Selama pandemi, masyarakat sangat dianjurkan untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan aktif – ini dapat menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Seperti diketahui, imunitas yang baik dapat bantu melindungi tubuh dari paparan virus, termasuk Covid-19. Dengan begitu, risiko tertular virus pun dapat diminimalisir.

Pola hidup yang sehat – tidak hanya sekedar memantau makanan yang dikonsumsi saja, melainkan memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hal ini penting dilakukan, mengingat tubuh manusia mengandung sekitar 75 persen air.

Setidaknya ada lima manfaat yang dapat diperoleh dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terutama selama pandemi. Apa saja?

 

 

 

3 Manfaat Utama Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Selama Pandemi

Penuhi Kebutuhan Cairan Wajib Dilakukan Selama Pandemi. Apa Alasannya? / Credit: tribunnews.com

Mencegah Dehidrasi

Yang sudah pasti, memenuhi kebutuhan cairan tubuh mampu mencegah dehidrasi. Hal ini juga memengaruhi kesehatan jantung, fungsi ginjal, keseimbangan elektrolit, dan fungsi tubuh lainnya.

Setiap orang memiliki jumlah cairan yang berbeda berdasarkan usia maupun berat badan masing-masing. Tetapi, setidaknya kamu mesti minum minimal delapan gelas setiap hari. Untuk anak-anak 5-6 gelas per hari, dan remaja – lebih dari 10 gelas per hari.

 

Menjaga Tubuh Tetap Tenang

Tetap terhidrasi dapat membuat tubuh tetap tenang. Bagaimana bisa? Karena, air di dalam tubuh akan mengatur suhu tubuh. Ini penting, terutama ketika berolahraga. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh terasa lelah, sehingga cenderung segera menghentikan sesi latihan.

 

Membuat Tubuh Tetap Sehat

Selanjutnya, menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat bantu tubuh tetap sehat – dalam kata lain, daya tahan tubuh pun ikut terjaga. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh penting dilakukan, bahkan dalam keadaan sakit sekalipun.

Jadi, pastikan selalu mengonsumsi cairan setiap hari, terutama bagi orang yang memiliki masalah pada pencernaan dan gejala gastrointensinal seperti muntah, diare, atau mual – kondisi ini bisa menyebabkan dehidrasi berat.

 

 

 

Langkah Tepat Buat Tubuh Tetap Terhidrasi

Penuhi Kebutuhan Cairan Wajib Dilakukan Selama Pandemi. Apa Alasannya? / Credit: blog.frontiersin.org

Agar tubuh tetap terhidrasi, kamu disarankan melakukan deretan langkah berikut ini:

  • Yang pasti, minum air putih yang cukup. Kamu bisa membawa air minum ketika bepergian agar tubuh tetap terhidrasi.
  • Banyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Hindari minuman berkafein.
  • Ketika di musim panas, gunakan pakaian dengan bahan tipis – sehingga tubuh tidak mudah berkeringat. Ini bisa menyebabkan dehidrasi.

Dari penjelasan di atas, kamu memang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Ini bisa menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga imunitas tetap optimal.

Selain itu, kamu pun dianjurkan untuk menerapkan tips sehat lainnya, sehingga kekebalan tubuh semakin terjaga selama pandemi. Ini meliputi – mengonsumsi istirahat yang cukup, olahraga rutin, dan kelola stres dengan baik. Pola hidup sehat – membantu kamu memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Selain itu, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin secara rutin. Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C dua kali sehari.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

 

 

 

Selama pandemi, kamu dianjurkan tetap menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Dan, selalu terapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

 

Featured Image - jovee.id

Source - kompas.com