Ancaman Gejala Tipes Selama Pancaroba, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang

Ancaman Gejala Tipes Selama Pancaroba, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang

font size A Ǎ

Gejala tipes – merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi. Penyakit ini kerap kali menyerang selama musim pancaroba, dan umumnya bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi.

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa gejala tipes menyerang saluran pencernaan. Jadi, tidak heran kalau penderitanya mengalami gejala seperti sembelit, napsu makan menurun, nyeri pada perut, mual, dan muntah.

Dari sejumlah gejala tipes tersebut dapat disimpulkan bahwa penderitanya mesti memperhatikan makanan yang dikonsumsi dengan baik. Ada makanan yang boleh dikonsumsi, lalu ada pula yang sebaiknya dihindari dahulu.

Lalu, apa saja makanan yang dianjurkan dan dilarang bagi orang yang sedang mengalami gejala tipes? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Jenis Makanan yang Dianjurkan Untuk Penderita Gejala Tipes

Ancaman Gejala Tipes Selama Pancaroba, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang

Ancaman Gejala Tipes Selama Pancaroba, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang / Credit: healthline.com

Makanan Hambar

Meski terdengar aneh, tetapi makanan hambar – dalam arti tanpa bumbu dan rempah – sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita gejala tipes. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya iritasi pada saluran pencernaan, terlebih akibat makanan pedas.

Makan ini dapat mengurangi kadar asam lambung – sehingga tidak terjadi peradangan yang lebih parah pada saluran cerna.

 

Tinggi Gizi dan Kalori

Tapi ingat – bahwa makanan untuk penderita gejala tipes mesti tetap mengandung gizi dan kalori ya. Ketika tubuh sedang sakit, tingkat metabolisme basal tubuh akan meningkat hingga 10 persen. Artinya, lebih banyak jaringan tubuh yang diproses untuk menjadi energi.

Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi penderita tipes sebaiknya tinggi gizi, terutama protein dan kalori.

 

Cairan

Yang terpenting, kebutuhan cairan tubuh juga mesti dipenuhi – agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Penderita gejala tipes disarankan untuk banyak minum air putih, atau mengonsumsi cairan lainnya seperti jus buah tanpa gula. Selain itu, dianjurkan pula mengonsumsi makanan berkuah seperti sup ayam.

 

 

 

Jenis Makanan yang Mesti Dihindari Bagi Penderita Gejala Tipes

Ancaman Gejala Tipes Selama Pancaroba, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang

Ancaman Gejala Tipes Selama Pancaroba, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang / Credit: healthline.com

Ada pun makanan yang perlu dihindari bagi penderita gejala tipes – bertujuan agar penyakit tidak bertambah parah. Selain itu, pastikan makanan yang dikonsumsi bisa membantu proses penyembuhan penderitanya.

Sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari dahulu bagi para penderita gejala tipes, yaitu:

  • Makanan dengan kandungan tinggi serat, seperti sereal whole grains, oatmeal, roti gandum, dan sayuran segar. Jenis makanan ini dapat memperberat kerja sistem pencernaan yang sedang sakit.
  • Makanan jenis kubis dan kol, jenis capsicum (cabai dan paprika), serta makanan yang mengandung lobak. Jenis makanan ini dapat membuat perut kembung.
  • Makanan berminyak, makanan pedas, dan makanan yang mengandung rempah seperti lada, bubuk cabai, dan lain sebagainya.

 

 

 

Cara Mencegah Gejala Tipes

Ancaman Gejala Tipes Selama Pancaroba, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang

Ancaman Gejala Tipes Selama Pancaroba, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang / Credit: dailymail.co.uk

Dalam setiap penyakit apapun – memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Ungkapan ini juga berlaku bagi gejala tipes. Sebaiknya, kamu melakukan sejumlah langkah pencegahan, seperti:

  • Rutin cuci tangan
  • Konsumsi air matang dan minum dari wadah yang sudah dicuci bersih
  • Jaga kebersihan makanan, hindari jajan sembarangan. Ada baiknya, kamu memasak sendiri di rumah
  • Bisa juga dengan mendapatkan vaksn tifoid
  • Yang penting – selalu terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat – baik diterapkan untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan begitu imunitas pun tetap bekerja secara optimal dan kamu pun terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk gejala tipes.

Kamu dapat menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan cairan tubuh, serta kelola stres dengan baik. Dan yang tak boleh dilupakan – penuhi pula kebutuhan vitamin yang berperan untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin – dua jenis vitamin yang penting dipenuhi, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks – berperan efektif untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama selama musim hujan.

Bagaimana cara penuhinya? Mudahnya, kamu dapat mengonsumsi multivitamin. Direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari. Mengapa demikian?

Kombinasi kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar kamu tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

Kamu dapat konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – dengan rasa yang lebih menyegarkan.

 

 

 

Sekarang kamu sudah tahu ya berbagai jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari bagi para penderita tipes. Jangan lupa, selalu terapkan langkah pencegahan agar kesehatanmu selalu terjaga!

 

Featured Image - eatthis.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!