5 Tips Jitu Rawat Tanaman Selama Musim Hujan

5 Tips Jitu Rawat Tanaman Selama Musim Hujan

font size A Ǎ

Selama pandemi, berbagai tren yang akhirnya menjadi hobi pun kian bermunculan. Salah satu yang digandrungi, yaitu menanam tanaman hias dan berkebun. Apakah kamu termasuk yang menggemari tren ini?

Merawat tanaman hias di rumah – bisa menjadi kegiatan yang menenangkan, mengingat bentuk dan warna tanaman yang indah bisa jadi ‘obat’ stres kala pandemi. Meski demikian, merawat tanaman hias tidak selalu mudah, lho. Apalagi, di musim hujan sekarang ini.

Cara merawat tanaman hias ketika musim hujan, tentu saja berbeda ketika hari sedang cerah. Minimnya cahaya matahari – merupakan salah satu tantangan yang mesti diatasi. Pasalnya, cahaya matahari merupakan salah satu energi bagi tanaman untuk tetap tumbuh subur.

Tetapi, kamu tak perlu khawatir – ada sejumlah tips jitu yang bisa membantu kamu merawat tanaman hias kala musim hujan. Apa saja tips tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

3 Tips Jitu

Rawat Tanaman Hias Saat Musim Hujan

5 Tips Jitu Rawat Tanaman Selama Musim Hujan

5 Tips Jitu Rawat Tanaman Selama Musim Hujan / Credit: piqsels.com

Air Hujan, Ternyata Baik Untuk Tanaman!

Air hujan memiliki kandungan yang berbeda, dibanding air pada umumnya. Air hujan – mengandung unsur kimia yang lebih ramah lingkungan, bahkan aman untuk tanaman hias yang kamu miliki.

Dilansir dari CNN Indonesia, air hujan memiliki kandungan oksigen lebih tinggi daripada air biasa – seperti air ledeng dan air dari jaringan pipa. Artinya, air hujan bisa membuat tanaman hias bernapas lebih baik.

Selain itu, tanaman yang sesekali diberi paparan air hujan – juga memiliki kemampuan menyerap karbondioksida yang lebih baik, sehingga proses fotosintesis bisa berlangsung secara maksimal. Jadi, tak masalah jika kamu membiarkan tanaman tersiram air hujan – asal tidak terlalu sering saja!

 

Tapi, Air Hujan Bisa Membuat Penyakit Tanaman Jadi Menular

Meski terbilang baik untuk pertumbuhan tanaman, tapi kamu mesti hati-hati nih. Pasalnya, air hujan bisa menjadi salah satu faktor dalam penyebaran penyakit di suatu ekosistem tanaman. Apa itu artinya?

Ketika hujan turun dan tetesan air memantul dari suatu tanaman ke tanaman lain, kemungkinan air hujan dapat membawa zat kimia yang bisa jadi ‘penyakit’ bagi tanaman lainnya. Jadi, kalau kamu ingin membiarkan tanamanmu terkena air hujan – pastikan lakukan secara bergantian ya, hindari menaruh seluruh tanaman sekaligus di bawah air hujan.

 

5 Tips Jitu Rawat Tanaman Selama Musim Hujan

5 Tips Jitu Rawat Tanaman Selama Musim Hujan / Credit: abc.net.au

Ingat, Suhu Dingin Juga Bisa Berbahaya Lho

Yang perlu kamu ingat – pertimbangkan kembali durasi tanaman kamu yang tersiram air hujan. Serupa dengan menyiram tanaman berlebihan, terkena air hujan dalam durasi lama – bisa menyebabkan akar tanaman membusuk dan tanaman pun mati.

Selain itu, hindari pula membiarkan tanaman hias terlalu lama di luar ketika hujan. Ini sama saja kamu membiarkan tanaman berada di suhu yang kurang baik. Jadi, perubahan cuaca, terlebih dalam durasi lama – dapat menyebabkan efek negatif pada tanaman.

 

 

 

Nah, apakah kamu sudah siap menerapkan ketiga poin di atas? Merawat tanaman hias selama musim hujan – memang terlihat sedikit tricky ya? Meski demikian, kamu tak perlu cemas, karena intinya air hujan baik untuk sebagian besar tanaman – asalkan kamu tidak membiarkannya terpapar hujan terlalu lama!

 

Featured Image - thespruce.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!