Kurang Tidur Bisa Turunkan Imunitas Dan Proses Pemulihan Ketika Sakit! Kok Bisa?

Kurang Tidur Bisa Turunkan Imunitas Dan Proses Pemulihan Ketika Sakit! Kok Bisa?

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, daya tahan tubuh menjadi poin terpenting untuk menunjang kesehatan tubuh. Imunitas yang baik memiliki peranan penting agar kamu tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

Lalu, bagaimana jika imunitas tubuh menurun? Maka kamu lebih rentan terhadap penularan virus dan akhirnya jatuh sakit. Untuk menjaganya, kamu dianjurkan untuk menerapkan berbagai kebiasaan baik – salah satunya menjaga pola tidur.

 

 

Pola tidur yang baik turut memegang peranan penting dalam menjaga imunitas tubuh. Jadi, jangan heran kalau kamu kurang tidur – tubuhmu lebih mudah sakit. Wah, hal ini tentu dapat membahayakan kesehatan, nih.

Selain dapat memengaruhi sistem imunitas, serta membuat tubuh lebih mudah terinfeksi berbagai macam virus penyebab penyakit. Kurang tidur pun dapat memperlambat proses pemulihan ketika sedang sakit, lho.

 

Bagaimana Bisa?

Kurang Tidur Bisa Turunkan Imunitas Dan Proses Pemulihan Ketika Sakit! Kok Bisa?

Kurang Tidur Bisa Turunkan Imunitas Dan Proses Pemulihan Ketika Sakit! Bagaimana Bisa? / Credit: honestdocs.id

Dilansir dari Kompas.com – tubuh melepaskan protein sitokin ketika kamu tertidur. Protein sitokin sangat diperlukan, terlebih ketika sedang mengalami stres, infeksi, maupun peradangan di dalam tubuh.

Nah, ketika tubuhmu kurang tidur maka proses produksi protein sitokin dapat terganggu – hal inilah yang menyebabkan antibodi dan sel untuk melawan infeksi ikut berkurang. Dalam kata lain, pola tidur yang baik merupakan poin penting dalam melawan infeksi.

Tak hanya itu, kurang tidur dalam jangka waktu lama juga dapat meningkatkan risiko penyakit tidak menular, seperti obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan jantung.

 

Berapa Durasi Tidur yang Ideal?

Kurang Tidur Bisa Turunkan Imunitas Dan Proses Pemulihan Ketika Sakit! Kok Bisa?

Kurang Tidur Bisa Turunkan Imunitas Dan Proses Pemulihan Ketika Sakit! Bagaimana Bisa? / Credit: klikdokter.com

Sejatinya, setiap orang membutuhkan durasi tidur yang berbeda-beda. Ini berdasarkan usia dan jenis aktivitas harian. Tetapi, orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam dalam semalam. Durasi tidur tersebut dapat membantu memelihara imunitas tubuh.

Namun, jika kamu tidak dapat memenuhi waktu tidur tersebut, misalnya karena aktivitas yang padat. Maka kamu bisa menggantinya dengan tidur siang – maksimal 30 menit dalam sehari.

Perlu diketahui – tidur siang selama 30 menit juga terbukti dapat mengurangi rasa stres dan meningkatkan imunitas tubuh. Kamu dapat melakukan tidur siang di sela-sela jam istirahat ketika bekerja ya.

 

Imunitas Tubuh Juga Dapat Dijaga Dengan…

Kurang Tidur Bisa Turunkan Imunitas Dan Proses Pemulihan Ketika Sakit! Kok Bisa?

Kurang Tidur Bisa Turunkan Imunitas Dan Proses Pemulihan Ketika Sakit! Bagaimana Bisa? / Credit: adityabirlacapital.com

Menghindari tubuh kurang tidur memang penting – caranya dengan memastikan kamu punya pola tidur yang baik, sehingga durasi tidur pun tercukupi. Tapi, masih ada berbagai hal lainnya yang tak kalah penting dalam menjaga imunitas, lho. Apa saja?

Kamu disarankan untuk memperhatikan asupan makanan, pastikan menu harianmu sudah bergizi dan bernutrisi ya. Selain itu, cukupi pula kebutuhan cairan tubuh, rutin berolahraga, hingga memenuhi kebutuhan vitamin harian – terutama vitamin C.

Mengapa harus memenuhi kebutuhan vitamin C harian? Pasalnya, vitamin C memiliki peran penting dalam proses pembentukan imunitas, serta menjaganya agar bisa bekerja secara optimal.

Untuk itu, kamu perlu konsumsi sejumlah sayur dan buah yang kaya vitamin C. Agar lebih maksimal, kamu juga disarankan untuk minum multivitamin setiap hari, seperti Enervon-C.

Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan yang baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal – khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah energi, ya!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa memiliki pola tidur yang baik – dapat bantu jaga imunitas tubuh! Ini dapat menghindari kamu kurang tidur yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

 

Featured Image - jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!