Golden Age: Masa Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil

Golden Age: Masa Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil

font size A Ǎ

Setiap orangtua pasti sudah familiar dengan masa golden age yang dialami anak-anak. Golden age merupakan periode di mana otak dan fisik anak sedang mengalami perkembangan yang pesat. Periode terbaik ini terjadi ketika si kecil berusia 0-5 tahun.

Tahukah kamu bahwa golden age merupakan momen anak yang sedang kritis? Sebab, periode ini merupakan waktu terbaik untuk mengoptimalkan seluruh perkembangan dan pertumbuhan anak, terutama yang berkaitan dengan kecerdasan.

Di masa balita, anak memperoleh banyak pengalaman dan wawasan baru. Nantinya, kedua poin tersebut akan tertanam kuat dan diingat oleh si kecil hingga ia beranjak dewasa. Untuk itu, orangtua mesti mengetahui cara memanfaatkan momen golden age – sehingga perkembangan dan pertumbuhan anak dapat berjalan baik.

 

 

Golden Age: Periode Terbaik Anak

Golden Age: Masa Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil

Golden Age: Masa Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil / Credit: morinagaplatinum.com

Di usia 0-5 tahun merupakan periode terbaik untuk perkembangan otak manusia. Di masa ini, keempat bagian otak akan berkembang secara keseluruhan – ini termasuk otak kanan dan otak kiri.

Otak kanan – memiliki andil dalam mengendalikan anggota tubuh sebelah kiri. Sejumlah aktivitas yang berkaitan dengan kreativitas, seperti emosi, daya imajinasi, dan kemampuan intuisi dikendalikan melalui otak kanan.

Otak kiri – mengendalikan anggota tubuh bagian kanan, seperti aktivitas yang berkaitan dengan keteraturan, kerincian, dan kesistematisan. Hal ini mencakup kemampuan berhitung, menulis, dan membaca.

Ketika anak memasuki golden age, orangtua perlu bersikap hangat, responsif sekaligus berusaha semaksimal mungkin dalam menjawab berbagai pertanyaan si kecil, disiplin, sering mengajak anak berkomunikasi, dan seletif dalam memilih tontonan maupun bacaan anak.

 

3 Poin Penting Untuk Maksimalkan Periode Golden Age

Golden Age: Masa Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil

Golden Age: Masa Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil / Credit: hellosehat.com

Damping Anak

Sebisa mungkin, selalu damping anak dan latih kemampuannya dalam memecahkan masalah. Hal ini dapat kamu terapkan dengan mengajak anak melakukan sejumlah permainan sederhana, seperti jual-beli, susun balok, rumah-rumahan, atau permainan sejenisnya.

 

Bermain Sambil Belajar

Masa kanak-kanak merupakan masa untuk bermain. Anak pun menganggap bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Jadi, kamu bisa memberi stimulasi sembari bermain – sehingga anak pun semakin mudah menyerap sejumlah pengetahuan.

Melalui aktivitas bermain, anak juga sekaligus belajar mengenai cara mengatasi konflik, belajar bersosialisasi, dan meningkatkan percaya dirinya.

 

Pendidikan Dari Orangtua

Tak hanya baik dalam pembentukan kecerdasan anak, golden age juga merupakan masa pembentukan kepribadian si kecil. Ingat, orangtua merupakan guru pertama anak – terutama dalam hal menanamkan sikap, tingkah laku, dan kebiasaan baik.

Anak pasti akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orangtua. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dalam bersikap dan berbicara di depan anak.

 

 

 

Penuhi Nutrisi Anak,

Juga Jadi Hal Penting Dalam Optimalkan Golden Age

Golden Age: Masa Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil

Golden Age: Masa Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil / Credit: id.theasianparent.com

Selain menerapkan sejumlah kebiasaan baik, memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan baik selama masa golden age – juga sangat penting dilakukan. Sebab, jika kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi, maka seluruh fungsi tubuhnya pun akan berjalan secara optimal.

Untuk itu, kamu disarankan melakukan sejumlah hal berikut ini:

  • Penuhi kebutuhan nutrisi anak sehari- hari. Pastikan ia mendapat makanan bergizi seimbang, yang kaya akan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, asam folat, zinc, kalsium, selenium, omega 3, dan omega 6.
  • Perhatikan asupan cairan anak. Jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi.
  • Berikan ia camilan sehat seperti buah – kamu bisa mengolahnya dalam bentuk jus.
  • Beri multivitamin khusus anak untuk optimalkan pertumbuhannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup yang memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil, yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya bahwa golden age merupakan periode terpenting selama masa kehidupan anak. Terapkan sejumlah cara untuk mengoptimalkannya, sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan dengan baik!

 

Featured Image - hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!