Kamu Masih WFH? Cegah Nyeri Pada Leher Dengan 7 Kiat Berikut!

Kamu Masih WFH? Cegah Nyeri Pada Leher Dengan 7 Kiat Berikut!

font size A Ǎ

Apakah kamu masih menerapkan work from home? Jika iya, masalah nyeri leher dan pundak terasa sakit mungkin seringkali kamu alami! Terlalu lama menatap layar komputer dan duduk seharian – biasanya yang menyebabkan rasa sakit tersebut muncul.

Faktanya – sebagian besar orang lebih sering duduk dalam posisi membungkuk ketika bekerja di depan komputer, saat menggunakan gadget dan perangkat lainnya. Posisi inilah yang akhirnya menyebabkan tekanan pada otot dan jaringan lunak leher.

Wah, kondisi ini mesti segera di atasi. Kalau tidak, alih-alih produktif, justru aktivitas harian kamu terhambat dan pekerjaan pun terganggu. Tak tanggung-tanggung, rasa nyeri pada leher juga bisa mengganggu kualitas tidur, lho.

Dikutip dari Spine Health – ada sejumlah cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi rasa nyeri pada leher, terlebih bagi kamu yang masih bekerja jarak jauh. Apa saja?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

7 Tips Atasi Nyeri Leher

Kamu Masih WFH? Cegah Nyeri Pada Leher Dengan 7 Kiat Berikut!

Kamu Masih WFH? Cegah Nyeri Pada Leher Dengan 7 Kiat Berikut! / Credit: klikdokter.com

Postur Tubuh yang Baik

Ketika kamu duduk di meja kerja – pastikan kamu meletakkan kaki di lantai dan jaga punggung tetap tegak. Selain itu, kepala juga mesti dalam posisi netral, alias telinga berada tepat di atas bahu. Posisi ini dapat membuat berat badan tidak tertumpu pada satu titik dan terdistribusi secara ideal melalui tulang di bawah pinggul.

 

Sesuaikan Tinggi Monitor

Pastikan pula kamu sudah menempatkan monitor di depanmu, posisikan bagian tengah layar sejajar dengan hidung. Jika monitor terlalu rendah atau tinggi – posisi kepala cenderung miring ke bawah atau terlalu ke atas. Posisi inilah yang dapat meningkatkan tekanan pada leher.

 

Kamu Masih WFH? Cegah Nyeri Pada Leher Dengan 7 Kiat Berikut!

Kamu Masih WFH? Cegah Nyeri Pada Leher Dengan 7 Kiat Berikut! / Credit: kordanews.com

Sesekali Berdiri

Jangan lupa, selalu sempatkan waktu untuk berdiri sejenak selama bekerja. Semakin lama kamu duduk, maka semakin sulit pula kamu mempertahankan posisi duduk yang baik.

Jadi, cobalah berdiri setidaknya satu atau dua jam sekali selama waktu kerja.

 

Batasi Penggunaan Smartphone

Ketika menggunakan smartphone – kamu cenderung menundukkan kepala. Menahan posisi ini dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan otot menjadi tegang, hingga menimbulkan cedera.

Untuk itu, usahakan membalas email atau pesan Whatsapp lewat komputer – sehingga kamu dapat mempertahankan postur tubuh yang baik.

 

Kamu Masih WFH? Cegah Nyeri Pada Leher Dengan 7 Kiat Berikut!

Kamu Masih WFH? Cegah Nyeri Pada Leher Dengan 7 Kiat Berikut! / Credit: hot.liputan6.com

Jalan-Jalan

Selain berdiri, kamu juga disarankan untuk berjalan-jalan, setidaknya selama 30 menit sekali. Hal ini dapat mengurangi risiko timbulnya nyeri punggung, leher, dan bahu – yang sering muncul akibat duduk terlalu lama.

 

Gunakan Earphone

Kalau kamu perlu melakukan panggilan telepon, pastikan kamu menggunakan earphone atau headset. Mengapa? Karena, posisi memiringkan kepala ke samping ketika menelpon – juga dapat menyebabkan leher menjadi nyeri dan sakit.

 

Peregangan Leher

Terakhir, agar otot leher tetap kuat kamu dapat lakukan peregangan. Chin tuck – merupakan salah satu gerakan pegerangan leher yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bagaimana caranya?

Kamu hanya perlu meletakkan kedua tangan di belakang kepala. Turunkan dagu secara perlahan hingga mendekati dada. Dan lakukan selama beberapa tarikan napas. Ini dapat membantu otot tetap kuat dan memberi rasa rileks pada otot.

Nah, sudah saatnya kamu menerapkan sejumlah tips di atas agar nyeri pada leher segera teratasi, sehingga produktivitas tetap terjaga dan aktivitas pun tak terganggu!

 

 

 

Featured Image - checkinjakarta.id

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!