Sikap Toleransi Penting Diajarkan Sejak Usia Dini, Begini 5 Cara Kenalkannya Pada Anak

Sikap Toleransi Penting Diajarkan Sejak Usia Dini, Begini 5 Cara Kenalkannya Pada Anak

font size A Ǎ

Setiap anak memang perlu diajarkan sikap toleransi sejak dini. Hal ini dapat membantu anak membiasakan diri untuk hidup, belajar, hingga bekerja dalam lingkungan yang berisi beragam macam orang. Memiliki sikap toleransi juga diharapkan dapat membuat anak tumbuh menjadi orang yang terbuka dan berwawasan luas.

Ketika si kecil sudah bisa membiasakan sikap toleransi, maka di masa mendatang ia pun memiliki kesempatan yang lebih tinggi dalam bidang pendidikan, karir, dan berbagai aspek kehidupan lainnya.

Mengajarkan anak mengenai sikap toleransi, memang tidaklah mudah. Tetapi, hal ini orangtua perlu mengajarkannya secara konsisten, mengingat anak akan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda – mulai dari usia, jenis kelamin, budaya, dan agama.

Lantas, bagaimana cara mudah dan tepat untuk mengajarkan sikap toleransi kepada anak? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Cara Ajarkan Anak Sikap Toleransi

Sikap Toleransi Penting Diajarkan Sejak Usia Dini, Begini 5 Cara Kenalkannya Pada Anak

Sikap Toleransi Penting Diajarkan Sejak Usia Dini, Begini 5 Cara Kenalkannya Pada Anak / Credit: parenting.co.id

Berikan Contoh

Yang pertama, orangtua perlu memberi contoh yang baik, termasuk dalam sikap toleransi. Sebab, orangtua merupakan media belajar pertama bagi anak, sehingga ia pun akan mencontoh berbagai sikap dan perilaku yang dilakukan orangtua.

Beri anak contoh dalam sikap toleransi, berupa sikap saling mengasihi, menghargai, dan menyayangi kepada siapa saja tanpa melihat latar belakang orang tersebut.

 

Hapus Stereotipe

Perlu juga diperhatikan – percakapan sehari-hari yang dilakukan dalam lingkungan keluarga. Pasalnya, berbagai pecakapan bisa saja memicu sikap kurang toleransi pada anak. Hindari pula percakapan yang dapat menimbulkan stigma negatif pada anak ya.

 

Ajak Diskusi

Sikap Toleransi Penting Diajarkan Sejak Usia Dini, Begini 5 Cara Kenalkannya Pada Anak

Sikap Toleransi Penting Diajarkan Sejak Usia Dini, Begini 5 Cara Kenalkannya Pada Anak / Credit: onoambulance.com

Orangtua juga perlu mencari tahu bagaimana sikap anak dalam menghadapi perbedaan yang ada di lingkungannya. Ajak ia berdiskusi dan jika kamu menemukan kesalahpahaman, berikan penjelasan pada si kecil.

Jangan lupa jelaskan pula makna dan pentingnya sikap toleransi ya.

 

Ajarkan Tentang Perbedaan

Beri pemahaman kepada si kecil bahwa suatu lingkungan bisa berisikan beragam orang dari latar belakang yang berbeda.

Kamu bisa ajarkan mengenai perbedaan dengan mengajak anak ke tempat yang sering dihadari banyak orang dari berbagai suku dan agama. Dengan begitu, anak dapat melihat kerukunan yang terjalin dan belajar menghargai perbedaan.

 

Pilih Media

Tak jarang paparan media yang dilihat oleh anak dapat memengaruhi tingkat toleransinya. Untuk itu, orangtua perlu memantau dan membimbing anak dalam menggunakan media, termasuk media sosial ya.

Berikan anak batasan dalam menggunakan media tertentu. Atau, kamu juga bisa bantu meluruskan kesalahpahaman informasi yang si kecil dapatkan dari tontonan, bacaan, atau media tertentu.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai cara mengajari anak sikap toleransi? Sikap yang satu ini memang penting ditanamkan sejak kecil, sehingga anak pun bisa tumbuh menjadi orang yang terbuka.

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!