Musim Pancaroba Kerap Sebabkan Flu, Cegah Dengan Konsumsi Vitamin C

Musim Pancaroba Kerap Sebabkan Flu, Cegah Dengan Konsumsi Vitamin C

font size A Ǎ

Memasuki musim hujan, berbagai ancaman penyakit pun mulai mengintai. Salah satu penyakit yang kerap kali diderita selama musim hujan, yaitu influenza. Kondisi cuaca yang cenderung lembap dapat memungkinkan virus untuk berkembang lebih cepat dan makin mudah menular.

Belum lagi, mengenai perubahan suhu yang drastis – memaksa tubuh untuk beradaptasi lebih keras. Jadi, tak heran kalau selama musim hujan imunitas menurun dan kamu pun lebih mudah terserang berbagai macam penyakit.

Tapi tenang, hal ini dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, terutama vitamin C. Seperti sudah diketahui, vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat bantu tubuh melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Untuk itu, kamu sangat dianjurkan memenuhi kebutuhannya, terlebih di musim hujan sekarang ini.

Sejatinya, vitamin C dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan – seperti sayur dan buah. Tetapi, lebih spesifiknya, kamu dianjurkan mengonsumsi buah jambu biji. Yang ternyata, sangat kaya akan vitamin C.

Lalu, mengapa mesti rutin konsumsi jambu biji untuk penuhi kebutuhan vitamin C?

 

 

 

Vitamin C Dalam Jambu Biji, Penting Untuk Tangkal Flu Selama Musim Hujan

Musim Pancaroba Kerap Sebabkan Flu, Cegah Dengan Konsumsi Vitamin C

Musim Pancaroba Kerap Sebabkan Flu, Cegah Dengan Konsumsi Vitamin C / Credit: healthline.com

Kandungan Vitamin C Lebih Tinggi

Tahukah kamu bahwa vitamin C dalam jambu biji lebih tinggi dibanding jeruk? Ya, dalam satu buah jeruk berukuran sedang, hanya mengandung sekitar 50 mg vitamin C saja. Sedangkan, satu buah jambu biji – mengandung sekitar 225 mg vitamin C.

 

Rasa Enak dan Mudah Diolah

Sebagian besar dari kamu pasti menyukai buah yang satu ini – selain karena rasanya yang manis dan lezat, jambu bihi juga mudah diolah menjadi berbagai sajian sehat, seperti jus, salad buah, rujak, maupun asinan buah.

 

Kaya Akan Nutrisi Penting Lainnya

Selain vitamin C – yang penting dikonsumsi selama musim hujan, jambu biji juga kaya akan nutrisi penting lainnya, termasuk vitamin A, folat, serat, protein, dan antioksidan. Deretan nutrisi tersebut juga dapat mengoptimalkan proses perlawanan tubuh terhadap virus.

Memang, jambu biji sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian kamu, terlebih selama musim hujan. Tetapi, masih ada sumber makanan lainnya – yang tak kalah baik dari buah jambu biji dan kaya akan vitamin C.

Apa saja?

 

 

 

Sumber Vitamin C Lain, Juga Baik Dikonsumsi Selama Musim Hujan

Musim Pancaroba Kerap Sebabkan Flu, Cegah Dengan Konsumsi Vitamin C

Musim Pancaroba Kerap Sebabkan Flu, Cegah Dengan Konsumsi Vitamin C / Credit: foodal.com

Untuk buah, kamu dapat konsumsi:

  • Jeruk
  • Buah lemon
  • Pepaya
  • Kiwi
  • Strawberry
  • Blueberry
  • Nanas
  • Leci
  • Mangga

Sedangkan, untuk sayur kamu bisa temukan kandungan vitamin C pada jenis sayur yang mudah ditemukan seperti berikut:

  • Cabai merah
  • Kangkung
  • Brokoli
  • Kale
  • Paprika merah dan hijau
  • Kubis
  • Bayam
  • Kembang kol

Yang perlu kamu ketahui – kamu mesti memperhatikan proses pengolahan sayuran yang mengandung vitamin C. Jika tidak, kandungan vitaminnya justru dapat hilang. Pastikan, kamu mengolah sayur dengan suhu rendah dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi risiko vitamin C yang terbuang.

Untuk mudahnya, kamu dapat bantu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari dengan minum suplemen. Kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C setiap hari, nih. Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, Enervon-C mengandung sejumlah vitamin yang baik untuk tubuh – seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – untuk bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh mendapat energi yang lebih tahan lama.

Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dan memiliki sensasi segar.

 

 

 

Dari penjelasan di atas, sudah pasti kamu sangat direkomendasikan untuk konsumsi vitamin C selama musim hujan. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin tersebut, daya tahan tubuh dapat terus terjaga dan kamu tak mudah jatuh sakit!

 

Featured Image - insanelygoodrecipes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!