Tak Melulu Flu, Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat Lainnya. Wajib Diketahui

Tak Melulu Flu, Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat Lainnya. Wajib Diketahui

font size A Ǎ

Masalah hidung tersumbat pasti seringkali dialami oleh banyak orang, terlebih ketika sedang terserang flu di musim hujan. Rasa sulit untuk bernapas pun menjadi hal yang menyebalkan – sebab, berbagai gejala yang membuatmu tidak nyaman, seperti sakit kepala dan menurunnya indera penciuman ikut dirasakan.

Tapi, tahukah kamu bahwa hidung tersumbat tidak hanya disebabkan oleh flu saja? Ya, sampai sekarang masih banyak orang yang mengira bahwa kondisi ini terjadi akibat adanya penggumpalan lendir di saluran hidung. Padahal, masih ada berbagai penyebab hidung tersumbat lainnya – yang mungkin belum kamu ketahui!

 

 

 

Sebenarnya, hidung tersumbat dapat disebabkan oleh apa saja yang membuat iritasi atau peradangan pada jaringan hidung. Ketika hidung mengalami peradangan, sistem saraf akan tersangsang, sehingga katup pembuluh darah terbuka. Nah, hal tersebut akhirnya menyebabkan pembengkakan di saluran hidung, kemudian membuatmu jadi sulit bernapas.

Lalu, apa saja kondisi kesehatan yang dapat membuat hidungmu tersumbat, selain flu? Berikut ini empat di antaranya.

 

4 Penyebab Lain Hidung Tersumbat, Selain Flu

Tak Melulu Flu, Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat Lainnya. Wajib Diketahui

Tak Melulu Flu, Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat Lainnya. Wajib Diketahui / Credit: sehatq.com

Batuk Pilek

Batuk pilek alias common cold – mungkin sekilas mirip dengan penyakit flu. Tetapi, kedua masalah kesehatan tersebut merupakan hal yang berbeda, lho. Batuk pilek biasanya disebabkan oleh rhinovirus, bukan virus influenza.

Selain itu, batuk pilek biasanya menimbulkan gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan flu pada umumnya.

 

Alergi

Timbulnya alergi juga termasuk salah satu penyebab hidung tersumbat. Hal ini terjadi karena sistem imun mulai beraksi terhadap zat asing tertentu yang masuk ke dalam tubuh.

Kalau hidungmu tersumbat karena alergi, biasanya kamu akan mengalami gejala-gejala lainnya seperti bersin, mata terasa gatal, tenggorokan sakit, dan batuk.

 

Tak Melulu Flu, Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat Lainnya. Wajib Diketahui

Tak Melulu Flu, Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat Lainnya. Wajib Diketahui / Credit: merdeka.com

Sinusitis

Sinusitis adalah infeksi yang terjadi pada sinus atau rongga hidung. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan produksi lendir berlebih – yang akhirnya membuat hidung tersumbat.

Umumnya, sinus merupakan bentuk komplikasi dari batuk pilek alias common cold. Nah, jika hidungmu terasa tersumbat karena sinusnitis – kamu akan mengalami gejala lainnya seperti sakit kepala dan otot wajah terasa nyeri.

 

Rhinitis Non-Alergi

Dikenal juga sebagai vasomotor, rhinitis non-alergi dapat ditandai dengan adanya peradangan di rongga hidung. Sehingga, penderitanya akan mengalami hidung tersumbat. Rhinitis non-alergi biasanya dipicu oleh alergi tertentu.

 

 

 

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Hidung Tersumbat?

Tak Melulu Flu, Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat Lainnya. Wajib Diketahui

Tak Melulu Flu, Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat Lainnya. Wajib Diketahui / Credit: sehatq.com

Hidung tersumbat pasti membuatmu merasa tak nyaman kan? Untuk itu, kamu perlu mencari cara mengatasi kondisi tersebut. Tapi, kamu tak usah bingung lagi ya! Karena, ada berbagai cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Berikut ini sejumlah cara yang bisa kamu terapkan:

  • Matikan AC atau kipas angin
  • Menghirup uap hangat
  • Minum banyak air
  • Mandi dengan air hangat
  • Jika sudah cukup mengganggu, kamu dapat atasi hidung tersumbat dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai penyebab hidung tersumbat lainnya selain flu ya? Nah, jika kamu sedang mengalami kondisi tersebut, kamu pun dapat coba mengatasinya dengan tips yang sudah disebutkan di atas, lho!

 

Featured Image - lifepack.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!