Selama WFH, Bergerak Dapat Jadikan Mental Lebih Sehat

Selama WFH, Bergerak Dapat Jadikan Mental Lebih Sehat

font size A Ǎ

Sejak pandemi berlangsung, berbagai aktivitas pun menjadi terbatas. Berbagai aspek kehidupan dan ruang gerak tak lagi seleluasa sebelumnya. Dari yang biasanya mudah untuk bepergian ke berbagai tempat, kini masyarakat lebih sering berada di rumah saja.

Rumah menjadi tempat untuk berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, olahraga, hingga tidur. Tak jarang hal ini dapat menimbulkan kelelahan, baik secara fisik maupun mental. Dari kondisi ini, banyak pula orang yang akhirnya merasa stres dan tertekan.

Dalam beberapa kasus tertentu, kondisi stres dapat menganggu kehidupan sehari-hari dan karier. Tapi tahukah kamu, bahwa rasa stres ketika berada di rumah saja sebenarnya dipicu oleh kurangnya aktivitas fisik? Ya, selama di rumah saja, banyak orang yang tidak bergerak sepanjang hari. Hal ini dapat memperburuk tekanan mental yang sedang dihadapi.

 

 

 

Untuk itu, penting bagimu tetap aktif dan bergerak – misalnya, dengan melakukan jalan kaki. Kegiatan ini dapat mendukung kesehatan mental. Dilansir dari CNN Indonesia, berdasarkan penelitian dari University of Illinois – menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatan sitokin anti-inflamasi.

Jadi, dengan bergerak minimal 15 menit dalam satu hari dapat mengurangi risiko stres dan depresi, bahkan hingga 26 persen. Selain itu, melakukan peregangan selama 10 menit per hari – dapat mengurangi tingkat kecemasan.

Ada pun berbagai kegiatan fisik yang mudah dilakukan di rumah, seperti

 

Selama WFH, Bergerak Dapat Jadikan Mental Lebih Sehat

Selama WFH, Bergerak Dapat Jadikan Mental Lebih Sehat / Credit: lifestyle.kompas.com

Jalan Kaki

Jalan kaki dikenal sebagai aktivitas fisik yang mudah dilakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah. Kamu dapat melakukan aktivitas ini sembari melakukan kegiatan lainnya, seperti membereskan rumah, memasak, atau sembari menerima telepon.

 

Hindari Menggunakan Lift

Hal ini yang menjadi tantangan tersendiri ketika kembali ke kantor. Jika di rumah kamu masih lebih rajin untuk berjalan kaki, tetapi berbeda ketika di kantor – kamu cenderung memilih memakai lift atau eskalator.

Kebiasaan tersebut dapat mengurangi durasi bergerak kamu dan bisa mengganggu kesehatan fisik maupun mental – untuk itu, kamu disarankan sesekali menggunakan tangga.

 

Selama WFH, Bergerak Dapat Jadikan Mental Lebih Sehat

Selama WFH, Bergerak Dapat Jadikan Mental Lebih Sehat / Credit: artikel.rumah123.com

Memindahkan Tempat Sampah

Tak perlu aktivitas fisik yang terlalu berat, dengan memindahkan tempat sampah pun sudah cukup bantu tubuh kamu bergerak. Untuk memindahkan sampah dari ruangan kerja, kamu tentu harus berjalan ke tempat lain. Dengan demikian, kamu bisa lebih banyak bergerak dan kesehatan tetap terjaga.

Mulai sekarang, kamu dapat terapkan ketiga aktivitas mudah di atas yang dapat kamu terus bergerak sepanjang hari. Dengan begitu, risiko stres, rasa cemas berlebihan, dan depresi dapat diminimalisir.

 

 

 

Featured Image - verywellfit.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!