5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif. Apakah Kamu Sudah Menerapkannya?

5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif. Apakah Kamu Sudah Menerapkannya?

font size A Ǎ

Siapa yang kerap kali merasa gugup ketika melakukan presentasi? Wah, mungkin setiap orang pernah merasakan hal tersebut, termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini! Memang, bagi sebagian besar orang berkomunikasi di depan banyak orang, bukanlah hal yang mudah.

Rasa gugup dapat ditimbulkan karena kurang percaya diri, atau kamu cemas takut salah berbicara di depan publik. Hal ini mesti segera di atasi, lho! Kalau tidak, presentasi yang kamu bawakan bisa berantakan dan audiens justru tak memahami poin yang ingin kamu sampaikan.

Tentu saja kamu tidak ingin hal tersebut terjadi padamu, bukan? Untuk memudahkanmu, coba deh terapkan kelima tips presentasi berikut ini – dijamin bisa bantu sukseskan presentasi yang akan kamu bawakan!

Apa saja tips presentasi tersebut? Silahkan baca selengkapnya di bawah ini ya.

 

 

 

5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif

5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif. Apakah Kamu Sudah Menerapkannya?

5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif. Apakah Kamu Sudah Menerapkannya? / Credit: magazine.job-like.com

Kuasai Intonasi dan Nada Bicara

Yang paling penting, nih! kamu mesti berbicara dengan berbagai intonasi dan variasi nada. Pasalnya, kalau kamu menggunakan intonasi datar – orang cenderung kurang memahami presentasi yang akan kamu sampaikan, bahkan kamu bisa membuat audiens jadi bosan, lho.

Untuk melatihnya, kamu mesti banyak latihan sendiri ya. Dan, selalu berikan penekanan yang berbeda di setiap kalimat atau kata yang kamu sampaikan.

 

Volume Suara

Tips presentasi berikutnya, selalu perhatikan volume suara yang kamu gunakan. Hindari memakai suara yang terlalu lembut atau bahkan terlalu keras. Intinya, kamu disarankan berbicara dengan keras dan lantang – sehingga semua peserta dapat mendengar pesan yang kamu sampaikan.

 

Beri Penekanan

5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif. Apakah Kamu Sudah Menerapkannya?

5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif. Apakah Kamu Sudah Menerapkannya? / Credit: linovhr.com

Kesalahan yang kerap kali dilakukan, yaitu tidak memperhatikan penekanan ketika berbicara. Hal ini mesti dihindari saat kamu menyampaikan presentasi ya. Mengapa? Karena, penekanan yang kamu lakukan bisa mengubah makna yang kamu sampaikan atas suatu kalimat, lho.

 

Jeda Saat Berbicara

Tahukah kam bahwa jeda di setiap kalimat yang kamu ucapkan, dapat memberi efek yang luar biasa pada audiens? Jeda tersebut dapat memberikan waktu pada audiens untuk memahami kalimat yang kamu ucapkan.

Jadi, kamu tak perlu terburu-buru dalam menyampaikan presentasi ya. Alih-alih mengerti, audiens justru bingung dengan poin yang kamu sampaikan!

 

Emosi dan Ekspresi

5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif. Apakah Kamu Sudah Menerapkannya?

5 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif. Apakah Kamu Sudah Menerapkannya? / Credit: ekrut.com

Tips presentasi terakhir, selalu perhatikan emosi dan ekspresi ketika berbicara! Meski banyak yang menganggap hal ini kurang pantas, tapi memperlihatkan emosi dan ekspresi saat berbicara – merupakan salah satu bentuk kejujuran yang kamu lakukan, lho.

Yang penting, kamu hanya perlu menemukan nada yang tepat ketika menyampaikan kalimat dalam presentasimu.

 

Wah bagaimana nih? Dari kelima tips presentasi di atas, apakah kamu sudah mulai menerapkannya ketika berbicara di depan publik? Jika belum, mulai sekarang yuk coba lakukan kiat-kiat di atas – sehingga kamu dapat menyampaikan presentasi dengan baik!

 

 

 

Featured Image  - mommiesdaily.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!