Dialami Oleh Pasien Covid-19 / Credit: vivoo.io

Demam

Yang pertama, demam – kondisi ini kerap dirasakan sebagai indikasi awal tubuh sedang terserang virus, termasuk Covid-19. Perlu diketahui, seseorang dikatakan mengalami demam ketika ia memiliki suhu tubuh di 37,7 derajat celcius ke atas.

Agar lebih akurat, sebaiknya hindari berpaku pada hasil pengukuran suhu tubuh di pagi hari – melainkan, gunakan hasil pengukuran di petang atau malam hari.

 

Batuk

Ciri Demam, Batuk, dan Sesak Napas yang Dialami Oleh Pasien Covid-19

Ciri Demam, Batuk, dan Sesak Napas yang Dialami Oleh Pasien Covid-19 / Credit: klikdokter.com

Biasanya, batuk yang dialami oleh seseorang terinfeksi virus corona – tidak mirip dengan batuk pada umumnya. Kalau biasanya batuk menimbulkan rasa ‘geli’ pada tenggorokan, hingga membuat penderitanya ingin mengeluarkan dahak.

Berbeda dengan batuk gejala Covid-19 – yang berupa batuk kering dan terasa sampai dada. Batuknya terasa menyusahkan. Ini karena berawal dari sakit di tulang dada atau sternum. Selain itu, pasien Covid-19 juga bisa merasakan ada iritasi dan peradangan pada bagian saluran pernapasan bronkial.

 

Sesak Napas

Ciri Demam, Batuk, dan Sesak Napas yang Dialami Oleh Pasien Covid-19

Ciri Demam, Batuk, dan Sesak Napas yang Dialami Oleh Pasien Covid-19 / Credit: halodoc.com

Sesak napas, merupakan gejala parah dari Covid-19. Gejala ini bisa disertai atau tanpa batuk. Jika sudah merasa dada sesak dan sulit bernapas – segera cari pertolongan kesehatan untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Hal ini penting diperhatikan, terutama ketika sesak napas sudah disertai dengan nyeri di bagian dada, kebiruan pada wajah dan bibir, bingung, lesu, hingga tidak sadarkan diri.

 

 

 

Selama pandemi, cara terbaik untuk menghindari infeksi virus, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan – meliputi memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Terapkan pula pola hidup sehat – agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

 

Featured Image - infobanknews.com

Source - kompas.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!