Mangga, Buah kaya Akan Vitamin C yang Dapat Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi

Mangga, Buah kaya Akan Vitamin C yang Dapat Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi

font size A Ǎ

Buah mangga – merupakan salah satu buah yang diminati banyak orang, karena rasanya yang nikmat sekaligus manis dan segar. Kamu pun pasti tak bisa menahan godaan buah mangga, bukan? Tetapi, dibalik rasanya yang nikmat, buah mangga pun memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mangga, termasuk buah kaya vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Ditambah, vitamin C yang berperan sebagai antioksidan mampu melindungi kesehatan organ tubuh dari ancaman radikal bebas.

Wah, mumpung buah mangga lagi musim – kamu boleh nih rutin mengonsumsinya. Dengan begitu, kebutuhan vitamin C pun terpenuhi dan kesehatan tubuh pun makin terjaga!

Lebih lanjut mengenai manfaat buah mangga, tak hanya sekedar untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi masih ada berbagai manfaat baik lainnya. Mau tahu apa saja manfaat tersebut? Biar ngga penasaran, langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

 

6 Manfaat Buah Mangga

Yang Kaya Akan Vitamin C

Mangga, Buah kaya Akan Vitamin C yang Dapat Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi

Mangga, Buah kaya Akan Vitamin C yang Dapat Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi / Credit: thejakartapost.com

Meningkatkan Imunitas

Seperti yang sudah disebutkan, buah mangga kaya akan vitamin C yang mampu memelihara daya tahan tubuh kamu. Vitamin C dapat bantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih – yang berperan dalam melawan penyakit, membantu sel-sel tubuh bekerja dengan baik, dan meningkatkan pertahanan kulit.

 

Sebagai Antioksidan

Selain vitamin C – yang juga berperan sebagai antioksidan, buah mangga diperkaya dengan polifenol, yaitu senyawa tumbuhan yang juga dikenal perannya sebagai antioksidan.

Antioksidan – merupakan senyawa penting yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yaitu senyawa reaktif yang mampu mengikat dan merusak sel. Radikal bebas – diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, terkait kanker, diabetes, dan penyakit lainnya.

 

Memelihara Kesehatan Jantung

Buah mangga juga kaya akan mineral magnesium dan kalium – yang merupakan nutrisi penunjang kesehatan jantung. Kandungan mineral tersebut dapat menjaga denyut nadi tetap sehat, serta meningkatkan tingkat tekanan darah.

 

Mangga, Buah kaya Akan Vitamin C yang Dapat Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi

Mangga, Buah kaya Akan Vitamin C yang Dapat Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi / Credit: mango.org

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain ketiga manfaat di atas, buah mangga juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mangga mengandung enzim pencernaan – disebut juga amilasi. Enzim ini berperan untuk memecah makanan yang besar, sehingga lebih mudah diserap.

Selain itu, mangga kaya akan air dan serat makanan – sehingga dapat bantu mencegah sekaligus mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare.

 

Meningkatkan Kesehatan Mata

Dua nutrisi dalam mangga, yaitu lutein dan zeaxanthin – dapat bantu menjaga kesehatan mata. Kedua kandungan tersebut berperan sebagai tabir surya alami bagi retina mata. Dalam kata lain, lutein dan zeaxanthin – dapat bantu melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.

 

Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan polifenol dalam mangga dapat bantu melindungi tubuh dari stres oksidatif – ini terkait dengan berbagai jenis kanker. Belum lama ini, disebutkan bahwa polifenol merupakan zat anti-kanker yang cukup menjanjikan.

 

 

 

Vitamin C, Juga Dapat Diperoleh Dari Sumber Lainnya

Mangga, Buah kaya Akan Vitamin C yang Dapat Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi

Mangga, Buah kaya Akan Vitamin C yang Dapat Tingkatkan Imunitas Kala Pandemi / Credit: hindustantimes.com

Selain rutin mengonsumsi mangga, kamu pun disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dari berbagai sumber lainnya, seperti:

  • Jeruk
  • Pepaya
  • Jambu biji
  • Mangga
  • Nanas
  • Kiwi
  • Strawberry
  • Blueberry
  • Paprika merah dan hijau
  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Bayam
  • Kubis
  • Kale

Tetapi, mengonsumsi sejumlah sumber makanan tersebut belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho. Jadi, kamu bisa maksimalkan dengan mengonsumsi multivitamin – direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari.

Kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat membantu jaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit.

Ditambah – Enervon-C bermanfaat untuk optimalkan proses metabolisme. Sehingga, tubuh kamu bisa memperoleh energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C, ya.

Dari penjelasan di atas, kamu memang direkomendasikan mengonsumsi buah mangga – untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C, daya tahan tubuh pun tetap terjaga dan kamu terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

 

 

Featured Image - economictimes.indiatimes.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!