Seperti yang sudah diketahui, tubuh membutuhkan asupan bernutrisi tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk mencegah datangnya penyakit maupun virus. Sistem kekebalan tubuh membutuhkan semua nutrisi agar berfungsi optimal, termasuk vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, protein, dan fitonutrien.

Kamu bisa mendapatkan asupan bernutrisi tinggi dari makanan berwarna- warni. Setiap warna dalam makanan disebut memiliki nutrisi yang saling berbeda. Kamu perlu mengonsumsi makanan berwarna-warni ini setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya.

Berikut beberapa makanan berwarna yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Warna merah, oranye, dan kuning

Credit: Hipwee

Makanan berwarna merah, oranye, dan kuning memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung banyak antioksidan dan fitonutrien. Buah jeruk dan tomat merupakan sumber utama vitamin C. Beberapa makanan lain seperti stroberi, kiwi, kubis, dan kembang kol juga dapat menjadi pilihan.

2. Sayuran hijau

Credit: Tribunnews

Sayuran yang berwarna hijau mengandung nutrisi tinggi yang juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kelompok sayuran seperti brokoli, kubis, dan sawi kaya akan nutrisi mulai dari vitamin C, E, dan K, karotenoid, folat, dan mineral. Selain itu, kelompok sayuran tersebut juga mengandung banyak mineral, magnesium, dan fitonutrien.

Sayuran hijau juga dapat menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker karena mengandung indole-3-carbinol sebagai senyawa penangkal racun dan risiko kanker.

3. Warna biru, nila, dan ungu

Credit: Jawapos

Makanan berwarna biru, nila, dan ungu seperti kurma, ara, dan anggur, diklaim menganung nutrisi yang lebih tinggi saat dikonsumsi dalam keadaan kering.

Sebagai contoh, potongan aprikot kering memiliki 4,7 gram serat, sedangkan aprikot segar hanya memiliki 1,6 gram serat. Buah kering juga kaya akan antioksidan dan vitamin B folat. Namun, sebagai catatan, gula alami dalam buah kering juga lebih terkonsentrasi.

Pastikan untuk memasukkan setidaknya dua atau lebih sumber serat dalam setiap makanan yang kamu konsumsi. Serat berasal dari tanaman seperti bayam, apel, gandum, tahu, buncis, dan kacang- kacang. Selain dari makanan berwarna ini, sistem kekebalan tubuh juga dapat ditingkatkan melalui tubuh yang terhidrasi dengan baik, suplemen tambahan seperti vitamin C,  serta istirahat yang cukup.

 

Featured Image - Fimela