Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya

TAGS : Anak tips membaca
font size A Ǎ

Kamu pasti sudah tahu ungkapan ‘membaca adalah jendela dunia’. Dengan gemar membaca, kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang luas, bahkan melatih untuk berempati terhadap lingkungan sekitar. Tak hanya pada orang dewasa, hal ini juga berlaku bagi anak-anak, lho.

Untuk itu, para orangtua sangat dianjurkan mengenalkan buku pada anak sejak usia dini. Dengan begitu, ia pun lebih mudah untuk menumbuhkan minat gemar membacanya. Apakah kamu masih kesulitan dalam membiasakan anak membaca?

Tenang, setidaknya ada lima tips yang dapat bantu kamu untuk meningkatkan minat gemar membaca pada si kecil. Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Cara Meningkatkan

Minat Gemar Membaca Anak

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya / Credit: seuramoeaceh.com

Beri Contoh

Setiap anak pasti meniru apa yang dilakukan oleh orangtua. Oleh karena itu, beri ia contoh bahwa kamu pun gemar membaca. Dengan begitu, perlahan si kecil pun akan mengikuti kebiasaan tersebut. Tak perlu bacaan yang terlalu ‘berat’ ya, kamu bisa ajak si kecil untuk membaca buku dongeng bersama.

 

Kenalkan Berbagai Buku

Kalau anak sudah memiliki minat gemar membaca, kamu bisa mengenalkan lebih banyak jenis buku bacaan secara perlahan. Hal ini dapat membantu anak untuk memilih buku yang ia sukai.

 

Membaca Apa Yang Dilihat

Meningkatkan minat gemar membaca – bisa juga dilakukan dengan membuat anak membaca bagian penting dari kehidupan. Maksudnya – biarkan anak membaca tulisan yang ada di sekitarnya, seperti menu makanan, nama film, panduan bermain, dan informasi sederhana lainnya.

Intinya, pastikan anak memiliki sesuatu yang bisa dibaca di waktu senggang mereka ya.

 

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya / Credit: lifestyle.kompas.com

Memilih Buku Bacaan

Orangtua sebaiknya membiarkan anak memilih buku bacaan sendiri. Dengan begitu, anak pun lebih semangat ketika membaca buku tersebut. Tetapi, kamu tetap perlu membantu anak dalam memilih buku sesuai usianya.

 

Manfaatkan Aplikasi Di Gadget

Selain digunakan untuk menonton video atau bermain game, kamu bisa mengajak anak menggunakan gadget untuk membaca, lho. Kamu dapat ajak si kecil mengunduh aplikasi bacaan – yang bisa dijadikan sebagai sarana membaca anak.

 

 

Manfaat Gemar Membaca

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya / Credit: indianexpress.com

Tahukah kamu bahwa gemar membaca memiliki manfaat baik, mulai dari kesehatan dan kecerdasan anak? Hal tersebut pun sudah dibuktikan dari sebuah studi yang dipublikasikan di Science Daily – studi tersebut menyebutkan bahwa membiasakan gemar membaca sejak balita dapat meningkatkan kemampuan membaca dan akademis anak – ketika mulai bersekolah, nantinya.

Anak yang gemar membaca cerita dapat memahami pikiran orang dan dapat menempatkan dirinya sebagai tokoh dalam cerita tersebut. Dalam kata lain – gemar membaca dapat mengasah empati si kecil sejak dini.

Selain itu, gemar membaca cerita juga memberikan anak kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai macam orang, budaya, tempat, dan situasi – yang bermanfaat untuk membuka pikiran anak.

Yang tak kalah menarik – anak-anak yang memiliki gemar membaca juga memiliki kemampuan matematika yang lebih baik. Ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Stavanger di Norwega. Hal tersebut disebabkan, karena anak-anak yang gemar membaca memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami teori dan konsep.

Jadi, sudah jelas bahwa gemar membaca memiliki berbagai manfaat baik bagi kecerdasan anak.

 

 

 

Bantu Penuhi Nutrisi,

Juga Dapat Tingkatkan Minat Baca Anak

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya

Gemar Membaca Berikan Manfaat Baik Pada Anak, Ini Cara Membiasakannya / Credit: parenting.orami.co.id

Secara tidak langsung – memenuhi kebutuhan nutrisi anak juga berkaitan dengan meningkatkan gemar membacanya. Ya, nutrisi yang terpenuhi dengan baik dapat membantu fungsi otak anak dan meningkatkan konsentrasi – hal ini tentu berkaitan dengan cara ia memahami cerita dan meningkatkan minat bacanya.

Kamu disarankan memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan:

  • Menyajikan makanan bergizi seimbang – yang kaya akan sejumlah vitamin serta mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3 dan omega 6.
  • Berikan anak camilan yang sehat, seperti buah dan camilan rendah kalori
  • Perhatikan asupan cairan anak, jangan sampai ia mengalami dehidrasi
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan perkembangannya

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup - yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Rutin memberi anak Enervon-C Plus Sirup dapat membantu tumbuh kembangnya secara keseluruhan, mulai dari kesehatan hingga kecerdasan anak. Tentu, setiap orangtua menginginkan anaknya tumbuh optimal, bukan?

 

Featured Image  - cussonskids.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!