Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini

font size A Ǎ

Apakah kamu termasuk orang yang kerap kali mengalami insomnia? Wah, masalah yang satu ini mesti segera di atasi, lho. Pasalnya, jika dibiarkan terus-menerus insomnia dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan secara fisik maupun mental. Kalau kamu sedang mengalami masalah tidur ini – yuk, segera cari cara mengatasi insomnia yang tepat!

Mengalami kesulitan tidur dapat dialami oleh siapa saja. Tapi, kamu tak boleh khawatir ya, karena ada berbagai cara mengatasi insomnia yang mudah untuk diterapkan. Salah satunya, mengonsumsi sejumlah makanan tertentu.

Apa saja makanan yang dapat bantu atasi masalah insomnia? Untuk ulasan lengkapnya, silahkan silahkan baca di bawah ini ya.

 

 

 

Cara Mengatasi Insomnia,

Konsumsi 7 Makanan Ini

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini / Credit: sleepcouncil.org.uk

Kiwi

Cara mengatasi insomnia dengan makanan, dapat kamu coba dengan mengonsumsi buah kiwi. Berdasarkan penelitian dari Taipei Medical University menyatakan bahwa makan dua buah kiwi – setidaknya satu jam sebelum tidur, dapat membantumu lebih cepat terlelap.

Lalu, kandungan nutrisi vitamin C, vitamin E, serotonin, dan folat dalam kiwi dapat membantumu lebih mudah bermimpi di awal tidur.

 

Olahan Kedelai

Untuk kamu yang gemar mengonsumsi olahan kedelai, mulai dari tahu, tempe, atau edamame – ini baik bagi kesehatan, sekaligus salah satu cara mengatasi insomnia yang tepat, lho! Senyawa dalam olahan kedelai, yaitu zat serotonin dapat membuatmu lebih cepat mengantuk.

Kamu disarankan mengonsumsi dua porsi makanan berbahan dasar kedelai setiap harinya – untuk bantu atasi masalah tidur.

 

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini / Credit: delish.com

Makanan Tinggi Serat

Berikutnya, kamu pun dapat mengonsumsi makanan tinggi serat. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Sleep Medicine  - menyebutkan bahwa semakin banyak seseorang mengonsumsi makanan tinggi serat, maka kualitas tidurnya pun makin baik.

 

Pisang

Sebagian darimu mungkin sudah tahu kalau pisang termasuk buah yang dapat bantu atasi masalah insomnia. Ini disebabkan oleh kandungan kalium – yang dapat membantu kamu lebih cepat tertidur di malam hari.

Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam pisang – juga berperan penting dalam pembentukan hormon melatonin, yang berperan untuk memicu rasa kantuk.

 

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini / Credit: goodhousekeeping.com

Susu

Jika kamu sedang mencari cara mengatasi insomnia, minum susu di malam hari sebelum tidur patut kamu coba! Susu dianggap sebagai obat penenang dan dapat membuat tidurmu lebih nyenyak. Kandungan kalsium dalam susu – membantu otak memproduksi hormon melatonin yang dapat membantumu tidur lebih pulas.

 

Alpukat

Sepertinya, hampir semua orang gemar makan buah lezat yang satu ini ya! Selain rasanya yang nikmat, ternyata alpukat dapat bantu mengatasi masalah insomnia, lho. Kandungan vitamin B dalam alpukat – dapat membantu mengatur kualitas tidur jadi lebih baik.

 

Oatmeal

Makanan sehat yang satu ini – memang kaya akan nutrisi penting, mulai dari magnesium, kalium, dan juga kalsium. Menurut beberapa ahli, memenuhi kebutuhan magnesium dapat bantu mengatasi masalah sulit tidur alias insomnia.

Nah, kamu bisa konsumsi oatmeal beberapa waktu sebelum jam tidur kamu. Dan, rasakan manfaatnya dalam meningkatkan kualitas tidurmu ya!

 

 

 

Cara Mengatasi Insomnia Lainnya

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini / Credit: today.com

Selain mengonsumsi deretan makanan di atas, kamu pun bisa menerapkan hal lainnya untuk mengatasi insomnia. Berikut ini di antaranya:

  • Kurangi konsumsi kafein – kalau pun ingin mengonsumsi minuman berkafein, usahakan 6 jam sebelum waktu tidurmu ya!
  • Hilangkan stres. Pasalnya, insomnia bisa saja disebabkan oleh rasa penat dan stres yang sedang kamu rasakan.
  • Tata ulang kamar tidurmu dan buat jadi senyaman mungkin.
  • Rutin berolahraga.
  • Mandi air hangat sebelum tidur.
  • Perhatikan asupan nutrisi, terutama soal vitamin C.

Berkaitan dengan asupan nutrisi – lebih spesifiknya, vitamin C – penting bagimu untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut setiap hari. Selain untuk menjaga imunitas tubuh, tetapi vitamin C juga berperan penting dalam mengatasi insomnia, lho.

Bagaimana bisa?

 

 

 

Insomnia Dapat Diatasi Dengan Konsumsi Vitamin C

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini

Cara Mengatasi Insomnia, Bisa Dimulai Dengan Konsumsi 7 Makanan Bernutrisi Ini / Credit: thedailymeal.com

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa vitamin C berperan penting dalam memelihara daya tahan tubuh. Tak hanya itu – ternyata, mengonsumsi vitamin C juga termasuk salah satu cara mengatasi insomnia yang cukup efektif, lho.

Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2014 – menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kadar vitamin C rendah dalam tubuh, memiliki risiko tinggi alami kesulitan tidur. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C memiliki kaitan erat dengan insomnia.

Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia akibat kekurangan vitamin C? Tentu, kamu disarankan untuk memperbanyak asupan makanan vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, kiwi, brokoli, dan bayam.

Agar lebih optimal, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C secara rutin. Kamu direkomendasikan minum Enervon-C, nih.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C 1000 mg!

 

Bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui ya deretan makanan yang dapat bantu atasi masalah sulit tidur. Apakah kamu sedang alami insomnia? Mulai sekarang, kamu bisa coba konsumsi sejumlah makanan di atas – sehingga tidurmu bisa makin berkualitas!

 

Featured Image - jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!