Mudah dan Murah! Ini Lho 5 Tips Buat Sukiyaki Di Rumah. Wajib Dicoba

Mudah dan Murah! Ini Lho 5 Tips Buat Sukiyaki Di Rumah. Wajib Dicoba

font size A Ǎ

Olahan sukiyaki – pasti sudah tidak asing lagi terdengar oleh kamu, ya? Olahan yang satu ini memang banyak digemari, mengingat rasanya yang nikmat dan juga hangat! Wah, memang cocok dikonsumsi di musim hujan ini!

Hidangan sukiyaki sebenarnya merupakan sejenis sup hangat – yang memiliki beragam isian, mulai dari daging, sayuran, mie, hingga tahu. Hmm, sungguh menggiurkan!

Yang buat makin seru, sukiyaki akan disajikan dalam hot pot panas dan direkomendasikan untuk menyantapnya selagi hangat. Kamu pasti jadi ngidam sukiyaki ya? Nah, untuk menghemat budget, kamu bisa lho membuatnya sendiri di rumah.

Mau tahu bagaimana cara membuat sukiyaki di rumah? Berikut ini 5 tips yang kamu bisa lakukan.

 

 

 

5 Tips Membuat Sukiyaki Di Rumah

Mudah dan Murah! Ini Lho 5 Tips Buat Sukiyaki Di Rumah. Wajib Dicoba

Mudah dan Murah! Ini Lho 5 Tips Buat Sukiyaki Di Rumah. Wajib Dicoba / Credit: nhk.or.jp

Siapkan Kaldu

Pertama, siapkan bahan-bahan yang ingin kamu jadikan sebagai isian sukiyaki. Kemudian, buatlah kaldunya ya. Caranya, didihkan air yang dicampur dengan jahe, ceker ayan, daun salam, dan serai. Didihkan selama 30 menit, lalu saring airnya.

 

Tumis Rempah

Berikutnya, kamu bisa lanjut pada tahap menumis bahan-bahan yang sudah disediakan sebelumnya. Ketika menumis, tambahkan bawang putih, dashi, kaldu, merica, minyak wijen, garam, dan cabai utuh jika mau.

Tumis berbagai bahan masakan tersebut hingga aromanya wangi.

 

Campur Semua Bahan

Mudah dan Murah! Ini Lho 5 Tips Buat Sukiyaki Di Rumah. Wajib Dicoba

Mudah dan Murah! Ini Lho 5 Tips Buat Sukiyaki Di Rumah. Wajib Dicoba / Credit: matcha-jp.com

Setelah kaldu dan tumisan rempah siap – maka kamu bisa mulai menyiapkan hot pot panas untuk proses perebusan. Nantinya, kamu dapat mendidihkan kembali kaldu dan tambahkan berbagai bumbu – yang bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu.

Lalu, kecilkan api kompor – sebelum memasukkan beragam isian sukiyaki seperti tahu, daging, jamur, dan berbagai sayuran. Masak sukiyaki hingga mendidih ya.

 

Sajikan Bersama Saus

Ingin sukiyaki makin nikmat? Bisa tambahkan saus sebagai pelengkapnya. Taruh saus pilihanmu pada sukiyaki yang sudah matang. Dan santap selagi hangat!

 

Tambahkan Telur

Kamu juga bisa menambahkan telur pada sukiyaki, lho. Beberapa orang mungkin kurang menyukai ini, karena bisa saja ada efek amis yang ditimbulkan saat menambahkan telur. Tapi, kalau kamu ingin – tambahkan telur setelah daging sukiyaki matang ya.

Menambahkan telur dapat memperkaya cita rasa sukiyaki dan membuat konsistensi kuah jadi lebih kental.

 

 

 

Wah, ngiler nggak nih? Memang, cita rasa sukiyaki sangat menggugah selera. Kalau kamu ingin memperolehnya dengan mudah, bisa coba masak di rumah dengan kelima step di atas ya. Selamat mencoba!

 

Featured Image - kitchenstories.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!