Ajakan untuk menghindari menyentuh wajah dengan tangan kotor, serta tidak sembarang menyentuh benda di tempat publik – sangat dianjurkan selama pandemi. Kalau tidak, virus corona bisa berpindah ke tangan, lalu masuk melalui bagian wajah, seperti mulut, hidung, dan mata.

Tentu saja, hal tersebut dapat membahayakan kesehatan diri sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut – sebenarnya, bisakah virus corona menempel pada benda? Dan berapa lama virus bisa menempel di permukaan barang?

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

 

Apakah Covid-19 Dapat Menempel Pada Benda?

Mengenal Kemampuan Covid-19 Bertahan Di Permukaan Benda / Credit: health.kompas.com

Dilansir dari Klik Dokter, berdasarkan sejumlah penelitian – benar adanya bahwa virus corona dapat menempel pada permukaan benda tertentu, terutama yang seringkali disentuh banyak orang. Meski demikian, virus tidak bisa bertahan lama ketika ada di permukaan – dan akhirnya bisa mati.

Ini semua berawal dari ajuran untuk menerapkan etika batuk dan bersin di tempat umum. Perlu diperhatikan, ketika menerapkan etika tersebut – masyarakat mesti langsung mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Hindari langsung menyentuh benda-benda, seperti handphone, gagang pintu, dan lain sebagainya. Pasalnya, hal ini bisa mengakibatkan adanya perpindahan virus dari tangan ke benda. Apalagi, jika benda tersebut tidak dibersihkan secara rutin, maka kemungkinan penularan virus semakin tinggi.

 

 

 

Berapa Lama Virus Menempel Pada Benda?

Mengenal Kemampuan Covid-19 Bertahan Di Permukaan Benda / Credit: tribunnews.com

Virus yang menempel pada benda – memiliki durasi yang berbeda. Untuk Covid-19 – ketika menempel pada benda yang terbuat dari tembaga, virus dapat bertahan selama 4 jam saja. Sementara, pada permukaan plastik dan stainless steel, virus bisa bertahan hingga 72 jam lamanya.

Kemudian, jika benda-benda seperti plastik, stainless steel, tembaga, dan kertas – berada di suhu ruangan, virus corona dapat bertahan selama 4 jam hingga 5 hari.

Sebenarnya, lama virus bisa bertahan hidup pada suatu permukaan benda dapat bergantung pada jenis patogen, kelembapan, dan jenis permukaan benda tersebut. Itulah mengapa, setiap orang mesti menjaga kebersihan diri masing-masing, sehingga tidak menularkan dan tertular virus.

 

 

Apa yang Mesti Dilakukan Agar Virus Tidak Menempel?

Mengenal Kemampuan Covid-19 Bertahan Di Permukaan Benda / Credit: mandennews.com

Hal yang bisa dilakukan – dapat dimulai dengan menerapkan etika bersin dan batuk, yaitu menutup bagian hidung serta mulut menggunakan lengan bagian dalam, kemudian segera cuci tangan sampai bersih.

Langkah tersebut berguna agar droplet – yang mungkin mengandung virus – tidak berpindah ke tangan dan mengontaminasi benda-benda yang ada di sekitar.

Ingat, virus tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, maka benda-benda yang berisiko menjadi media berkembang biaknya virus harus dibersihkan secara rutin. Dapat menggunakan disinfektan maupun air panas.

 

 

 

Cara Penting Lain Untuk Mencegah Penularan Virus

Mengenal Kemampuan Covid-19 Bertahan Di Permukaan Benda / Credit: theiss.care

Selain rutin mencuci tangan, menerapkan etika batuk dan bersin, serta membersihkan benda-benda sekitar – masyarakat juga diimbau untuk melakukan langkah pencegahan lainnya, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Selain itu, hindari berada di kerumunan, hindari bepergian jika tidak ada keperluan mendesak, dan pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik – ini berkaitan dengan penularan virus corona melalui udara.

Yang penting – terapkan pola hidup sehat. Seperti,  seperti mengonsumsi olahraga rutin, dan kelola stres dengan baik. Pola hidup sehat – membantu kamu memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Agar semakin maksimal, kamu bisa mengonsumsi multivitamin secara rutin. Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C dua kali sehari.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

 

Selama pandemi masih berlangsung, pastikan kamu tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku serta jaga kesehatan – hal ini bertujuan agar kamu dan orang di sekitar tetap terlindungi dari ancaman virus.

 

Featured Image - cirebon.pikiran-rakyat.com

Source - klikdokter.com